Broadcasted by Galau Jikan FM

Motivasi Menghentikan Pandemi, Plague Inc Merilis Mode The Cure

Avatar
Plague Inc the cure
Plague Inc merilis mode The Cure (Youtube/IPlay)

Siapa yang tidak kenal dengan game Plague Inc? Game simulasi menyebarkan virus ke penjuru dunia yang sempat viral tidak lama setelah pandemi COVID-19 dimulai kini merlilis mode baru yaitu The Cure.

Plague Inc Merilis Mode Baru, The Cure

Mode The Cure dibuat sebagai bentuk upaya pengembang game tersebut untuk mensimulasikan kehidupan nyata. Game ini menggunakan pendekatan mutifaset dan sudah diakui para ahli yang diperlukan untuk menghentikan pandemi.

Pada mode tersebut, pemain diharuskan melakukan beberapa tahapan dalam mengembangkan obat atau vaksin. Mulai dari meneliti asal muasal penyakit, mengikuti jejak penyebaran penyakit, dan mengembangkan vaksin.

Bukan Sebagai Model Ilmiah

Walau demikian, pengembang game tersebut mengingatkan pemain bahwa metode yang dilakukan pada game tersebut tidak bisa dijadikan model ilmiah meski sudah diakui para ahli, namun setidaknya metode yang ada pada game tersebut dapat menggambarkan secara singkat tentang apa saja yang harus dilakukan untuk menghentikan suatu pandemi pada masyarakat awam.

Ndemic Creations selaku pengembang game Plague Inc mengatakan bahwa mode The Cure akan dipasarkan secara gratis hingga pandemi COVID-19 berakhir. Mode tersebut sudah tersedia pada platform ponsel seperti Android dan iOS, untuk platform PC dan konsol akan segera menyusul.

Mengenal Game Plague Inc

Plague Inc. adalah game simulasi real-time strategi yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh studio game asal Inggris bernama Ndemic Creations. Pemain bisa membuat dan evolusi-kan virus kalian sendiri untuk memusnahkan populasi manusia di seluruh dunia. Game ini sangat kompleks dan realistik dengan bagaimana proses pencegahan dan pengobatan virus berbahaya di dunia.

Dikutip dari KnowYourMeme, game tersebut sebenarnya terinspirasi dari game berbasis flash yang dirilis pada tahun 2008 bernama Pandemic II yang dikembangkan oleh Dark Realm Studios. Game tersebut dirilis untuk iOS pada tanggal 26 Mei 2012, disusul untuk Android pada tanggal 4 Oktober di tahun yang sama.

Game tersebut mendapat sambutan yang cukup baik baik di kalangan gamer hingga kritikus, dimana game tersebut mendapat nilai 80/100 di situs Metacritic. Game tersebut juga sempat meraih posisi runner up dalam acara IGN 2012 Award dalam kategori “Best Strategy Game“.

 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.