Broadcasted by Galau Jikan FM

Kejutan, Mantan Bos Nintendo Ungkap Rencana Controller Universal!

Setelah pensiun dari jabatannya sebagai presiden Nintendo of America, Reggie menceritakan banyak hal soal Nintendo, seperti sebuah prototipe controller.

Adi Styadi
proyek controller nintendo reggie
Reggie, mantan bos Nintendo (Sumber: Disability Visibility Project)

Komunitas video game tidak akan melupakan sosok Reginald Fils-Aime, atau biasa disapa Reggie, yang pernah jadi presiden Nintendo of America selama tahun 2006 hingga 2019.

Mantan bos Nintendo satu ini berkali-kali muncul dalam pemasaran, dan promosi konsol Nintendo, seperti Wii, Wii U, DS-3DS, bahkan hingga Nintendo Switch.

Setelah ia menyerahkan jabatannya ke Doug Bowser (yang lucunya punya nama yang sama dengan musuh Mario), Reggie masih aktif dalam dunia gim video sebagai pembicara.

Mantan bos Nintendo ini akhirnya bisa leluasa menceritakan hal-hal yang terjadi di perusahaannya. Bahkan pada aspek manufaktur yang terkadang dirahasiakan.

Salah satu proyek tersebut, kata Reggie, adalah niat Nintendo untuk menciptakan controller atau gamepad universal yang bisa digunakan ke semua konsol.

Satu Gamepad Untuk Semua

Kustomisasi adaptif controller milik Xbox. | FOTO: Adafruit Blog

Rahasia tersebut ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Inverse, pada tahun 2019 Nintendo pernah punya rencana untuk membuat controller yang bisa pemain gunakan di PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X, dan bahkan PC.

Nintendo, bersama berbagai pelaku industri video game lainnya melihat produk controller adaptif milik Xbox, sebagai landasan inovasi baru.

Salah satunya untuk membuat gamepad yang bisa kustomisasi secara bebas, dan tidak eksklusif untuk satu konsol.

“Bayangkan controller adaptif yang bisa kamu gunakan untuk bermain konsol Playstation, Xbox, dan Nintendo terbaru. Itulah yang kami kerjakan tiga tahun lalu,” ujar Reggie mengutip dari Inverse.

Dengan keberadaan controller universal ini, Reggie juga berharap memberikan aksesibilitas lebih, terutama untuk gamer yang memiliki kekurangan fisik, baik secara kognitif, motorik, maupun sensor.

Belum Dengar Kabar Terkait Controller Universal

mantan boss nintendo
Reggie Fils-Aime juga sudah mengeluarkan buku tentang pengalamannya bekerja di Nintendo. | FOTO: Amazon

Setelah pensiun dari Nintendo pada tahun 2019, Reggie mengaku kalau dia belum mendengar kabar baru tentang pengembangan gamepad ini.

Mantan bos Nintendo yang disapa Reggie tersebut tidak tahu apakah proyek pengembangan controller universal dari Nintendo masih berlanjut atau tidak.

Ia hanya berharap kalau Nintendo America pimpinan Doug Bowser masih mencoba mewujudkan konsep controller universal, dan mengumumkannya ke publik pada tahun-tahun mendatang.

Menurut Reggie, industri video game perlu mengembangkan inovasi lebih lanjut terhadap aksesibilitas, terutama dalam aspek perangkat keras.

Reggie ingin agar ada pilihan desain yang memungkinkan orang-orang berkebutuhan khusus, tetap bisa memainkan gim yang mereka suka.

Ia juga menambahkan kalau Nintendo perlu memberikan fokus lebih dalam hal ini, terutama karena mereka tidak sejauh Microsoft dan Sony dalam hal aksesibilitas.

Controller Adaptif Xbox, Berikan Pilihan Luas Untuk Kustomisasi

xbox adaptif controller
Contoh penggunaan adaptive controller. | FOTO: dok. YouTube Channel XBOX

Terkadang, kita lupa kalau ada gamer dengan keterbatasan tertentu yang membuat mereka tidak bisa menggunakan desain controller yang umum di pasaran.

Bagi orang dengan kebutuhan tersebut, perlu desain khusus seperti yang Xbox lakukan lewat controller adaptif mereka.

Mulai dipasarkan pada tahun 2018, gamepad adaptif ini adalah buah kolaborasi dari Xbox dan badan nirlaba AbleGamers.

Pemain bisa menyesuaikan ukuran, bentuk, dan peletakan tombol lewat perangkat keras yang dibeli secara terpisah.

Akan sangat disayangkan kalau ternyata Nintendo tidak melanjutkan controller ‘universal’ tersebut.

Walau kita tidak tahu bentuk dan target pasar yang sebenarnya, bisa jadi konsep ini jadi sebuah inovasi baru di dunia gaming, terutama untuk mempermudah pengalaman gamer.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.