Quantcast

Beranda » Akurat dan Positif! Ini Cara TVRI Kabarkan COVID-19 di Indonesia

Akurat dan Positif! Ini Cara TVRI Kabarkan COVID-19 di Indonesia

Informasi tentang COVID-19 berseliweran dimana-mana. Simak upaya TVRI memastikan hanya informasi yang benar yang disampaikan.

Isu Virus Corona yang panas sering menjadikan informasi yang beredar menjadi simpang siur. Sebagai Lembaga Penyiaran Publik, TVRI memegang peran penting untuk menyampaikan informasi yang benar mengenai COVID-19.

Apa saja yang dilakukan TVRI sebagai garda terdepan untuk pelayanan informasi publik di layar televisi?

Info COVID-19 Terkini 3 Jam Sehari

info covid-19 terkini

Sebagai lembaga penyiaran publik, TVRI menjamin hak atas informasi tersampaikan dengan baik. Oleh Karenanya, TVRI menyiapkan jadwal siaran berita khusus untuk informasi mengenai COVID-19.

Acara bertajuk Info COVID-19 Terkini hadir sebanyak 3 kali sehari, yaitu pada pukul 7.00 WIB, 10.00 WIB dan 14.00 WIB. Jadwal tersebut sejatinya digunakan untuk acara Salam Olahraga, program hiburan anak dan feature, namun dialokasikan khusus untuk informasi mengenai virus tersebut.

TVRI Jamin Akurasi Informasi COVID-19

TVRI memastikan informasi yang disajikan hanya berasal dari sumber yang tepercaya. Internal divisi pemberitaan TVRI memiliki dua protokol sebagai pedoman acuan standar mengenai pemberitaan Virus Corona.

Sumber acuan TVRI dari dalam negeri adalah pihak yang ditunjuk pemerintah, sementara acuan dari luar negeri menggunakan data dari WHO dan sejumlah media rekanan TVRI.

Tak hanya itu, di setiap acaranya, TVRI menampilkan QR Code yang dapat diakses menggunakan smartphone. Saat redaksi mencoba memindai kode tersebut, ponsel redaksi diarahkan ke situs covid19.go.id yang disediakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menjadi TV Pool Informasi Dari Pusat

TV Pool COVID-19 Dari BNPB

Imbauan pemerintah untuk menghindari keramaian tentu saja menyulitkan sejumlah awak media untuk melakukan peliputan konferensi pers. Mengenai hal tersebut, TVRI memegang tugas penting di sini.

TVRI ditunjuk menjadi TV Pool untuk press briefing dari Satgas Nasional COVID-19 BNPB. TVRI memasok feed dengan kualitas HD ke seluruh stasiun TV nasional yang menayangkan.

Apresiasi TVRI Untuk Pihak Yang Bertugas

Dukungan Sederhana TVRI Untuk Pihak Yang bertugas atasi virus corona

Antisipasi dan penanganan COVID-19 tentu membutuhkan dukungan banyak pihak. Di tengah informasi yang semakin memicu pesimisme, dukungan sekecil apapun akan sangat berarti.

Dukungan yang diberikan TVRI antara lain dengan membebaskan PNBP bagi pihak yang ingin menayangkan Iklan Layanan Masyarakat terkait penanganan COVID-19. Informasi seperti ini jelas lebih berharga ketimbang potential loss yang mungkin didapat TVRI akibat pembebasan PNBP.

Tak berhenti di situ, dukungan TVRI kepada pihak medis yang bertugas menangani COVID-19 juga disampaikan melalui media sosial. Tak hanya itu, di akhir program berita pun dukungan juga disampaikan secara lisan oleh para penyiar.

Itulah upaya TVRI dalam menyampaikan informasi yang benar terkait Virus Corona. NawaReaders juga dapat mendukung TVRI dengan menyaksikan Media Pemersatu Bangsa ini sebagai rujukan utama informasi mengenai Virus Corona.


Mau tahu lebih banyak informasi mengenai dunia penyiaran tanah air? Jangan sampai lewatkan informasinya di Nawala Karsa!

Loading...