Quantcast

Beranda » Yuki Matsuri 2019, Kenalkan Ragam Hal Unik dari Jepang!

Yuki Matsuri 2019, Kenalkan Ragam Hal Unik dari Jepang!

YUKI MATSURI – Rasanya pada saat ini, tidak sulit untuk menemukan berita atau konten mengenai negara Jepang. Dengan banyaknya informasi yang tersedia di internet, atau melalui media lain seperti televisi dan majalah, pastinya orang dengan mudah akan menemukan banyak hal menarik mengenai negara matahari terbit tersebut, seperti budaya dan makanannya. Namun, jarang sekali seseorang bisa merasakan pengalaman menyicipi makanan atau bermain permainan tradisional secara nyata.

Pada hari Sabtu (7/12) hingga Minggu (8/12), Klikspot.id menggelar sebuah acara yang dapat memungkinkan para pengunjung untuk mendapat pengalaman mengenal budaya dan makanan khas Jepang, yaitu dalam Yuki Matsuri yang digelar di atrium SOGO Entrance, Mall @ Alam Sutera. Meski acara ini gratis, namun para pengunjung diharuskan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu di situs yang telah disediakan atau dengan memindai kode QR yang ada di depan area acara.

Memasuki area acara, suasananya agak ramai dan para pengunjung pun juga terlihat sangat antusias saat menghadiri setiap stand yang ada. Terdapat sekitar sepuluh stand dalam area acara tersebut, yaitu stand makanan khas Jepang, wisata halal, mencoba baju tradisional khas Jepang, shodo (kaligrafi), puzzle, dan juga permainan tradisional khas Jepang, yaitu kendama. Ada banyak sekali pengalaman yang ditawarkan lewat stand-stand tersebut.

Makanan dan Budaya Jepang

Stand yang banyak mencuri perhatian para pengunjung adalah stand yang berada tepat di samping gapura, yaitu stand yang menampilkan beragam makanan khas Jepang. Ada kari Jepang, ramen vegetarian, teh latte, bahkan pengunjung juga bisa mencicipi matcha roll cake yang dibuat dari Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, saya mencoba teh latte dari Jepang dengan rasa yang unik, yaitu rasa ubi atau sweet potato. Rasanya khas ubi sekali dan manisnya pas, bahkan mungkin bisa membuat orang yang biasanya jarang minum teh seperti saya ingin meminumnya. Matcha roll cake-nya juga pas rasanya, tidak terlalu manis dan tidak terlalu pahit khas teh hijau. Rasanya yang oke dan penampilannya yang bagus membuat pengunjung mungkin tidak akan menyangka kalau satu porsinya berharga Rp 150.000,00.

Stand yang menjual aneka makanan khas Jepang, termasuk teh latte dengan rasa unik dan matcha roll cake.
yuki matsuri 2019
Aneka kari khas Jepang. Ada bukletnya juga, lho.

Pengunjung juga bisa mencoba memakai happi atau jubah tradisional khas Jepang yang sering dipakai dalam festival-festival dan bisa berfoto mengenakan pakaian tersebut di tempat yang telah disediakan. Di stand lain, pengunjung juga bisa mencoba menulis nama atau kata-kata dengan menggunakan huruf Jepang, yaitu hiragana dan katakana. Ada juga games menarik yang bisa diikuti, seperti kendama dan puzzle gambar.

Stand shodo.

Oh iya, buat pengunjung yang sedang belajar atau bisa bahasa Jepang, bisa juga mempraktekkan kemampuan bahasa Jepang di acara ini, karena ada banyak orang Jepang yang mengisi acara ini dan menjaga stand-stand yang ada. Saya sendiri sempat mengobrol dengan mereka, dan mereka sangat ramah pula. Kalau ada kesalahan, tidak usah khawatir—setiap orang yang belajar sesuatu pasti pernah salah juga.

Lucky Draw di Yuki Matsuri

Sebelum memasuki area acara, pengunjung akan diminta untuk registrasi terlebih dahulu. Jika sudah, maka akan diberika sebuah kartu stempel yang nantinya bisa dipakai untuk undian berhadiah di stand lucky draw. Namun, pengunjung harus mengisi survei yang ada, baru diperbolehkan untuk mengambil hadiah.

Di stand lucky draw tersebut, pengunjung akan mengambil kertas undian dari kotak yang telah disediakan. Dalam kertas undian itu, sudah tertera jenis hadiah apa yang akan diterima oleh pengunjung. Ada snack khas Jepang, seperti biskuit Bourbon, dan ada juga hadiah lain seperti disposable camera.

 

yuki matsuri 2019
Ragam hadiah lucky draw. Ada Kit-Kat, biskuit, bahkan disposable camera dan produk Senka.

Overall, meskipun yang ditampilkan dalam Yuki Matsuri tidaklah banyak, namun acara ini mengandung esensi dari event budaya Jepang yang sesungguhnya, yaitu menawarkan pengalaman mengenal budaya Jepang dengan lebih dalam lagi untuk masyarakat awam atau yang tertarik dengan kebudayaan Jepang, tidak hanya sekadar kultur pop saja yang ditonjolkan. Buat kalian yang tertarik untuk datang ke acara selanjutnya yang diselenggarakan oleh Klikspot.id, jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram mereka di sini.

Loading...