Broadcasted by Galau Jikan FM

Beda Sama Three Houses! Sejumlah Aspek Ini Dikenalkan di Fire Emblem Engage

Fire Emblem Engage yang diumumkan lewat Nintendo Direct Rabu lalu perkenalkan sejumlah gameplay yang berbeda dengan prekuelnya. Apa saja?

Adi Styadi
fire emblem engage
Artwork perdana Fire Emblem Engage, oleh ilustrator Mika Pikazo. | FOTO: dok, Nintendo

Sejak Fire Emblem Awakening sukses tujuh tahun lalu, seri ini masuk dalam jajaran game-game eksklusif yang cuma bisa dimainkan melalui konsol Nintendo.

Namun yang paling penting, keberadaan Awakening juga membuka pintu untuk judul-judul Fire Emblem baru; Engage adalah salah satunya.

Pada pengumuman Nintendo Direct Rabu (14/9) lalu, Fire Emblem Engage akhirnya menampilkan dirinya setelah menjadi rumor selama beberapa bulan terakhir.

Dirumorkan kalau Intelligent System sudah menyelesaikan judul mainline baru dari Fire Emblem.

Bersama dengan screenshot yang menunjukan desain karakter, terdapat info protagonis dapat memanggil karakter-karakter dari judul Fire Emblem sebelumnya. Kedua rumor tersebut terbukti benar.

Apa yang membuat Fire Emblem Engage beda dengan Fire Emblem Three Houses yang rilis 3 tahun lalu?

Kali ini, Nawala Karsa bakal menjelaskan dari informasi yang sudah beredar saat ini!

Dunia Baru yang Lebih Cerah dan Berwarna

Fire Emblem Engage
Keterlibatan staff GUST dari seri Atelier terlihat dari desain kota yang lebih fantasi. | FOTO: dok. Nintendo

Dunia Fire Emblem selalu mengambil latar dunia high-fantasy yang berisi kerajaan-kerajaan, lengkap dengan intriknya satu sama lain.

Tema ini menjadi lebih vokal di Fire Emblem: Three Houses, dimana rute cerita jadi berbeda, tergantung pihak mana yang pemain pilih.

Karena cerita politik dan peperangan yang berat, tidak heran kalau Fire Emblem: Three Houses punya dunia yang terkesan ‘realistis’ dibanding JRPG lainnya.

Garreg Mach di Three Houses contohnya, yang sangat mirip dengan benteng-benteng Eropa abad pertengahan.

Sementara, Intelligent System tampaknya memutuskan untuk ganti suasana di Engage ini.

Berdasarkan cuplikan permainan dari trailer, dunia di Engage tampak lebih cerah, baik dalam arena pertarungan maupun kota yang bisa pemain kunjungi.

Menghimpun Kekuatan Dari Karakter Seri Fire Emblem Lain!

fire emblem engage
Di Engage, pemain bisa memanggil karakter Fire Emblem sebelumnya. | FOTO: dok. Nintendo

Perlu NawaReaders ketahui, sistem ini bukan seperti gim gacha Fire Emblem Heroes, ya!

Mekanisme pemanggilan karakter, atau Emblem ini sudah terintegrasi dengan lore yang ada dalam permainan.

Emblem yang pemain panggil akan bertarung bersama protagonis dan tampaknya bisa memberikan power up serta jurus spesial.

Sejauh ini, Emblem yang tampil di trailer adalah Marth dan Sigurd, karakter dari seri Fire Emblem yang rilis tahun 90-an.

Selain protagonis, sekutu lain tampaknya juga bisa berpasangan dengan para Emblem tersebut, selama mereka memakai cincin dari masing-masing Emblem.

Tampaknya, mekanisme ini bakal menggantikan mekanisme Gambit & Batallion dari Three Houses.

Tidak Ada Lagi Rute Cerita?

fire emblem engage
Wujud manusia dari Naga yang akan jadi tokoh sentral? | FOTO: dok. Nintendo

Fire Emblem Three Houses memiliki tiga rute cerita yang masing-masing menghabiskan waktu lebih dari sepuluh jam.

Bagi para fans, multiple ending sepertinya jadi salah satu hal yang diharapkan di Fire Emblem, tapi berdasarkan leak yang sama, Fire Emblem Engage sepertinya tidak akan memiliki rute bercabang!

Melihat ke belakang, trailer Fire Emblem: Three Houses menunjukan perselisihan yang terjadi antar tiga kubu tanpa memperlihatkan sosok musuh utama dalam permainan.

Hal ini berbeda dengan FE Engage yang langsung menunjukan sosok antagonis utama, seorang Fell Dragon yang juga menunjukan wujud manusianya.

Trailer kemarin juga belum menunjukan wilayah apa saja yang ada di dunia Elyos, dan apakah mereka berperang satu sama lain.

Bisa juga kita tidak akan memilih kubu, namun tetap ada variasi akhir cerita seperti yang terjadi dalam Fire Emblem Awakening.

Oleh karena itu untuk hal ini, kita memang harus menunggu info terbaru dari Nintendo.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara Fire Emblem Engage dan Fire Emblem Three Houses.

Dunia yang lebih berwarna, mekanisme baru, serta keputusan direksi baru bakal membentuk bagaimana Engage akan berakhir di hati para fans.

Apa kamu berencana untuk pre-order Fire Emblem Engage? Bagikan pendapatmu di kolom komentar lewat laman media sosial kami serta Discord ini, ya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.