Quantcast

Beranda » spam detection » Ada Apa Dengan Kizuna Ai?

Ada Apa Dengan Kizuna Ai?

Belakangan ini, para fans Kizuna Ai dibuat bingung oleh video-video yang muncul di channelnya. Pasalnya, Ai yang saat ini muncul di kanal YouTube A.I. Channel bukanlah Ai yang biasanya, yang dikenal oleh fans di seluruh dunia. Suara Ai rupanya telah berubah. Lho, kenapa bisa ya?

Ada seorang pengguna Reddit yang berbaik hati ingin menjelaskan mengenai keseluruhan peristiwa yang terjadi. Penulis hanya akan memberikan beberapa poin terkait kejadian ini. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa baca di sini ya.

Semua ini berawal dari sebuah wawancara yang dilakukan Ai bersama BuzzFeed Japan, yaitu kantor berita BuzzFeed cabang Jepang. Dalam wawancara tersebut, BuzzFeed bertanya apakah dengan kepopuleran yang telah diperolehnya, Ai akan belajar banyak bahasa baru seperti bahasa Inggris atau bahasa Mandarin untuk berinteraksi lebih dalam dengan para fansnya. Ai menjawab, “Ya, mungkin. Saya adalah Super AI. Jadi tidak akan aneh kalau di kemudian hari akan ada versi Inggris atau versi China dari saya.”

Hal ini terwujud dalam sebuah video yang dirilis pada 25 Juni lalu. Video tersebut merupakan video pertama dari proyek bertajuk “Multiple Ai Project”. Meskipun ini harusnya menjadi awal yang baru bagi karir Ai sebagai pelopor Vtuber (virtual youtuber), namun fans menjadi khawatir apakah Ai yang “asli” akan digantikan dengan berbagai macam versi Ai yang lain (Ai yang disuarakan oleh orang berbeda, atau pun Ai yang bisa berbahasa Mandarin, misalnya) dan membuat kerja keras Ai yang selama ini mereka kenal menjadi tidak berarti.

Menjawab kegelisahan fans, Ai pun merilis sebuah artikel eksklusif untuk menjelaskan proyek ini kepada para fans pada 27 Juni lalu, tiga hari sebelum ulang tahunnya. Ai menjelaskan bahwa proyek ini tidak akan berdampak besar pada dirinya dan “semua versi Ai yang ada dalam kanal YouTubenya adalah dirinya sendiri.”Alhasil, fans pun menjadi sedikit lebih lega dan yakin bahwa Ai yang original tidak akan pergi kemana-mana dan akan tetap menghibur fans lewat video-videonya.

Rupanya, dibalik itu semua, pengisi suara Ai, Nozomi Kasuga, membuat sebuah cuitan yang berisi tentang kesulitannya selama ini dan betapa ia ingin berusaha untuk membuat Ai lebih baik lagi.

Kizuna Ai “Diambilalih” oleh Versi Lain

Kizuna Ai memang telah mengumumkan bahwa dirinya tidak akan kemana-mana dan akan tetap menghibur para fans. Andai saja kenyataan juga sama dengan apa yang telah ia katakan melalui artikel eksklusifnya tersebut. Nyatanya, apa yang terjadi seakan-akan merupakan kebalikan dari semua pernyataan yang telah ditulis Ai dalam artikelnya.

Video yang diunggah di kanal YouTube A.I. Channel pada 7 Juli 2019 lalu dipercaya menjadi penanda kali terakhir Ai yang original muncul dalam kanal tersebut. Dalam video tersebut, Ai yang original memainkan gim Super Mario Maker 2. Empat hari setelah itu, Ai versi 3 muncul di A.I. Games dan juga muncul di A.I. Channel pada hari yang berbeda, yaitu tanggal 19 Juli.

Kekhawatiran fans mencapai puncaknya pada tanggal 25 Juli, saat Ai versi ketiga berakting dalam sebuah iklan di Jepang, alih-alih Ai yang original. Fans pun mulai berpikir kalau “Multiple Ai Project” ini bukanlah sebuah proyek yang tujuannya ingin meringankan beban Ai versi original, namun menggantikannya dengan versi yang lebih baru. Bahkan, fans Ai dari China pun geram melihat kejadian ini dan memutuskan bahwa mereka ingin melakukan sesuatu di acara streaming Ai selanjutnya.

Di sisi lain, Nozomi Kasuga juga menyatakan keinginannya untuk “tidak kalah dari orang dewasa atau pun dari orang yang tidak bertanggung jawab lainnya.” Dalam cuitannya, Nozomi berkata, “Aku tidak mau menghilang begitu saja. Aku tidak mau menjadi seperti mereka.”

Penulis sendiri tidak tahu pasti siapa “mereka” yang dimaksud oleh Nozomi. Namun, siapa pun itu, sepertinya pihak tersebut telah sangat menekan Nozomi dan membuatnya merasa sedih karena kerja kerasnya selama dua tahun lebih ini menjadi sia-sia dengan munculnya Ai versi baru.

Beberapa fans pun juga telah menyatakan emosi mereka terkait hal ini kepada Nozomi dan salah seorang temannya. Dalam sebuah cuitan di Twitter, seorang fans berkata, “Saya tidak bisa tahan dengan ini lebih lama lagi. (Saya) merasa khawatir, menderita, saya tidak tahu kebenaran dari kasus ini. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya. Saya tidak bisa melakukan apa-apa untuknya (Ai yang original). Mereka menghancurkan kerja kerasnya selama tiga tahun, menghancurkan cinta dan mimpi yang telah dibangunnya dalam tiga tahun belakangan.”

Salah seorang teman Nozomi, yang merupakan pemilik akun @platanus, me-retweet sebuah cuitan dari Nozomi yang berbunyi, “Sudah lama saya berada di sini. Kenapa tidak menunggu sedikit lebih lama lagi?” dan mengomentarinya. “Saya sudah bertanya pada Kasuga, ‘Kalau ini semua menyakitkan, kenapa tidak berhenti saja?’” tanya teman Nozomi ini. “Kasuga menjawab, ‘Saya akan tetap melanjutkannya. Ini sangat penting untuk saya.’”

Selain itu, masih ada beberapa kontroversi lagi terkait Multiple Ai Project dan berubahnya suara Kizuna Ai.  Namun, yang pasti, kasus ini membuat banyak pihak merasa khawatir dan banyak yang mempertanyakan soal apakah Ai versi original sebenarnya akan dipertahankan oleh perusahaannya, Activ8, atau tidak. Hal ini masih menjadi misteri, karena kasusnya sendiri masih berlangsung.

Hingga kini, apakah Ai versi original akan dipertahankan atau tidak masih belum diputuskan. Semoga saja, Ai versi original tetap bisa dipertahankan dan dapat menghibur semua fansnya seperti dulu lagi.

Loading...