Quantcast

Beranda » Youtube » AFAID Akan Kembali Tahun 2020 Ini!

AFAID Akan Kembali Tahun 2020 Ini!

Melalui laman sosial media resmi mereka, AFA Indonesia atau AFAID dipastikan akan kembali tahun 2020. Welcome back, Anime Festival Asia!

Pada hari Jumat (7/2) pukul 7.23 WIB, Anime Festival Asia atau AFA resmi mengumumkan akan mengadakan kembali AFAID 2020 di negeri khatulistiwa ini.

Mengusung tagar #AFAKembalipenyelenggara SOZO menuai respon positif-mengejutkan dari para followers AFA Indonesia di Twitter.

“NANI!?”

“Bring us a good i love anisong artist!!”

“Ntaps ditunggu kabar selanjutnya”

“Undang hypmic pls”

Anime Festival Asia Indonesia Hiatus Sejak Tahun 2018

Gelaran Anime Festival Asia ini sempat berakhir di tahun 2018, dimana saat itu acara dihelat di ICE Convention Center di BSD City, Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten.

Acara yang telah menjadi landmark untuk budaya pop jepang di Indonesia tersebut seolah-olah menyatakan bahwa pemilihan ICE sebagai tempat selenggara bukanlah tanpa alasan. Bahkan, suatu formulir kerjasama untuk sponsor dan booth korporasi yang tertera pada banner yang terdapat pada laman web resmi C3AFA telah lama mencantumkan ICE sebagai tempat selenggara yang mutlak untuk tahun ini.

Acara ini pada akhirnya dikritisi oleh sejumlah pengunjung lantaran tidak maksimal di ‘akhir’ gelarannya tersebut. Permasalah seperti ticketing hingga makanan didalam gedung yang terlampau mahal saat itu, menjadi buah bibir pasca-berhentinya AFAID 2018.

AFAID Sempat Memasuki Fase Evaluasi

Acara produksi SOZO itu sendiri dievaluasi sampai waktu yang tidak ditentukan (saat itu). Hal itu disebutkan oleh Managing Director SOZO PTE LTD Shawn Chin kepada Kantor Berita Antara pada 31 Agustus 2018 silam. “Kami menghentikan event ini dan akan mengevaluasi event tersebut, khususnya di Indonesia,” ujarnya.

“Kami sangat peduli dengan para fans Indonesia, kami hanya ingin memberitahu bahwa tidak akan ada AFA pada tahun 2019 jadi mari datang ke perhelatan tahun ini. Pesan inti itulah yang ingin kami sampaikan,” ujar Shawn, dikutip dari Antara.

Mengikuti Kondisi Logistik di Indonesia

Managing Director PT SOZO Entertainment Indonesia Mari Hendro (31/8/2018) menyebut bahwa obstacle yang dihadapi saat gelaran tersebut diadakan di Indonesia ialah masalah logistik.

“Rencananya kita mau kembali ke sini, cuma kondisi-kondisi di Indonesia terutama terkait logistik, menyulitkan pihak penyelenggara untuk membuat event di sini dibandingkan di negara-negara lain,” ujar Mari Hendro kepada Antara.

Selama 2018-2019 Digantikan Creators Super Fest

Sampai pengumuman AFAID 2020 diumumkan, selama medio 2018 hingga 2019, AFA tetap menggelar acara serupa Anime Festival Asia Indonesia namun dalam skala kecil. Acara yang dimaksud merupakan Creators Super Fest, yang pada tahun 2019 lalu digelar di SMESCO, Jakarta, dan Surabaya.

Sejumlah bintang tamu ternama seperti Sally Amaki hingga KMNZ! turut memeriahkan acara tersebut. Indonesian Otaku sempat mewawancarai pendiri MUSE Asia (distributor anime di YouTube untuk kawasan Asia) di gelaran tersebut.

Vibe yang dihadirkan oleh Anime Festival Asia dalam gelaran Creators Super Fest memang terasa sama dengan pagelaran Anime Festival Asia di Indonesia. Dapat dipastikan bahwa gelaran AFAID 2020 akan lebih menghadirkan vibe khas AFA pasca-evaluasi yang telah dilakukan oleh SOZO.

WELCOME BACK, AFAID!

Loading...