Beranda » Selain Anime, Prediksi Indonesia Bebas COVID-19 Ikut Diundur

Selain Anime, Prediksi Indonesia Bebas COVID-19 Ikut Diundur

Tidak hanya pada jadwal suatu acara dan penayangan anime saja yang diundur karena pandemi COVID-19, prediksi Indonesia bebas COVID-19 diundur dari yang awalnya bulan Juni menjadi bulan September 2020.

Indonesia bisa sempat bernafas lega setelah Singapore University of Technology and Design (SUTD) memprediksi bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia akan berakhir pada tanggal 6 Juni 2020. Namun sepertinya Indonesia harus kembali ‘gigit jari’.

Dikutip dari Detik, terjadi perubahan prediksi pada data yang diperbaharui pada hari minggu (3/5) dimana SUTD sebelumnya memprediksi Indonesia bebas COVID-19 pada tanggal 6 Juni 2020, diundur menjadi tanggal 23 September 2020.

SUTD memprediksi negara Singapura yang justru lebih dulu bebas dari pandemi COVID-19 yaitu pada tanggal 12 Juni 2020, disusul dengan negeri Jiran Malaysia pada tanggal 16 Juli 2020.

Data yang diambil dari laman situs SUTD “When Will COVID-19 End” ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang berbasis pada model matematika tipe Suspectible-Infected-Recovered (SIR).

Model SIR tersebut kemudian ditambahkan pada data kasus COVID-19 di berbagai negara dengan tujuan dapat memperkirakan kurva siklus pandemi, sekaligus memprediksi kapan pandemi COVID-19 berakhir di suatu negara. Dengan menggunakan kode Milan Batista dan data yang dikumpulkan dari Our World in Data.

Selain itu, SUTD mengingatkan data tersebut hanya diperuntukkan untuk penelitian dan pendidikan, sehingga memungkinkan bahwa data yang tersaji bisa saja meleset, sehingga harus lebih berhati-hati.

“Prediksi pada dasarnya tidak pasti. Pembaca harus mengambil prediksi apa pun dengan hati-hati. Optimis yang berlebihan berdasarkan perkiraan tanggal akhir adalah berbahaya karena dapat melonggarkan disiplin dan kontrol kita dan menyebabkan perputaran virus dan infeksi, dan harus dihindari,” Tulis SUTD.

Indonesia (Sempat) Diprediksi Bebas Pandemi COVID-19 bulan Juni 2020

Sebelumnya, Indonesia sempat diprediksi akan bebas dari pandemi COVID-19 oleh SUTD pada tanggal 6 Juni 2020 mendatang.

Menurut data per hari Sabtu (25/4), jika dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia diprediksi akan bebas dari pandemi COVID-19 pada tanggal 6 Mei, lalu disusul Singapura pada tanggal 4 Juni 2020.

Sementara itu, SUTD memprediksi pandemi COVID-19 di seluruh dunia akan berakhir 100 persen atau dapat ditangani dengan baik pada tanggal 8 Desember 2020 mendatang.

Walau demikian, SUTD mengingatkan untuk tidak terlalu mempercayai data prediksi yang mereka buat karena bisa saja prediksi tersebut meleset, karena dasarnya ditujukan untuk penelitian.

Loading...