Quantcast

Beranda » Jalur Komuter » Malam Tahun Baru, MRT Jakarta Beroperasi Sampai Dini Hari!

Malam Tahun Baru, MRT Jakarta Beroperasi Sampai Dini Hari!

Jakarta (20/12). Buat kamu yang biasa merayakan malam pergantian tahun di tempat keramaian, seperti Car Free Night Bundaran HI, Senayan, ataupun tempat lainnya, kini tak perlu khawatir untuk akses pulang. Pasalnya, MRT Jakarta akan menambah perjalanan sampai pukul 02.30 WIB. Hal ini tentunya untuk mengakomodir wisatawan yang akan merayakan tahun baru di Pusat Jakarta, namun bertempat tinggal di Fatmawati, Lebak Bulus, atau sekitarnya.

Akan ada 24 tambahan perjalanan MRT Jakarta khusus untuk malam tahun baru 2020 ini. Dari yang sebelumnya 285 perjalanan, saat malam pergantian tahun ini akan ada 309 perjalanan, sampai pukul 02.30 dini hari. Kereta terakhir menuju Stasiun Bundaran HI dari Stasiun Lebak Bulus, berangkat pukul 01.38 WIB. Sedangkan kereta terakhir menuju stasiun Lebak Bulus dari Bundaran HI, berangkat pukul 02.00 WIB. Stasiun MRT Jakarta juga akan ditutup lebih lama, yakni 5 menit setelah kereta terakhir berangkat.

Jadwal keberangkatan terakhir MRT Jakarta, khusus pada malam pergantian tahun. (Sumber: MRT Jakarta)

Saat perpanjangan waktu ini, headway (jarak antarkereta) diubah menjadi 12 menit. Artinya, dalam 1 jam akan ada 5 perjalanan MRT untuk satu arah. Sedangkan untuk jam operasi normal, MRT Jakarta tetap melayani penumpang seperti biasa (headway 5 menit di peak hour (07.00 s.d. 09.00 dan 17.00 s.d. 19.00), headway 10 menit di off-peak hour). Untuk tarif perjalanan tidak mengalami perubahan. Rangkaian kereta pun juga tidak ada perubahan (1 rangkaian terdiri atas 6 kereta.)

Bagi wisatawan yang akan merayakan tahun baru di Pusat Jakarta, MRT Jakarta mengimbau untuk memarkirkan kendaraannya di Park & Ride terdekat, lalu menggunakan MRT Jakarta untuk menuju kawasan Bundaran HI dan sekitarnya.

Loading...