Broadcasted by Galau Jikan FM

Dirombak Total, Apa Saja Fitur Baru Playstation Plus Tawarkan Kepada Pelanggannya Nanti?

Adi Styadi
Playstation Plus
Sony

Bulan lalu, Sony mengumumkan pembaruan terhadap servis Playstation plus mereka. Alih-alih menjadi servis esensial untuk memainkan gim yang perlu koneksi internet, Sony memutuskan untuk membagi Playstation Plus dalam 3 tier. Masing-masing punya harga dan tingkat layanan yang berbeda pula.

Sony menjanjikan servis ini akan segera datang pada musim panas tahun ini. Berdasarkan Informasi dari Playstation Blog, Asia akan jadi region pertama yang bisa segera mengakses Playstation Plus baru dengan segela benefitnya pada 23 Mei 2022.

Sementara, Jepang memiliki waktu eksklusif untuk implementasi servis ini. Berselang satu minggu dari region Asia, Playstation Plus baru bisa dinikmati pada Rabu (1/6).

Wilayah Amerika baru bisa mengakses servis ini pada Senin (13/6), sementara Eropa berada di urutan akhir pada Rabu (22/6).

NEW Playstation Plus, Perubahan yang Wajar?

Mengganti servis Playstation saat ini, Sony akan menawarkan tiga tingkat dengan benefit dan harga berbeda pula.

Playstation Plus
Sony

Pertama, ada Playstation Plus Essential. Bentuk paling murah dari layanan ini. Sony menjelaskan bahwa versi Essential akan punya benefit sebagai berikut:

  • Gim gratis selama dua bulan
  • Diskon eksklusif
  • Akses save cloud
  • Akses Multiplayer.

Harga untuk tier Essential ini adalah 9.99 USD (150 ribu Rupiah) perbulan, 24.99 USD (360 ribu Rupiah) per 3 bulan, dan 60 USD (800 ribu Rupiah) per tahun.

Kedua, adalah Playstation Plus Extra, dengan benefit berikut:

  • Seluruh benefit tier Essential
  • Katalog hingga 400 gim gratis dari PS4 dan PS5 untuk kamu mainkan secara gratis. Termasuk judul-judul blockbuster.

Harganya adalah 15 USD (200 ribu Rupiah) perbulan, 40 USD (500 ribu Rupiah) per 3 bulan, dan 99.99 USD (satu juta Rupiah) pertahun.

Playstation Plus
Sony

Terakhir, adalah Playstation Plus Premium dengan harga dan benefit paling tinggi. Keuntungan bagi pelanggan yang akan dapatkan adalah sebagai berikut:

  • Seluruh benefit dari Essential dan Extra bisa dinikmati di servis Premium.
  • Akses untuk berbagai gim dari era PS3, PS2, PSP, dan PS4. Beberapa judul akan mengandalkan cloud-streaming, sementara yang lain bisa didownload langsung.
  • Trial game eksklusif yang bisa pemain coba sebelum membeli.

Sony membiayai servis Premium sebesar 18 USD, atau 260 ribu Rupiah perbulan. Sementara paket setahunnya, seharga 120 USD, atau lebih dari satu setengah juta Rupiah.

Dengan variasi harga dan benefit yang ditawarkan, rasanya sayang bagi pemilik Playstation untuk melewatkan servis ini. Belum lagi, dengan puluhan judul gim yang bisa mereka mainkan hanya dengan berlangganan.

Sebelumnya awal 2022 ini, Xbox, memiliki servis serupa dengan nama Game Pass yang akhir-akhir ini mulai masuk ke region asia tenggara. 

Akan tetapi, bukan berarti Sony bakal menghiraukan penjualan gim konvensional, buktinya, ada berbagai judul menarik yang mereka tampilkan di State of Play tahun ini!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.