Quantcast

Beranda » News from Asia » Makin Memanas, India Blokir 59 Aplikasi China dari Play Store!

Makin Memanas, India Blokir 59 Aplikasi China dari Play Store!

Pemerintah India, Senin malam kemarin, putuskan bahwa akan larang 59 aplikasi dari China, termasuk aplikasi populer, TikTok!

Pemerintah India, Senin (29/6) malam kemarin, memutuskan bahwa akan melakukan blokir terhadap 59 aplikasi buatan China, termasuk aplikasi populer, TikTok! Hal ini dipicu dari beberapa problema mengenai kebocoran data pribadi hingga konflik perbatasan utara India dengan China.

Pemerintah Pusat Larang Aplikasi China di India!

https://twitter.com/IndiaToday/status/1277646458989080576

Melansir India Today, diberitakan bahwa sebagian besar aplikasi unduhan diproduksi asal China diblokir oleh pemerintah India. Pengumuman pemblokiran aplikasi tersebut terjadi Senin malam waktu New Delhi.

Sebuah rilisan pers dari Kementerian Teknologi Informasi menyebut bahwa pemerintah pusat India telah memblokir akses untuk 59 aplikasi dari China. Dalam pernyataan tersebut, kesemua aplikasi dicurigai menggunakan data dari penggunanya, baik aktivitas maupun data pribadi, untuk menjaga kedaulatan negara tersebut.

Lanjut lagi, pemerintah melalui kementerian tersebut menerima banyak komplain dari masyarakat terkait keamanan data mereka di banyak aplikasi tersebut.

Ketegangan India-China menjadi pemicu?

Dikabarkan bahwa langkah pemblokiran oleh pemerintah di atas tersebut ditengarai merupakan tanggapan atas memanasnya situasi antara India dan China.

Berpicu pada insiden di provinsi Ladakh, India, sekitar 20 tentara India dan 40 tentara China tewas akibat pertempuran tersebut tepatnya di Sungai Galwan. Wilayah perbatasan antara China dan India bagian utara tersebut merupakan wilayah konflik sejak 1950an ketika pemerintah China membangun jalan yang menyerempet zona tersebut..

TikTok sempat dihajar netizen India, terancam larang akses di India!

aplikasi tiktok rating

Sebelumnya, TikTok mengalami pemboikotan secara masal di India. Hal ini lantaran ada drama mengenai seorang komedian asal India, Carry Minati, dihapus videonya oleh YouTube, kemudian roasting kepada bintang TikTok India, Amir Siddiqui.

Kemudian, netizen India di Twitter meramaikan drama tersebut dengan tagar #CarryMinati dan #JusticeForCarry. Mereka menuntut bahwa Minati tidak pantas untuk diperlakukan demikian dan kemudian beralih ke App Store untuk memberikan satu bintang ke aplikasi TikTok agar diblokir di India.

Hal tersebut mengakibatkan aplikasi tersebut mengalami anjlok di bagian rating, menjadi 1,3 dari 5 bintang di Google App Store Amerika.

Aplikasi terkena larang di India selain TikTok!

https://twitter.com/Rahulshrivstv/status/1277624722474201094

Selain daripada aplikasi terpopuler hasil pengembangan Bytedance, China, beberapa aplikasi pun terkena imbas blokir pula.

Mobile Legends, gim ponsel terbesar di Indonesia, terkena ban oleh pemerintah India atas alasan yang sama. Aplikasi tersebut merupakan satu dari 59 aplikasi yang dihalangi aksesnya masuk India via internet.

Selain itu, beberapa gim dan aplikasi asal China lainnya juga terkena imbas atas langkah blokir dari pemerintah India, seperti Clash of Kings, WeChat, Bigo Live, dan lain sebagainya.

Loading...