tampilan UI youtube

YouTube Sempat Tak Bisa Diakses, Netizen Panik

Bagi Kamu para pengguna harian YouTube, untuk saat ini platform-nya tak bisa diakses secara normal. Kejadian tersebut pun juga terdampak bukan di wilayah Indonesia, tapi juga di luar negeri sekalipun.

YouTube susah diakses dari pusat?

https://twitter.com/TheAn1meMan/status/1326694944384319489

Hari ini, (12/11), warganet melaporkan di sejumlah media sosial bahwa mereka tidak dapat mengakses platform video YouTube. Hal ini belum diketahui penyebab dari pembatasan akses tersebut.

Keseluruhan video YouTube tampak masih dapat dimasuki kala ingin menonton salah satu video favoritnya. Namun, video tidak dapat dimainkan sama sekali setelah mengklik salah satu pranala ke video YouTube. Meskipun demikian, notifikasi video baru untuk setiap channel begitu juga dengan serangkaian video yang terunggah ke platform tersebut tak berefek pada permasalahan tersebut.

Hingga artikel ini diangkat, pengguna platform tersebut sudah dapat gunakan layanannya kembali dengan biasanya.

Tim YouTube akui adanya kendala

https://twitter.com/TeamYouTube/status/1326681978037444608?s=19

Melalui Twitter, YouTube mengaku bahwa mereka memang sedang berkendala untuk sementara ini. TeamYouTube mengatakan bahwa mereka membenarkan permasalahan platformnya tidak bisa diakses, sehingga perlu perbaikan server untuk sementara waktu. Mereka akan mengabarkan jika server videonya sudah dapat diakses kembali.

Dampak keterbatasan akses ini pun dirasakan di lingkungan internet Indonesia. Bahkan, warganet +62 menanyakan apabila penyedia layanan internetnya mengalami kendala akses internet imbas dari keterbatasan tersebut.

https://twitter.com/IndiHome/status/1326695594404974593

Contohnya pada ISP pemerintah milik Telkom Indonesia, Indihome mengaku bahwa gangguan akses YouTube tidak disebabkan oleh terhambatnya akses mereka ke platform tersebut. Oleh karena hal ini disebabkan atas server pusat YouTube yang berlokasi di data center milik Google, induk dari platform video tersebut, warganet dinasehati bahwa keterbatasan akses ini bukan berasal dari ISP penggunanya sendiri.

Aplikasi telah permak tampilan

Kemudian mulai hari ini, tampilan YouTube untuk smartphone berubah kembali. Beberapa ikon penting termasuk bel notifikasi begitu juga dengan penambahan fitur pembuatan video juga diterapkan. 

Jika NawaReaders ingin mengakses video yang telah berlanggan, notifikasinya telah dipindah ke bagian atas layar aplikasi. Meskipun demikian, hal ini tidak membuat berkurangnya pengalaman menggunakan platform video terbesar di jagat internet.

Related Posts