Broadcasted by Galau Jikan FM

Playstation 4 Mah Lewat! Nintendo Switch Kalahkan Penjualan PS4 di Amerika Serikat

Memang kalau berbicara penggemar dari Nintendo, tidak mengherankan memang kalau konsol dan game-gamenya bisa laris manis di Amerika sana

Penjualan Nintendo Switch

Direktur eksekutif NPD Group, Mat Piscatella mengungkapkan pada Jumat (13/5) bahwa penjualan konsol Nintendo Switch telah melampaui Sony PlayStation 4. Dalam akun twitter Piscatella  Nintendo Switch mencetak sejarah penjualan sepanjang masa untuk menjadi konsol terlaris keempat di Amerika Serikat. Hal ini mengikuti Sony PlayStation 2, Microsoft Xbox 360, dan Nintendo Wii dalam hal penjualan seumur hidup di Amerika.

Nintedo Switch sekarang menjadi konsol terlaris keenam di Amerika Serikat di antara konsol rumahan dan konsol genggam.

Laku Keras di Seluruh Dunia!

Menurut Piscatella, penjualan perangkat keras video gim ini meningkat 16% pada April 2022 daripada April 2021, menghasilkan $343 juta. Penjualan perangkat keras di Amerika turun 9% menjadi $1,543 miliar dari Januari hingga April 2022 berbeda dengan periode yang sama pada tahun 2021.

Rilis pendapatan terbaru Nintendo untuk tahun fiskal 2021 mengumumkan pada hari Selasa (10/5) bahwa konsol satu ini telah terjual 107,65 juta unit di seluruh dunia. Hal ini pendapatan yang terhitung per April 2021 hingga Maret 2022.

Switch menjadikan konsol rumahan dan genggam terlaris ketiga di belakang Nintendo DS dan Game Boy.

Di sisi lain, Presentasi hasil keuangan terbaru Sony untuk tahun fiskal 2021 mengungkapkan bahwa mereka telah mengirimkan total 117,2 juta unit konsol PlayStation 4-nya. Penjualannya sendiri sekitar 100.000 unit terjual pada kuartal terakhir tahun fiskal 2021.

Sony berhasil mencetak angka penjualan 900.000 unit konsol PlayStation lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ketika mengirimkan 1 juta unit.

Di Balik Kesuksesan Penjualan Nintendo Switch

Nah, mengapa sih Switch jadi pilihan para gamer Paman Sam sejak rilis perdananya Maret 2017 lalu? Berikut ini adalah pengamatan kami beberapa faktor yang menyebabkan konsol Switch ini bisa merajai pasar konsol di Amerika.

Kurangnya Konsol Genggam di Pasaran

Kehadiran Switch ini menjadi kesegaran baru untuk pasar konsol genggam di kala Xbox dan Sony Playstation, bertarung untuk konsol rumahan. Selain membawa angin segar, Switch ini bisa jadi penawar rindu bagi pemain yang menginginkan konsol dalam genggaman. Terlebih-lebih karena salah satu konsol genggam Playstation, PS Vita juga sudah tidak berhenti produksi sejak Maret 2019.

Namun, memang tidak menutup fakta kalau saat ini, Switch sudah punya pesaing yaitu Steam Deck yang rilis pada Februari 2022 lalu. Bukan berarti hal buruk justru dengan banyaknya pilihan yang paling mendapat keuntungan adalah konsumen.

Apalagi sebelum Switch ini ada konsol yang mengalami kegagalan di pasar yaitu Wii U, sehingga membuat Nintendo tidak punya konsol baru untuk penggemarnya nikmati.

Masa Pandemi di Tahun 2020

Tidak bisa kita pungkiri kalau salah satu penyebab naiknya pamor dari konsol satu ini adalah pandemi COVID-19. Biarpun sempat terkendala dalam pendistribusian dan produksi di masa pandemi, tetapi tidak menutup kesuksesan lakunya konsol satu ini.

terlebih-lebih mengingat salah satu gim terpopuler mereka di masa itu yaitu Animal Crossing: New Horizons yang mendulang kesuksesan besar di masanya. Saat itu semua orang membicarakan hal tersebut mulai dari penggemar Nintendo sampai yang bahkan tidak tahu tentang satu itu.

Dalam gim Animal Crossing: New Horizons orang yang sebelumnya tidak bisa keluar dan isolasi mandiri, menggunakan gim ini sebagai media melepas rindu.

Eksklusivitas Gim-Gim Nintendo Switch

Gambar: IGN

Nintendo Switch memang terkenal dengan eksklusifitas gim-gim pihak pertama mereka, seperti salah satunya adalah Zelda: Breath of the Wild, atau mungkin Pokemon Sword and Shield. Semua itu hanya bisa para pemain temui hanya terbatas di konsol itu saja. Mengingat gim-gim tersebut hanya ada di sana tentunya menambah daya tarik pemainnya untuk membeli konsol satu ini.

Salah satu contoh saja, kita ambil dari salah satunya Animal Crossing: New Horizons tadi yang terbilang sangat sukses. Itu belum termasuk dari waralaba gim lainnya, seperti Shin Megami Tensei, Kirby, Fire Emblem dan lain sebagainya.

Memang berbicara kalau sudah berbicara tentang Nintendo terlebih konsolnya, Switch dan gim-gimnya, tidak akan mengejutkan jika penjualan di pasar laku keras. Baca juga rekomendasi gim Switch dari kami, lewat pranala berikut ini!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.