Quantcast

Beranda » Jalur Komuter » Video Asisten Masinis KA ‘Jajan’ Viral, Ini Klarifikasi PT KAI

Video Asisten Masinis KA ‘Jajan’ Viral, Ini Klarifikasi PT KAI

Jagat media sosial dihebohkan dengan video amatir, Video tersebut menampilkan seorang asisten masinis KA sedang berjalan menuju kereta api, namun sambil membawa kantong plastik berwarna hitam. Kereta-nya pun sedang berhenti, tepat di tengah-tengah perlintasan rel sebidang, sehingga pengguna jalan harus menunggu lebih lama.

PT Kereta Api Indonesia langsung memberikan klarifikasi, begitu video tersebut menyebar ke masyarakat. Klarifikasi tersebut disampaikan melalui sosial media Kereta Api Kita. Berikut adalah isinya:

KAI Klarifikasi Video Petugas Turun dari Lokomotif di Perlintasan SebidangTerkait video yang beredar luas di sosial…

Posted by Kereta Api Kita on Thursday, 7 November 2019

 

Terkait video yang beredar luas di sosial media, Kami klarifikasi bahwa penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan karena sedang menunggu asisten masinis dari Lokomotif CC 206 13 33, melainkan sedang menunggu penumpang naik dan turun kereta di Stasiun Parungkuda, Sukabumi.

Kejadian berlangsung pada 31 Oktober 2019, KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dengan nomor 393 sedang melakukan pemberhentian di Stasiun Parungkuda untuk proses naik dan turun penumpang.

Setiap Kereta Api yang berhenti di Stasiun Parungkuda, Lokomotifnya akan menutup Jl. Parakan Salak yang tepat berada di ujung emplasemen stasiun. Hal tersebut dikarenakan stasiun yang kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang, sehingga posisi Semboyan 10 G yang merupakan tanda berhenti lokomotif berada sejajar dengan perlintasan sebidang.

KA Pangrango dengan Nomor 393 memiliki jadwal keberangkatan dari stasiun Sukabumi pukul 15.45 dan tiba di Stasiun Bogor pukul 17.48. KA tersebut terdiri dari 1 Kereta Eksekutif, 1 Kereta Pembangkit, dan 3 Kereta Ekonomi.

“Tidak benar bahwa Penutupan tersebut dikarenakan menunggu masinis yang sedang membeli makanan” ujar VP Public Relations KAI Edy Kuswoyo.

Edy menegaskan bahwa kejadian penutupan perlintasan tersebut selalu terjadi setiap harinya dan merupakan hal yang normal terjadi di Stasiun Parungkuda. (Public Relations KAI)

Tentang Stasiun Parungkuda, Dekat Lintasan Asisten Masinis Jajan

Stasiun Parungkuda (Kode Stasiun: PRK) adalah stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Parungkuda, Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +396 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini memiliki tiga jalur kereta api dengan jalur 2 sebagai sepur lurus. Stasiun ini berbatasan langsung dengan Jalan Parakan Salak yang berada di Utara Stasiun.

Stasiun ini hanya melayani KA Pangrango, dengan rute Stasiun Bogor Paledang-Stasiun Sukabumi. Ada 6 perjalanan KA Pangrango Reguler dan 6 Perjalanan KA Pangrango Tambahan setiap harinya.

Stasiun ini menjadi viral karena video yang menampilkan seorang asisten masinis KA tengah jajan dan berjalan menuju kereta api, namun sambil membawa kantong plastik berwarna hitam. Diduga asisten masinis tersebut baru saja membeli makanan di salah satu kios/warung di sekitar Stasiun Parungkuda.

Loading...