Quantcast

Beranda » Menurut Kita » Mengapa Kita Sering Menonton Anime yang Sama Berulang Kali?

Mengapa Kita Sering Menonton Anime yang Sama Berulang Kali?

Kamu sering menonton anime yang sama berulang-ulang hingga puluhan kali? Tenang saja itu hal yang wajar kok. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Dari banyak serial anime yang pernah saya tonton, ada satu serial yang membuat saya tidak pernah berhenti untuk terus menonton berulang kali. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan dalam benak saya seperti “Kenapa kok gue betah nontonin anime yang udah pernah gue tamatin berulang-ulang?“.

Menonton Anime Berulang-ulang

Mungkin itu terjadi juga dengan NawaReaders sekalian. Menonton serial anime yang menimbulkan kesan baik dan menyenangkan bagi kita membuat kita terasa nyaman untuk terus menontonnya bahkan hingga puluhan kali.

Lalu mengapa ini bisa terjadi? Penjelasannya tentu tidak hanya sekadar karena alasan suka dengan anime tersebut. Tetapi lebih dari itu, kesan psikologis yang didapatkan melalui serial anime lah yang memunculkan keinginan kita untuk terus-menerus menontonnya tanpa bosan.

Lebih lanjut, perihal ini akan dijelaskan oleh ahli psikologi, Neel Burton dalam wawancaranya bersama Huffington Post.

Kenyamanaan adalah Alasan Penting Mengapa Kita Suka Menonton Anime Berulang-ulang

Neel Burton, seorang ahli psikologi dari Inggris dalam wawancaranya bersama Huffington Post. mengatakan bahwa sesuatu yang mendorong kita untuk menonton sesuatu secara berulang-ulang adalah karena kenyamanan yang diberikan oleh tontonan tersebut.

“Ada beberapa hal yang mampu memberikan kita dorongan untuk mengulang kembali (Tontonan, red). Itu adalah hal-hal yang mampu memberikan kita kenyamanan. Atau perspektif yang sama dengan apa yang kita pikirkan serta rasakan.” jelas psikolog Neel Burton, penulis buku Heaven and Hell: The Psychology of Emotions.

Jadi, Burton menjelaskan bahwa ketika tontonan tersebut memberikan kita kenyamanan dan sebuah perspektif yang sama dengan apa yang kita rasakan. maka pikiran kita pun akan mengafirmasi hal itu yang menjadikannya dorongan untuk terus menonton hingga berulang-ulang

Menonton Anime Berulang kali Sama Seperti Bernostalgia

Nostalgia terhadap kejadian yang membuat kita senang akan menjadi penyemangat bagi diri kita. Begitu pula ketika menonton anime yang gue banget sehingga menjadikan beban hidup kita mengurang.

Serial anime kesukaan kita yang biasanya relate dengan kehidupan yang dijalani, terkadang membuat kita serasa berada dalam dunia anime itu. Dan karena kesamaan itu lah yang membuat kita merefleksikan diri melalui serial anime yang kita tonton secara berulang-ulang. Secara tidak langsung, hal ini bisa disebut sebagai nostalgia.

Nostalgia diasosiasikan sebagai keadaan personal yang mengingat sesuatu yang bahagia atau menyenangkan. Karena anime yang kita tonton pun memberikan pengalaman yang baik untuk kita sehingga memori kebahagiaan itu terekam jelas. Akhirnya, pikiran kita pun dalam suatu waktu memunculkan rasa keinginan untuk menonton kembali anime tersebut.

Hal inilah yang dijelaskan Neel Burton bahwa nostalgia bisa menjadi sumber hiburan dengan menjadikan serial yang kita sukai sebagai bahan bernostalgia.

“Nostalgia meresapi kehidupan batin Anda dengan menjadi sumber hiburan yang dapat Anda manfaatkan kapan pun Anda merasa kesepian atau sedih selama periode waktu yang telah berlalu. Rasanya menyenangkan untuk bernostalgia, dan bahkan lebih baik untuk melarikan diri dari kenyataan saat ini.” jelas Neel Burton.

Lantas Apakah Ini Buruk atau Baik?

Menonton Anime Berulang-ulang

Sejatinya, kebiasaan kita untuk terus menonton anime secara berulang-ulang adalah salah satu sumber kebahagiaan yang kita miliki. Selama menontonnya bisa memberikan kesenangan dan kesan baik kepada kita, maka hal tersebut tentulah bermanfaat untuk diri kita sendiri.

Menonton anime yang kita sukai apalagi anime tersebut relatable dengan kehidupan kita. Maka otomatis itu bukan hanya kita jadikan sebagai sumber bahagia saja. Melainkan juga sebagai sumber refleksi diri agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Apakah NawaReaders mempunyai serial anime yang sering kali ditonton secara berulang kali seperti saya? Jika iya tulis jawaban kalian di kolom komentar ya!

Loading...