Beranda » Inspiratif! Beginilah Cara Membuat Conveyor Belt Seperti Restoran Sushi Di Rumah!

Inspiratif! Beginilah Cara Membuat Conveyor Belt Seperti Restoran Sushi Di Rumah!

Seorang netizen Twitter Jepang menunjukkan bagaimana cara membuat Conveyor Belt seperti yang ada pada restoran sushi di rumah.

Pandemi virus Corona (COVID-19) akhir-akhir ini menyebabkan berbagai pusat keramaian, seperti restoran memilih untuk menghentikan operasionalnya atau hanya menerima dibungkus untuk dibawa pulang (takeaway). Seorang pengguna Twitter Jepang merakit conveyor belt atau replika ban berjalan untuk sushi menggunakan set kereta mainan di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita cari tahu bersama!

Apa Itu Kaitenzushi?

Conveyor belt sushi kaitenzushi

Kaitenzushi (回転寿司) adalah sebutan untuk sushi yang disajikan menggunakan ban berjalan (conveyor belt). Penggunaan ban berjalan memungkinkan pelanggan dapat mengambil sushi pilihannya secara langsung dari meja.

Restoran sushi yang menggunakan model seperti ini sangat populer di Jepang karena harga sushi jauh lebih murah daripada restoran sushi biasa. Jenis sushi yang ditawarkan pun lebih beragam dan kamu berkesempatan untuk memakan lebih banyak sushi yang berbeda.

Piring-piring yang digunakan dalam kaitenzushi memiliki warna yang berbeda sebagai penunjuk harga. Masing-masing piring biasanya diisi 2 potong sushi dan dihargai dari 100 hingga 500 yen.

Kaitenzushi mulai populer pada era 80an di Jepang. Sejak saat itu pula, kaitenzushi telah menjadi salah satu ikon makanan Jepang.

Di Indonesia, restoran Jepang yang memiliki model kaitenzushi sudah bisa ditemukan di beberapa kota besar.

Replika Kaitenzushi dari Set Kereta Mainan

Dilansir dari Soranews, pengguna Twitter, Keikyuu Itami (Itami9018F) mengunggah video kaitenzushi hasil rakitan sendiri di rumahnya. Replika kaitenzushi tersebut dibuat dari set kereta mainan untuk anak-anak.

Set kereta mainan yang ia gunakan adalah Plarail jenis Disney Western River keluaran Takara Tomy. Sebenarnya kamu dapat mencoba merakitnya dengan menggunakan jenis kereta mainan yang lain asalkan lokomotifnya digerakkan menggunakan mesin.

Kami telah merakit sushi berjalan (kaitenzushi) yang kekanak-kanakan di rumah.

Ia juga membagikan foto dari pengaturan gerbong kereta mainan yang digunakan untuk menaruh piringnya. Foto tersebut bisa digunakan sebagai referensi bagi yang ingin mencobanya.

Hasilnya adalah sebuah replika kaitenzushi rumahan yang sempurna. Sensasi menyantap sushi seperti di restoran pun akhirnya dapat dirasakan selama masa karantina mandiri di rumah.

Replika Kaitenzushi Rumahan yang Viral di Twitter Jepang

Hingga postingan ini diterbitkan, cuitan tersebut telah meraih sebanyak lebih dari 160 ribu like. Karena masih dalam suasana Hari Anak (5 Mei) di Jepang, beberapa pengguna Twitter menganggap hal tersebut bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bersama anak-anak.

Replika kaitenzushi buatan Itami9018F telah menginspirasi pengguna Twitter lainnya untuk melakukan hal serupa.

Aku jadi terinspirasi untuk mencoba merakitnya. Karena ukurannya besar, jadinya saya menggunakan 2 unit lokomotif. Kamu dapat mengambil piringnya secara langsung dari kereta.

Pengguna Twitter lainnya berpendapat bahwa kaitenzushi dari kereta mainan pernah dibuat oleh grup Youtuber terkenal di Jepang, Tokai On Air setahun yang lalu.

Demikian kreasi replika kaitenzushi dari set kereta mainan buatan pengguna Twitter Jepang yang menjadi viral. Bagaimana NawaReaders? Tertarik untuk membuatnya di rumah?

Loading...