Tidak Eksklusif Lagi! Tiga Gim Persona Terbeken Ini Segera Hadir ke PC dan Xbox!

Kabar baik bagi penggemar Persona 3, Persona 4, dan Persona 5 yang telah lama menantikan gim ini masuk ke PC dan Xbox, mana yang mau kalian coba dahulu?

Matias Arvino Andrhasa
© ATLUS. © SEGA. All rights reserved.

Pada Minggu (13/6), developer untuk seri gim Shin Megami Tensei (SMT), Atlus, telah mengkonfirmasi kehadiran dari Persona 3, Persona 4, dan Persona 5 ke PC dan Xbox.

Tentunya kabar lewat siniar E3 showcase dari kanal YouTube Xbox ini sangatlah mengejutkan bagi semua yang menonton, terutama penggemar berat seri JRPG jaman milenial!

Hype yang sangatlah besar ini, karena ketiga seri ini juga memang punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Terlebih-lebih Persona 3 Portable dan Persona 5 Royal, yang saat ini akan segera hadir. 

Sedikit informasi, Persona 4 Golden ini sebenarnya telah masuk ke PC pada Juni 2020 tetapi hanya di Steam saja. Begitu pula dengan Persona 5 Rumble yang pernah juga hadir pada Februari 2021 lalu.

Namun, tetap saja bukan berarti Persona 3 dan Persona 5, tidak penggemarnya inginkan masuk ke PC.

Biar ingat kembali, yuk kita kenalan lagi dengan masing-masing judul seri populer ini!

Persona 3 Portable, Ingatlah Kematianmu

Persona 3 PC
© ATLUS. © SEGA. All rights reserved.

Seri Persona 3 ini, pertama kali hadir pada November 2009 silam untuk PSP dan PS Vita. Bagi kami sendiri, gim ini merupakan seri Persona pertama yang kami mainkan, jadi ada nostalgia tersendiri.

Dalam gim ini pemain dapat memilih gender dari sang protagonis, laki-laki dan perempuan.

Tema permainan berkisar pada butterfly effect, yang mencerminkan perubahan yang terjadi jika pemain mengejar jalan satu protagonis di atas yang lain. Selain itu terdapat frasa Latin “memento mori” yang secara harfiah berarti “ingat (bahwa Anda harus) mati,” seperti di pembukaan gim ini.

Hal yang bagi kami ini sangatlah menarik adalah dalam gim ini, kita akan berkenalan dengan kartu tarot, seperti The Sun, The Fools, The World, dll.

Persona 4 Golden, Saluran TV yang Membawa Ancaman

Persona 4 PC
© ATLUS. © SEGA. All rights reserved.

Pertama kali rilis pada tahun Juni 2012 lalu, untuk PS Vita. Gim ini merupakan sekuel dari Persona 3 dan cerita tambahan dari Persona 4.

Berkisah tentang sekelompok siswa sekolah menengah yang berurusan dengan saluran TV misterius yang hadir untuk mendistorsi dan membesar-besarkan kebenaran tentang siapa mereka dan identitas mereka.

Serangkaian pembunuhan aneh yang terkait dengan saluran TV mulai mengguncang kota mereka yang dulu damai. Mereka menjelajahi dunia misterius di dalam TV dan melakukan misi penyelamatan untuk menyelamatkan korbannya dari kematian.

Hanya dengan melihat melewati apa yang ada di layar, menemukan dan mengevaluasi kebenaran di antara segudang kebohongan. Mereka dapat berharap untuk menemukan pembunuh berantai dan menyelamatkan kota mereka.

Persona 5 Royal, Sang Phantom Thief yang Siap Mencuri Hati

Persona 5 PC
© ATLUS. © SEGA. All rights reserved.

Pastinya, inilah seri yang paling orang orang tunggu untuk masuk ke PC, Personal 5 Royal!

Memang banyak sekali yang mendambakan kalau seri ini segera hadir mengingat memang sepopuler itu. Karya penggemar dari seri satu ini juga tidak kalah banyak, membuktikan kalau seri ini memang sangat dicintai.

Pertama kali rilis Oktober 2019 untuk PlayStation 4 dan juga PlayStation 5 bersamaan dengan versi Rumble.

Bercerita tentang sang Phantom Thief yang mulai tercipta, protagonis (Joker) akan mengenal lebih banyak tokoh: Kasumi Yoshizawa, seorang siswa beasiswa tahun pertama yang baru terdaftar di Akademi Shujin dan seorang pesenam berbakat; dan Takuto Maruki, seorang konselor sekolah yang disewa untuk membantu para siswa setelah Kamoshida mengubah dirinya menjadi polisi.

Selama penjelajahan pertama sang Phantom Thief di Mementos, mereka juga bertemu entitas misterius dalam bentuk anak laki-laki yang dikenal sebagai Jose.

Selain memberikan layanan penting di Mementos, ia juga memberikan protagonis “Bintang Harapan” yang mampu membuat anggota party melakukan Showtimes.

Memang gim bergenre school simulator berkedok RPG ini memiliki waktu bermain yang sangat panjang, jadi baiknya NawaReaders bermain satu per satu untuk mendapatkan pengalaman penuhnya.

Bagaimana pendapat dari NawaReaders tentang Persona 3, Persona 4, dan Persona 5 yang akan masuk ke PC ini? Kira-kira manakah gim Persona yang akan kalian coba dahulu?

Tentunya, seri ini memang terlepas dari seri utamanya, Shin Megami Tensei, meski memiliki banyak elemen serupa. Namun, ada baiknya kita juga perlu tahu sekelumit judul dari serial gim tersebut, melalui artikel rekomendasi kami berikut ini!