Sony Siapkan Terobosan Baru Guna Menyaingi Xbox Game Pass?

Wahyu Nurramadan Widayanto
sony game pass header
Gambar: SparkChronicles

Persaingan antara Sony Interactive Entertainment dengan Xbox Game Pass terus berlanjut! Kali ini, Sony Interactive Entertainment merencanakan sebuah terobosan dengan menyediakan layanan baru dengan nama Spartacus bagi para penggunanya.

Berdasarkan laporan dari Bloomberg mengutip dari Gematsu, Spartacus nantinya akan memungkinkan penggunanya mengakses katalog gim, baik itu modern atau pun klasik.

Sama seperti tren saat ini, untuk mengakses layanan tersebut, penggunanya perlu membayar biaya bulanan.

Sony luncurkan proyek mirip game pass musim semi 2022

Mengenai Spartacus, hingga saat ini Sony Interactive Entertainment masih belum memberikan tanggapan resmi terkait layanan baru, meskipun rumor ini sudah santer terdengar.

Salah satu alasan Sony belum berkomentar adalah layanan tersebut masih belum final. Meskipun demikian, menurut laporan Bloomberg, Spartacus direncanakan akan diluncurkan pada musim semi 2022 dan menggabungkan layanan langganan pada PlayStation Plus dan PlayStation Now.

Untuk saat ini, Sony sebenarnya sudah memiliki layanan langganan gim pada PlayStation Plus.

Layanan tersebut memungkinkan penggunanya bermain multiplayer dan layanan untuk mengunduh gim atau streaming pada PlayStation Now.

Walaupun belum dikonfirmasi secara resmi, berdasarkan bocoran dari Bloomberg, Spartacus nantinya akan dibagi menjadi tiga tingkat layanan. Pada tingkat pertama, akan memberikan penawaran serta manfaat yang sudah ada di PlayStation Plus.

Tingkat kedua menyediakan katalog gim bagi PlayStation 4 dan gim baru pada PlayStation 5. Sedangkan tingkat tiga akan menyediakan layanan streaming gim dan perpustakaan gim klasik PS1, PS2, PS3, dan PSP.

Serupa dengan layanan Xbox Game Pass

xbox game pass ultimate
Gambar: Ars Technica

Meskipun Spartacus merupakan terobosan baru dari Sony, layanan serupa sebenarnya sudah tersedia lebih dulu oleh Xbox Game Pass. Salah satu langkah layanan yang ditawarkan adalah melalui Game Pass Ultimate.

Layanan Game Pass Ultimate ini memungkinkan para pelanggannya untuk menikmati pelbagai hal yang platform tawarkan.

Ambil contoh, memainkan gim online multiplayer, akses pelbagai judul gim dari Microsoft dan beberapa perusahaan lainnya, serta memungkinkan untuk streaming gim melalui cloud.

Jadi, apakah langkah Sony ini merupakan inovasi baru?

Layanan PlayStation akan merambah ke PC?

playstation pc header

Nah, ngomong-ngomong soal Sony, mereka sedang menggarap layanan gim Playstation eksklusif buat pengguna PC. Agar tidak penasaran, gimana kalau baca dulu artikelnya berikut ini?


Penulis: Wahyu Nurramadan