Beranda » personal data » Wow! Inilah 10 Anime Terbaik Studio Kyoto Animation!

Wow! Inilah 10 Anime Terbaik Studio Kyoto Animation!

Sudah 5 bulan berlalu sejak insiden kebakaran yang menimpa studio animasi Jepang ternama, yaitu Kyoto Animation atau lebih dikenal dengan Kyoani. Banyak kerugian dan korban yang menjadi saksi atas kejadian mengerikan ini.

Meskipun banyak cerita duka akibat insiden ini, namun hal itu bukan jadi alasan studio ini berhenti. Berkat bantuan pemerintah dan para penggemar studio Kyoani perlahan mulai bangkit kembali. Bahkan studio Kyoani memberikan dana donasi yang mereka dapatkan dari berbagai pihak untuk para korban staf yang mereka miliki.

Sebuah situs ranking di Jepang, membuat voting atau pemungutan suara yang berkaitan dengan Studio Kyoani. Temanya adalah 10 anime terbaik studio Kyoto Animation. Hmmm, kira-kira apa ya anime terbaik dari studio Kyoto Animation? Apakah anime kalian masuk dalam daftar ini? Yuk cari tahu bersama!

Violet Evergarden

Anime Terbaik Kyoani

Urutan nomor 10, diduduki oleh anime dimana sang protagonist merupakan seorang penulis surat sekaligus mantan tentara perang. Apa lagi kalau bukan Violet Evergarden.

Cerita sedih dan bisa bikin para penonton menangis menjadi poin utama dalam cerita perjalanan Violet mencari jati diri. Siapa sih yang tidak tahu anime Violet Evergarden.

Hyouka

Nomor 9 diduduki oleh anime yang berdasarkan adaptasi novel dengan judul yang sama. Hyouka memberikan cerita misteri yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari anak sekolah.

Disini kita akan selalu melihat Oreki Houtarou yang selalu dipaksa memecahkan misteri tiap episode bersama dengan teman-temannya. Dan tidak lupa dengan gadis sekolah yang selalu berkata “watashi kininarimasu“, yaitu Chitanda Eru.

K-ON!

Apa jadinya jika sekolah khusus perempuan terdapat sebuah klub grup band? Itulah poin utama dari anime moe studio Kyoani yang diadaptasi dari manga dengan judul sama, K-ON!

Yui Hirasawa, Mio Akiyama, Ritsu Tainaka, Tsumugi Kotobuki dan Azusa Nakano yang merupakan anggota light-music club bernama Houkago Tea Time (HTT). Keseharian yang lucu, imut, menggemaskan dan tidak lupa pula lagu-lagu asyik di dengar membuat K-ON menjadi salah satu anime pelopor suksesnya genre moe.

Anime K-ON berhasil menduduki urutan ke-8 sebagai anime terbaik studio Kyoani berdasarkan hasil voting oleh para pemilih.

Koe no Katachi

Anime yang berhasil menarik perhatian para otaku dengan mengambil tema cerita pem-bully-an terhadap seorang disabilitas yang tidak bisa mendengar atau tuli.

Ishida Shouya bersama teman-temannya yang selalu mem-bully teman kelasnya yang tuli bernama Nishimiya Shouko. Suatu kejadian paling berpengaruh dalam hidup mereka, pada akhirnya menyadari perbuatan mereka terhadap Shouko dan merasa menyesal. Termasuk Shouya yang paling suka mem-bully Shouko.

Koe no Katachi salah satu anime dengan cerita paling menyentuh dan hampir mendekati dengan apa yang terjadi dengan para disabilitas seperti Shouko yang menjadi korban pem-bully-an. Hasilnya, Koe no Katachi berhasil menduduki urutan ke-7 sebagai anime terbaik yang diadaptasi oleh studio Kyoani.

The Melancholy of Suzumiya Haruhi

Anime Terbaik Kyoto Animation

Siswi SMA yang suka memerintah orang lain demi kesenangan dan tidak ingin masa mudanya terbuang begitu saja. Dia adalah Suzumiya Haruhi. Dan salah satu korbannya adalah teman dekatnya bernama Kyon.

Kyon, Haruhi dan teman anggota klub mereka SOS Brigade, yaitu Nagato Yuki, Asahina Mikuru dan Koizumi Itsuki. Bersama-sama mereka mengikuti semua kegiatan yang diinginkan Haruhi, seperti menemukan alien, Time Traveler dan Espers.

Salah satu anime paling populer di studio Kyoani dan di masanya, Suzumiya Haruhi no Yuuutsu (The Melancholy of Suzumiya Haruhi) membuktikan bahwa anime ini masih disukai oleh para otaku. Buktinya dengan berhasil menduduki urutan ke-6 anime terbaik dari studio Kyoani.

Lucky☆Star

Jika kita membahas anime Suzumiya Haruhi, jangan lupakan dengan Lucky☆Star. Anime slice-of-life yang berfokus pada gadis-gadis SMA ini penuh dengan komedi dan drama yang bikin penonton suka.

