Quantcast

Beranda » Dari Menara Siar » Keren dan Unik, Kami Memilih 5 Stasiun TV Yang Paling Unik di Asia

Keren dan Unik, Kami Memilih 5 Stasiun TV Yang Paling Unik di Asia

Kami memilih 5 dari ribuan stasiun televisi di benua Asia yang unik dan menarik di negaranya masing-masing. Bisa jadi ada yang kamu kenal dari daftar ini.

Ada ribuan stasiun TV di Asia dengan berbagai ragam bahasa, program serta segmentasi. Dari semuanya itu, mana stasiun televisi yang terbaik? Sayangnya, definisi terbaik bisa saja sangat subyektif. Jadi kami memutuskan untuk memilih 5 stasiun TV di Asia yang unik di negaranya masing-masing dan menarik untuk disimak.

SBS Korea: Beda Kota, Beda Saluran

SBS, jaringan TV asal Korea yang terkenal dengan drakornya

Di saat sistem siaran berjaringan berlangsung amburadul di sini, satu jaringan televisi di Korea justru berinisiatif sendiri untuk membuat saluran berjaringan dan masih istiqomah hingga saat ini. Stasiun televisi yang dimaksud adalah SBS. Ya, stasiun televisi yang terkenal dengan drakornya itu.

Di berbagai kota, SBS hadir dengan nama yang berbeda, seperti KNN di Busan dan JIBS di pulau Jeju. Di masing-masing daerah, siaran lokal mendapat durasi yang cukup panjang, sekitar 4 jam per hari.

Thai PBS: Dari Milik Swasta Ke Pemerintah

Thai PBS, lembaga penyiaran publik asal Thailand

Thai PBS merupakan salah satu lembaga penyiaran publik di Thailand. Namun tahukah kamu kalau stasiun televisi ini awalnya dimiliki swasta?

Awalnya Thai PBS dikenal sebagai iTV pada tahun 1996. Menumpuknya utang diperparah kudeta militer pada tahun 2006 membuat stasiun televisi ini diambil alih oleh pemerintah. Pada tahun 2008, stasiun televisi ini diluncurkan sebagai Thai PBS.

CNA, TV Berita Terbesar Dari Asia Tenggara

CNA (sebelumnya Channel News Asia)

Siapa sangka, di tengah dikotomi antara Asia Barat, Selatan dan Timur, sebuah stasiun TV asal Asia Tenggara menyeruak menjadi pusat informasi tepercaya selama bertahun-tahun. Channel News Asia, sebuah stasiun televisi milik Mediacorp Singapura yang berdiri sejak 1999 dan menjadi referensi informasi Asia di 30 negara.

Tahun 2019, stasiun televisi ini menyingkat namanya menjadi CNA. Perubahan nama ini bertujuan mengukuhkan jati dirinya sebagai media berita lintas negara, tidak hanya di layar kaca namun juga di dunia maya.

Dangal TV yang Tiba-tiba Memuncaki India

Ramayan, salah satu acara Dangal

Sebutkan stasiun televisi yang paling banyak ditonton di India saat ini! Kalau kamu menyebut stasiun televisi populer seperti Star Plus, Zee TV maupun Colors, sayangnya jawaban kamu salah.

Adalah stasiun televisi bernama Dangal, yang baru beberapa tahun menyasar segmen pemirsa berbahasa Hindi dari sebelumnya berbahasa Bhojpuri. Konten andalannya pun tergolong ‘bekas’ namun masih digemari masyarakat India, seperti Ramayan, Baba Aiso Var Dhondoo dan Jyoti.

TV Derana, Terpilih di Asia Selatan Karena Berani Beda

TV Derana asal Sri Lanka

Melengkapi daftar ini, ada TV Derana dari Sri Lanka. Kami memilih stasiun televisi ini mengingat keberanian mereka memosisikan diri sebagai stasiun TV untuk masyarakat menengah ke atas.

Salah satu contohnya, program berita Ada Derana menjadi program berita pertama di Sri Lanka yang bersiaran HD.

Itulah 5 stasiun TV di Asia yang unik di negaranya masing-masing. NawaReaders punya jagoan lain dari daftar ini? Jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar.

Loading...