Pada Selasa (30/3) lalu, produsen ponsel pintar Xiaomi akhirnya meluncurkan dua produk terbarunya dalam lini seri Redmi, yakni Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro. Varian produk ponsel pintar yang satu ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kedua produk ini dikenalkan dengan jargon ‘Jawaranya AMOLED’ oleh Xiaomi karena memiliki fitur yang berbeda dari ponsel produksi Xiaomi lainnya, bahkan dapat dibilang sebagai revolusioner. Pasalnya, kedua ponsel pintar ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendobrak standar mid-range serta menggunakan beragam teknologi yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia.

Detail produk Redmi Note 10

Ponsel pintar pertama dalam seri Note 10 dari Xiaomi adalah Redmi Note 10. Redmi Note 10 menjadi ponsel pintar pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi kamera 108 MP, ketajaman layar AMOLED DotDisplay dengan 6.43 inci, dan juga kecepatan dari chipset Qualcomm Snapdragon 678.

Dalam peluncuran tersebut, Redmi Note 10 disebutkan akan memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, yakni sebesar 5.000 mAh, dan juga pengisian daya sebesar 33W. Hal ini menjadikan perangkat ini dapat digunakan sepanjang hari, bahkan jika digunakan selama periode penggunaan yang berat.

Chipset Quallcom Snapdragon 678 yang terpasang dalam Redmi Note 10 juga meningkatkan pengalaman gaming dan performa kamera sambil menjaga efisiensi penggunaan baterai. Snapdragon 678 ini menggunakan teknologi Octa-core CPU Kryo 460 dengan clock speed 2.2 GHz. Chipset ini juga didukung dengan teknologi image signal processor Spectra 250 L sehingga dapat menunjang penggunaan teknologi triple camera hingga resolusi 48 MP.

Hadirkan 4 kamera utama dengan fitur yang beragam

Dari segi kamera, Redmi Note 10 dilengkapi dengan kamera 13 MP di bagian depan dan empat kamera belakang atau Quad-camera. Empat kamera belakang tersebut terdiri dari lensa utama dengan kualitas 48 MP, lensa ultra-wide angle 8 MP, lensa makro 8 MP, dan depth camera sebesar 2 MP. Jika pengguna ingin merekam video dengan Redmi Note 10, ada berbagai fitur menarik yang dapat dimanfaatkan. Ponsel pintar ini juga ditunjang dengan mode slow motion, night mode, dan dua fitur time-lapse terbaru, yaitu time-lapse pro dan time-lapse reguler.

Redmi Note 10 hadir dengan desain yang elegan dan juga praktis, karena terdapat pemindak sidik jari di bagian samping yang akan semakin memudahkan pengguna untuk mengakses ponsel pintar tersebut. Ponsel ini juga dilindungi dengan Corning Gorilla Glass di bagian depan, sehingga pengguna tidak perlu takut ponselnya akan tergores dengan mudah. Redmi Note 10 tersedia dalam tiga varian warna, yaitu Onyx Grey, Pebble White, dan Lake Green.

Varian Pro, cocok untuk gamers dan streamer

Sementara itu, Redmi Note 10 Pro yang digadang sebagai produk terbaik dalam serial produk ini memiliki layar AMOLED 120 Hz dan berukuran 6,67 inci. Redmi Note 10 Pro juga dilengkapi dengan kamera 108 MP dan kecepatan prosesor Qualcomm Snapdragon 732G. Tidak hanya itu, Redmi Note 10 memiliki speaker ganda yang memberikan pengalaman lebih kepada pengguna saat mendengarkan musik atau bermain gim, seperti misalnya Genshin Impact.

Redmi Note 10 Pro memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dari varian biasa, yakni sebesar 5.020 mAh, dan turut disertai pengisian daya yang cukup cepat sebesar 33W. Para pengguna juga dapat lega saat menggunakan ponsel pintar yang satu ini, karena prosesor Qualcomm Snapdragon 732G di dalamnya juga menawarkan performa tinggi dan konsumsi daya baterai yang rendah. Ini membuat Redmi Note 10 Pro dapat menjadi pilihan buat kalian yang suka bermain gim atau streaming.

Layar AMOLED berukuran 6,67 inci yang menjadi keunggulan Redmi Note 10 Pro ini tidak hanya luas, namun juga menghadirkan komposisi warna yang lebih tajam, hemat energi, dan juga responsif. Ini juga merupakan berkat dari touch sampling rate Redmi Note 10 Pro dengan 240 Hz.

Sementara itu, kamera 108 MP di dalam Redmi Note 10 Pro tentunya akan memberikan pengalaman mobile photography yang sangat berbeda dengan teknologi 9-in-1 binning dan Dual Native ISO. Beberapa keuntungan yang didapatkan pengguna dengan fitur ini adalah foto yang lebih detail, dynamic range yang lebih luas, dan menawarkan berbagai mode penyuntingan gambar.

Fitur Night Mode 2.0 yang didukung oleh algoritma RAW dapat memungkinkan pengguna untuk menangkap foto yang tajam meski dalam keadaan cahaya rendah atau low light. Xiaomi berhasil membawa kekuatan kamera 108 MP ke dalam produk terbarunya di Indonesia, tepatnya ke dalam Redmi Series yang merupakan ponsel pintar kelas mid-range.

Redmi Note 10 Pro juga dapat digunakan untuk mengambil video yang berkualitas. Ponsel pintar ini hadir dengan mode time-lapse pro dan time-lapse tele macro. Fitur lainnya dalam ponsel ini antara lain Photo Clones, Video Clones, Dual Video, dan Long Exposure.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5 untuk menghindari goresan dalam bagian depannya. Desainnya yang elegan hadir dengan pemindai sidik jari yang tersedia di bagian sampingnya. Redmi Note 10 Pro akan tersedia dalam tiga warna berbeda, yaitu Onyx Gray, Glacier Blue, dan Gradient Bronze.

Sebuah revolusi di lingkup ponsel pintar dari Xiaomi

Menanggapi peluncuran dua ponsel pintar Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro, Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia mengatakan bahwa dua ponsel pintar terbaru dalam Redmi Series ini menghadirkan inovasi terbaru.

“Kami bangga dapat menghadirkan seri Redmi Note pertama dengan teknologi layar AMOLED serta kamera 108 MP, yang menjadikannya pilihan yang sesuai bagi Mi Fans di Indonesia untuk kelas mid-range,” kata Alvin.

Alvin turut menyebut, bahwa Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro dapat menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia. “Display AMOLED dalam kedua ponsel pintar ini merupakan yang terbaik di kelasnya,” ujarnya dalam konferensi pers yang diadakan pada Selasa (30/3) sore.

Akan dijual di kisaran 2,3 juta Rupiah

Dalam acara peluncuran Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro yang diadakan di kanal YouTube Xiaomi Indonesia, untuk pertama kalinya, harga kedua ponsel pintar tersebut diumumkan. Redmi Note 10 dijual dengan harga awal Rp 2.399.000,00. Sementara itu, Redmi Note 10 Pro dapat dibeli mulai dari Rp 3.499.000,00 untuk kapasitas RAM 6 GB, dan Rp 3.899.000,00 untuk kapasitas RAM 8 GB.

Seri Redmi Note 10 ini akan dijual di Indonesia mulai pada tanggal 6 April 2021. NawaReaders dapat membeli kedua ponsel ini di berbagai toko dan online shop terpilih, seperti Lazada, Erafone, Mi Shop (toko resmi produk Xiaomi di Indonesia), dan lain-lain.

Nawala Karsa NK Kurio