Sudah Ada PS5, Kok Sony Justru Tingkatkan Produksi PS4?

Wahyu Nurramadan Widayanto
memproduksi ps4 header
Gambar: Future via Tech Radar (https://www.techradar.com/news/ps5-vs-ps4-pro)

Pada November 2020 lalu, Sony sempat menghebohkan dunia dengan keputusannya merilis konsol game terbaru yang bernama PlayStation 5 atau disingkat sebagai PS5. Meskipun demikian, hal itu bukanlah alasan bagi Sony untuk berhenti memproduksi konsol game generasi sebelumnya, yaitu PS4.

Di tahun 2022 ini, Sony memutuskan untuk tetap memproduksi konsol game PS4. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi keputusan Sony tersebut.

Mengapa Sony ambil langkah demikian? Penasaran dengan alasannya?

Kelangkaan PS5 Terjadi Akibat Pandemi COVID-19

Sejak muncul pada November 2020 lalu, PS5 menjadi konsol game yang cukup langka, karena popularitasnya yang tinggi.

Kelangkaan ini menyebabkan Sony memutuskan untuk menambah produksi PS4, untuk membantu mengurangi tingginya permintaan produk PlayStation.

Terkait kelangkaan, hal ini terjadi karena konsol PS5 menggunakan perangkat keras terbaru. Namun, kondisi pandemi yang terjadi, menyebabkan produksi perangkat keras tersebut menjadi terhambat.

Hal ini juga menyebabkan terjadinya lonjakan permintaan perangkat keras tersebut. Kondisi itu, akhirnya berpengaruh juga pada kelangkaan yang terjadi pada konsol PS5.

Selain itu, harga produksi PS4 juga lebih murah juga menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan dari Sony. Juru bicara Sony juga membenarkan bahwa Sony akan tetap memproduksi PS4.

Menurutnya, PS4 merupakan salah satu konsol terlaris yang pernah ada dan persilangan antar generasi konsol selalu terjadi.

Popularitas PS4 Masih Tinggi Hingga Saat ini

Mengenai keputusan Sony untuk tetap memproduksi konsol PS4, hal itu karena hingga saat ini konsol PS4 masih menjadi konsol game populer.

Bahkan hingga saat ini, konsol game yang rilis pada tahun 2013 tersebut sudah terjual lebih dari 116 juta unit.

stik playstation 4
Sebuah DualShock 4 warna hitam. Foto: Cyril Marcilhacy/Bloomberg

Popularitas tinggi dari PS4, tentu berpengaruh juga pada Sony, yang mendapatkan keuntungan besar dari penjualan PS4.

Dengan tingginya keuntungan Sony dari hasil penjualan PS4, tentu mereka tidak ingin melepaskan salah satu aset begitu saja.

Hal ini juga menunjukkan bagaimana Sony berupaya menjaga para gamer untuk tetap berada dalam lingkup PlayStation.

Meskipun produksi konsol PS5 mereka sedikit terhambat, mereka masih tetap menyediakan konsol game lain yang tidak kalah berkualitas.

Belum lagi, sejumlah aksesori yang kompatibel untuk PS4 bisa terpakai di konsol penerusnya pula.