Telah tersebar sebuah gosip bahwa PS5 sudah bisa dipakai untuk mining Bitcoin dan segala uang kripto lainnya. Pertama mendengar kabar tersebut, warganet sempat kaget ketika PlayStation 5 yang terbilang masih sangat langka dapat dijadikan mesin penambang uang digital.

Namun, benarkah PlayStation 5 bisa dipakai untuk menambang uang kripto di internet?

Benarkah PS5 bisa dipakai untuk mining bitcoin?

ps5 mining bitcoin racingsence

Melansir dari Gadget Tendency, beredar sebuah postingan klaim dari media sosial Tiongkok, Weibo, berasal dari seorang pengguna bernama RacingSence. Ia mengklaim bahwa konsol gim yang dibelinya bisa dimodif menjadi sebuah fasilitas penambangan uang digital tersebut.

Dari yang terlihat dalam layar, RacingSence mengaku telah berhasil menambang uang kripto Ethereum melalui konsol gim terkini dari Sony tersebut. Di gambar yang terpampang, terlihat bahwa setidaknya bekerja optimal untuk mining pada 98.76 MH / s. Apalagi konsumsi daya listrik yang dipakai tertera mencapai setidaknya 221 watt untuk pemakaian secara optimal.

Kenyataannya tidak sampai disitu…

barcode scanned

Belum selesai di situ, ada sebuah gambar dengan kode QR yang bisa dipindai melalui aplikasi khusus dalam ponsel. Mungkin bagi sebagian besar orang, barkode tersebut hanya sebuah hiasan dari layar program yang dipakainya. Tetapi, bagaimana kalau ada seseorang pindai barkode tersebut?

Usut punya usut, jika Kamu memakai ponsel untuk membaca kode tersebut, sebuah pesan pendek telah muncul dalam tulisan Pinyin. Jika diartikan, bacaan yang tertera di dalam barkode tersebut diartikan sebagai, “TIdak ada program mining Bitcoin, ini cuma bercanda aja. Hehehe”

Namun, bisa enggak, sih, PS5 dipakai mining Bitcoin?

Spesifikasi dari PlayStation 5 berfokus kepada performa dalam mikro-arsitektur Zen 2, mengandalan prosesor Ryzen dari AMD. Konsol ini pun secara spesifikasi dalam menjalankan gimnya lebih lancer tanpa hambatan melalui kartu grafis Radeon GPU dengan skema arsitektur RDNA 2.

Melansir dari blog Medium milik Anton B, salah satu komentator cryptocurrency, Ia menulis bahwa spesifikasi tersebut memungkinkan untuk melakukan mining. Namun, perangkat lunak dalam konsol tersebut masih terbilang tertutup dan hingga kini masih mustahil untuk menambang dengan PlayStation 5.

“Bahkan jika perangkat keras didedikasikan khusus untuk mining, sangatlah mustahil bahkan untuk meraih laju mining sekitar 50 MH/s,” kata Anton.

Nawala Karsa NK Kurio