Quantcast

Beranda » News from Asia » Gokil! Institut Teknologi Sepuluh Nopember Gelar Wisuda lewat Minecraft

Gokil! Institut Teknologi Sepuluh Nopember Gelar Wisuda lewat Minecraft

Pandemi COVID-19 membuat prosesi wisuda digelar secara daring, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember melaksanakan prosesi melalui gim Minecraft!

Di tengah kondisi pandemi yang belum berkesudahan ini berpengaruh ke ranah mahasiswa yang telah lulus skripsi. Banyak cara yang dilakukan oleh Univesitas dalam menjalankan prosesi wisudanya. Salah satunya cara unik dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau ITS. Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember ke-121 itu dilakukan melalui gim Minecraft.

Acara Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember Dilakukan Melalui Minecraft

 

Suatu universitas yang ada di Surabaya bernama Institut Teknologi Sepuluh Nopember baru saja menggelar acara wisuda mahasiswa dan mahasiswi mereka yang ke-121. Mengingat kondisi pandemi COVID-19 sampai saat ini masih berlangsung, pihak universitas melakukan sedikit penyesuaian dalam menggelar acara wisuda.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember ke-121 menggelar acara mereka secara daring sama seperti universitas lainnya saat ini. Tapi, pada kali ini ada yang berbeda dibandingkan universitas lainnya. Universitas yang terletak di Surabaya tersebut menggelar acara wisuda dilakukan melalui gim Minecraft. Ya, game yang sangat populer dengan dunia yang luas dan sistem crafting itu menjadi tempat diselenggarakannya acara wisuda.

Prosesi Wisuda ITS  Divisualisasikan Melalui Gim Minecraft

Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Dalam siaran langsung prosesi Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang disiarkan melalui akun resmi YouTube ITS. Kita bisa melihat di menit 22.35 prosesi wisuda dibuka dengan menampilkan proses wisuda melalui Gim Minecraft.

Prosesi itu pun benar-benar dilakukan semirip mungkin dengan kejadian nyata. Seperti adanya Graha ITS yang dibangun dalam Gim Minecraft, hingga satu per-satu wisudawan berjalan ke mimbar untuk mengambil ijazah virtual mereka.

Bahkan, para dekan hingga rektor ITS pun divisualisasikan menjadi karakter Minecraft, sehingga proses wisuda nampak seperti proses seperti aslinya.

Prosesi Wisuda ini Dirancang oleh Program Studi Teknik Informatika ITS

Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Setelah suguhan prosesi wisuda virtual lewat gim Minecraft ini selesai. Pembawa acara wisuda pun mengatakan bahwa suguhan tersebut dirancang oleh Departemen Teknik Informatika ITS.

Alasan untuk membuat prosesi wisuda dengan gim Minecraft pun dikarenakan agar membuat situasi di mana seolah semuanya hadir dalam Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

“Suguhan yang dirancang dari departemen Teknik Informatika dengan permainannya (Minecraft, red) lebih berasa euforianya dan seolah semua hadir di Graha Sepuluh Nopember ini.” jelas pembawa acara wisuda ITS.

Selain itu melalui gim Minecraft ini diharapkan para wisudawan, walaupun mereka melaksanakan secara daring. Wisudawan tetap bisa merasakan berjalan di Graha ITS dan merasakan bertemu rektor dan menerima ijazah saat proses wisuda berlangsung.

Prosesi wisuda dari ITS pun dilaksanakan secara virtual. Penambahan visualisasi melalui gim Minecraft hanya sebagai penambah euforia dan tidak seluruh kegiatan acara berlangsung melalui gim tersebut.

Wisudawan bergabung secara daring dan melihat prosesi wisuda yang berada di Graha Sepuluh Nopember seperti pidato rektor hingga pemanggilan nama wisudawan dilakukan secara virtual.

Loading...