Anime ini juga penuh dengan jajaran staf dan seiyuu yang berasal dari anime Suzumiya Haruhi no Yuuutsu. Jadi sudah pasti ada saja terselip parodi-parodi di beberapa episode. Dengan bumbu komedinya, anime ini berhasil menduduki urutan ke-5 anime terbaik dari studio Kyoani.

Kyoukai no Kanata

Anime Terbaik Kyoto Animation

Cerita berfokus kepada Kuriyama Mirai, seorang pemburu “Youmu” yang mengancam nyawa manusia. Suatu hari dia bertemu dengan manusia setengah “Youmu” yang memiliki rasa tertarik terhadap cewek berkacamata. Hubungan mereka pun semakin dekat seiring waktu berlalu dan saling mengetahui masa lalu dan tujuan hidup mereka.

Kyoukai no Kanata merupakan anime populer dan digemari para otaku. Buktinya saja, anime ini berhasil menduduki urutan ke-4 anime terbaik dari studio Kyoani.

Euphonium Season 1 & 2

Anime Terbaik Kyoto Animation

Tidak disangka, anime tentang orkestra band sekolah berhasil menduduki 2 posisi sekaligus. Urutan ke-3 diduduki anime Season 1 dan urutan ke-2 diduduki anime Season 2.

Secara singkat anime ini menceritakan para karakter yang ada di orkestra band. Dimana masing-masing dari mereka punya masalah pribadi dan kesulitan dalam mengejar mimpi untuk memenangkan perlombaan orkestra band antar sekolah.

Nichijou

Anime Terbaik Kyoto Animation

Anime gila dan gak waras seperti Nichijou, berhasil menduduki urutan pertama sebagai anime terbaik dari studio Kyoani. Nichijou menyajikan komedi random dengan kualitas animasi yang luar biasa. Belum lagi dengan perilaku dari para karakter yang membuat para penonton menjadi speechless atau tidak bisa berkata-kata.

Dengan total 26 episode, kalian akan selalu mendapatkan momen tertawa keras, terdiam dan berpikir keras untuk memahami komedi yang disajikan pada Nichijou. Dan itulah anime-anime terbaik dari studio Kyoto Animation. Untuk urutan 10 keatas bisa kalian cek langsung di situsnya

Kyoto Animation Award 2019 Tidak Diselenggarakan! Kenapa?

Anime terbaik Kyoto Animation

Mengutip dari Nawala Karsasetelah sempat diumumkan pada 14 Agustus lalu bahwa acara penghargaan tahunan untuk animasi karya studio animasi Kyoto Animation, 11th Kyoto Animation Awards, akan ditunda hingga pengumuman lebih lanjut, pada Rabu (21/11), mereka baru saja mengumumkan melalui akun resmi Twitter mereka bahwa gelaran Kyoto Animation Awards ke-11 tidak jadi diselenggarakan pada tahun ini.

Pihak penyelenggara acara tersebut juga telah mengatakan bahwa akan sangat sulit untuk melanjutkan proses screening dan penjurian lebih lanjut dalam kondisi studio yang saat ini tengah berusaha untuk memulihkan diri dan kembali bangkit dari musibah kebakaran yang dialami pada beberapa waktu lalu. Nantinya, studio yang juga kerap dipanggil KyoAni ini akan menghubungi para peserta yang telah menyerahkan karyanya lewat surel terkait apa yang akan terjadi pada manuskrip mereka masing-masing.

Kyoto Animation juga meminta para peserta untuk menghubungi penyelenggara acara pada bulan Desember nanti apabila belum ada kabar lebih lanjut terkait hal tersebut. Sementara itu, KyoAni telah mengumumkan lewat akun Twitter mereka bahwa akan tetap dibuka pendaftaran bagi yang ingin memasuki sekolah training profesional mereka untuk semester baru yang akan dimulai pada April tahun depan.

Sekolah animasi tersebut berada di Studio 2 Kyoto Animation dan di Osaka, tepatnya di dekat studio animasi Animation Do. Dalam situs sekolah animasi tersebut yang baru saja di-update, telah terdapat pesan dari dua pengajar sekolah tersebut, yaitu direktur studio Kyoto Animation, Ishidate Taishi, dan background artist Hiraishi Tomoki. Pendaftaran akan dibuka pada 20 November sampai dengan 18 Desember. Salah satu persyaratannya adalah pendaftar harus dapat tinggal di Jepang dan cukup menguasai bahasa Jepang untuk dapat mengerti pelajaran yang akan diberikan.  

Tentang Kyoto Animation Awards

Sejak 2009, setiap tahunnya studio Kyoto Animation menyelenggarakan acara penghargaan bertajuk Kyoto Animation Awards untuk mencari cerita baru yang segar dan dapat dibuat serial animasinya. Beberapa contoh karya produksi KyoAni yang terkenal dan juga didapat dari acara penghargaan tersebut antara lain Free!, Kyoukai no Kanata, dan Myriad Colors Phantom World. Sejauh ini, baru Violet Evergarden yang mampu meraih hadiah utama dari ketiga kategori yang dilombakan.

Loading...