Salah satu perusahaan ponsel ternama dunia, Xiaomi, perkenalkan sebuah konsep smartphone dengan layar yang melengkung pada keempat sisinya. Pengumuman fitur yang dinamakan teknologi layar Quad-curved ini diumumkan pada (5/2) kemarin lewat blog resmi Xiaomi.

Konsiderasi Pengembangan Teknologi Layar Quad-curved

Untuk desain layar Quad-curved dari Xiaomi ini meliputi dimensi lengkung 88 derajat, yang mengkopropasi seluruh badan smartphone, menyerupai tampilan seperti air terjun. Tentunya dikelilingi layar sentuh yang port free dan tanpa tombol fisik, menyodorkan desain unibody yang futuristik.

Mengingat produksi layar fleksibel menjadi hal lazim, tantangan dalam industri saat ini adalah menghasilkan layar kurvatur untuk semua sisinya. Apalagi perlu mendalami proses penyatuan integrasi dengan badan smartphone.

Proses produksi untuk mendapatkan layar dengan empat sisi melengkung dimulai sejak pembentukan lapisan layar dengan tekanan dan suhu di bawah 800° C. Diikuti dengan pemolesan dengan peralatan yang dibuat secara khusus berikut 10 prosedur pemolesan yang terbilang rumit.

Seperti yang NawaReaders ketahui, bentuk layar adalah faktor penting dalam menentukan perwujudan smartphone di masa mendatang. Inovasi teknologi layar lengkung di empat sisi ini diprediksi membuka kesempatan serta kemajuan penting untuk sambut generasi smartphone tanpa lubang kabel.

Resmi Paten Demi Dedikasi Inovasi

Xiaomi layar quad-curved
Xiaomi

Melalui 46 paten teknologi yang dikembangkan sendiri, tombol fisik bisa dihilangkan dan fungsinya direplikasi dengan cara lain yang lebih elegan. Sejumlah solusi lainnya juga diperkenalkan seperti kamera bawah layar generasi ketiga, pengisian daya nirkabel, chip eSIM, sensor sentuhan, dan teknologi lainnya yang menghasilkan perangkat yang visioner dan intuitif.

Xiaomi sendiri mengatakan bahwa Inovasi ini merupakan upaya berkesinambungan untuk mendorong batas dari desain smartphone klasik. Persisnya, ponsel terbaru mereka nantinya didesain sesederhana mungkin sekaligus mewujudkan fitur “layar sepenuhnya” menjadi kenyataan.

Mengenai Xiaomi

Didirikan pada April 2010 pertama kali di Beijing, Tiongkok, Xiaomi merupakan perusahaan internet dengan smartphone dan smart hardware yang terhubung oleh platform IoT sebagai intinya. Visi mereka adalah untuk menjadi sahabat bagi para penggunanya dan menjadi “coolest company” di hati para penggemarnya. Oleh karena itu, Xiaomi berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi, dengan selalu berfokus pada kualitas dan efisiensi.

Hingga kini, lini produk Xiaomi hadir di lebih dari 90 negara serta telah menjadi pemimpin di berbagai pasar global.

Contributor
Do you like Seno Triadi's articles? Follow on social!
Nawala Karsa NK Kurio