Game Touhou Hyouibana: Antimony of Common Flowers Akan Hadir di PS4, Switch

Nadia Theresa Johari
the antimony of common flowers

Ada kabar baik buat kalian para penggemar Touhou Project. Pada Senin kemarin (15/2), perusahaan penerbitan gim indie Phoenixx mengumumkan bahwa mereka akan merilis proyek ke-15.5 dari serial gim Touhou. Proyek ini berupa game baru berjudul Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~ untuk PlayStation 4 dan Switch.

Telah dirilis sebelumnya

Sebelumnya, gim Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~ telah dirilis pada tahun 2017 lalu di gelaran Comiket ke-93. Dalam acara tersebut, gim ini dikenalkan sebagai gim dengan mode dua lawan dua yang dapat dimainkan di PC.

Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~ juga telah dirilis di seluruh dunia pada tahun 2018 melalui aplikasi Steam, kendati tidak ada bantuan atau subtitle yang disediakan dalam bahasa Inggris. Staf produksi gim ini baru mengumumkan lebih lanjut pada 2019 bahwa mereka tengah mengerjakan Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~ untuk dapat dirilis di PlayStation 4 dan Switch.

Mode Permainan

Gim ke-15.5 dari serial Touhou ini memiliki berbagai mode permainan yang unik di dalamnya, termasuk di antaranya mode solo story. Namun, mode permainan yang satu ini membuat Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~ menjadi makin populer adalah mode versus.

Mode versus ini memungkinkan para pemain untuk menembakkan serangan ke segala arah dengan tidak hanya menggunakan teknik yang ada di dalam gim. Pemain Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~ juga dapat menggunakan teknik khas gim-gim Touhou sebelumnya, yaitu teknik bullet-hell.

Touhou Hyouibana: The Antimony of Common Flowers bakal rilis pada Musim Semi 2021

Game Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~ direncanakan akan dirilis di konsol PlayStation 4 dan Nintendo Switch pada musim semi 2021. Meski Phoenixx belum memberi detail terkait tanggal perilisannya, musim semi yang akan menjadi semakin dekat dalam beberapa bulan ke depan ini tentunya dapat membuat para fans Touhou antusias untuk menyambut gim ini.

Tentang Project Touhou

Touhou atau Touhou Project adalah sebuah serial gim bullet-hell yang pertama kali dikembangkan oleh Team Shanghai Alice. Serial ini muncul dan mulai dikenal publik pada tahun 1997 dan semua aspek dalam proyek ini, termasuk di antaranya programming, grafik, cerita, dan juga musik dibuat secara independen oleh Junya “ZUN” Ota.

Serial gim pertama dalam Touhou Project adalah Highly Responsive to Prayers ~Touhou Reiiden~ yang dirilis pada tahun 1997. Meskipun pada saat itu gim tersebut diciptakan untuk komputer berjenis PC-98, berbagai gim dalam proyek tersebut terus berkembang dan beradaptasi dengan berbagai teknologi gim yang ada sekarang. Hal ini dimulai dengan perilisan Embodiment of Scarlet Devil pada tahun 2002 untuk komputer Windows.

Selain Touhou Hyouibana ~The Antimony of Common Flowers~, gim-gim dalam Touhou Project terbaru lainnya adalah Hidden Star in Four Seasons (Touhou Tenkuushou), Violet Detector (Hifuu Nightmare Diary), dan Wily Beast and Weakest Creature (Touhou Kikeijuu). Touhou Gouyoku Ibun ~Suibotsushita Chinshuu Jigoku~ yang menjadi proyek ke-17.5 dan merupakan proyek kerja sama Team Shanghai Alice dan Twilight Frontier masih dalam status akan segera dirilis.