Broadcasted by Galau Jikan FM

Masih Cuan! PlayStation 5 Terjual 20 Juta Unit di Seluruh Dunia!

Menuju dua tahun sejak rilis konsol terbarunya, Sony akan semakin dorong produksi PlayStation 5 pada tahun-tahun mendatang.

Adi Styadi
Playstation 5
FOTO: Reuters Edit: Nawala Karsa

Sejak rilis pada tahun 2020 lalu, konsol terkini produksi Sony, Playstation 5, menjadi tanda generasi baru dalam lanskap industri gim video.

Dengan embel-embel next-gen, para gamers sudah menunggu inovasi apa saja yang akan Sony hadirkan dalam konsol terbaru mereka. Baik dalam hal fitur, maupun performa.

Terlepas dari faktor pandemi dan kekurangan komponen chip selama dua tahun belakangan. PlayStation 5 baru saja menyentuh milestone terbaru mereka hari Jumat (3/6) lalu.

Melansir dari gameindustry.biz, penjualan Playstation 5 di seluruh dunia sudah menyentuh angka 20 juta unit secara keseluruhan.

Optimis terhadap angka ini, serta dengan faktor pandemi yang semakin terkendali, Sony merencanakan upaya penambahan produksi unit.

Veronica Rogers, kepala dari Global Sales and Business Operations Sony mengatakan: “Sony Interactive Entertainment (SIE) sudah menjual 20 juta konsol Playstation 5 dalam skala global.”

“Sejak perilisan PS5, tim kami telah bekerja giat untuk menghadirkan konsol gim next-gen yang dunia inginkan dan kami ingin berterima kasih atas dukungan para fans. Bagi mereka yang ingin mendapatkan konsol ini, kami merencanakan peningkatan pembuatan PS5 tahun ini secara signifikan.”

Veronica meyakinkan bahwa Sony memastikan jumlah stok PS5 akan tersedia bagi siapa saja yang ingin membelinya.

Playstation 5 Akan Susul PS4 Dalam 3 Tahun

Dapat dikatakan kalau peluncuran Playstation 5 terjadi dalam kondisi yang kurang menguntungkan.

Tahun 2020 adalah waktu ketika pandemi masih mencapai titik tinggi, dan dunia turut mengalami kekurangan pasokan chip.

Tahun 2021 juga belum menunjukan perbaikan, apalagi ketika varian Delta muncul, dan membuat jumlah penderita COVID-19 seluruh dunia semakin parah.

Berdasarkan bagan dari laporan terbaru Sony, PS5 sempat menyusul penjualan PS4 pada 2020 dengan selisih tipis.

Akan tetapi pada 2021, angka penjualan PS5 menurun karena isu stok, sementara penjualan PS4 justru meningkat.

Playstation 5

Sony memprediksi kalau situasi ini juga akan terjadi pada tahun ketiga sejak peluncuran Playstation 5.

Dengan jumlah library permainan PS4, serta servis-servis baru yang Sony tawarkan, Playstation 4 masih akan jadi jawara bagi kalangan gamers.

Beberapa pertimbangan yang Sony cantumkan dalam laporan antara lain adalah: efek COVID-19 terhadap komponen dengan contoh seperti situasi di Shanghai, serta situasi Russia terhadap logistik.

Menyikapi hal tersebut, Sony berupaya menanggulangi hal ini dengan memperbanyak jumlah supplier, serta melalui kanal negosiasi logistik.

Diharapkan, pada tahun keempat dan kelima sejak rilisnya PS5, konsol next-gen ini sudah siap untuk menerima tongkat estafet dari konsol pendahulunya, Playstation 4.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.