Sejumlah Peladen Platform Daring Sempat Susah Diakses, Mengapa?

Pada Selasa siang ini (21/6), sejumlah situs sempat tak dapat diakses warganet hingga sore ini. Terdampak paling besar termasuk Discord dan layanan hosting, Cloudflare.

Seno Triadi
server discord
Edit: Nawala Karsa

Selasa (21/6) ini, warganet melaporkan terjadi kesukaran akses untuk memasuki beberapa platform daring, termasuk server Cloudflare dan Discord.

Tidak cuma dua itu saja, sejumlah layanan akses sempat mengalami gangguan layanan bagi para penggunanya.

Mengutip dari TechCrunch, layanan populer yang sempat terkendala di antaranya FTX, Omegle, DoorDash, Crunchyroll, NordVPN dan Feedly.

Hingga artikel ini terpublikasi, semua server layanan di atas sudah bisa terkunjungi pengunjungnya pada pukul 15:00 WIB.

Discord Sempat Susah Terakses?

Berdasarkan pantauan dari penulis, server dari platform komunikasi buat gamers dan komunitas, Discord, sempat terkendala pada Selasa (21/6) pukul 13:36 WIB.

Pengoperasi layanan tersebut, seperti dilansir di Discord Status, mengaku ada kendala konektivitas terhadap sejumlah server dari platform tersebut.

“Saat ini, sekitar setengah dari pengguna mengalami masalah koneksi ke Discord karena masalah konektivitas yang lebih luas di hulu kami. Kami telah menghubungi penyedia layanan dan mereka telah mengidentifikasi masalahnya dan sedang bekerja untuk mengatasinya, “ tulis pernyataan developer-nya.

Meski demikian, dampak dari kendala tersebut hanya berefek kepada beberapa peladen Discord di sejumlah tempat di berbagai negara.

“Jika Anda kebetulan memiliki akses ke layanan VPN, Discord sepenuhnya aktif dan berjalan. Seperti di Dallas, Texas, AS, mereka tampaknya menikmati Discord dengan baik sekarang,” jelasnya.

Kendala tersebut teratasi pada pukul 14:26 WIB, yang mana Discord sudah dapat termasuki penggunananya untuk mancanegara.

Cloudflare Kena Dampak Serupa?

Hal serupa juga dialami oleh peladen layanan situs global, Cloudflare, yang mana mereka juga melaporkan kendala serupa.

Insiden server down tersebut terjadi hampir bersamaan dengan Discord, yang mana sejumlah peladen Cloudflare terdampak pada hari dan waktu yang sama, Selasa (21/6) pukul 13:34WIB.

“Insiden P0 kritis (server mati) terjadi sekitar pukul 13:34 WIB. Konektivitas di jaringan Cloudflare telah terganggu di sejumlah wilayah,” tulis pernyataan resmi Cloudflare di Cloudflare Status.

Developer peladen Cloudflare menambahkan, pengguna yang mencoba menjangkau situs berpeladen Cloudflare di wilayah terdampak akan mendapatkan pesan bertulis “Error 500”.

Pesan tersebut mengindikasi bahwa server mengalami kondisi tak terduga yang mencegahnya memenuhi permintaan daring dari pengguna.

“Insiden ini berdampak pada semua layanan aplikasi di jaringan kami,” jelasnya.

Meski demikian, masalah tersebut menurut pengembangnya sudah dapat teratasi pukul 15:08 WIB, dan pengguna sudah dapat mengakses layanan tersebut seperti semula.

Pantauan server Cloudflare di sejumlah kota di Asia, pada pukul 16:40 WIB. | Cloudflare Status

Pantauan penulis di Cloudflare Status mengungkap bahwa sejumlah peladen di beberapa kota di sejumlah negara terpaksa mengalihkan layanannya.

Terkecuali di Jakarta, sejumlah server di Asia Tenggara mengalami rerouting ke server cadangannya, seperti di Bangkok, Manila, dan Hanoi.

Semua peladen Cloudflare di Amerika Serikat hingga kini masih beroperasi normal.