Electronic Entertainment Expo atau E3 mengumumkan lebih banyak nama-nama developer video gim yang akan hadir pada event online bulan Juni 2021 nanti. Nama-nama pengembang tersebut adalah: Bandai Namco Entertainment, Binge.com, Devious Eye Entertainment, Freedom Games, Gearbox Software, Sega, Square Enix, Turtle Beach, Verizon, serta XSEED Games, dan Marvelous USA.

Pameran video game ini akan semakin meriah setelah sebelumnya telah mendaftarkan nama-nama pengembang besar. Capcom, Microsoft, Ubisoft, Warner Bros Interactive, dan Take Two Interactive dipastikan hadir. Sayangnya Konami yang sebelumnya masuk daftar, harus mengundurkan diri karena merasa belum siap mengumumkan produk mereka.

E3 merupakan salah satu ajang pameran video gim yang paling bergengsi. Setiap tahun, berbagai pengembang berkumpul pada acara ini untuk mengumumkan rilisan terbaru, atau hal menarik lainnya. Akan tetapi, tahun 2020 lalu, ajang ini sempat absen karena pandemi COVID yang membatasi penerbangan dan melarang kerumunan.

Tahun ini, E3 akan kembali lagi, namun melalui konsep yang berbeda karena menyesuaikan dengan kondisi dunia yang masih terpukul pandemi. Event ini akan dilaksanakan secara digital-only pada tanggal 12 hingga 15 Juni 2021.

Stanley Pierre-Louis, president serta CEO dari asosiasi penyelenggara E3 mengungkapkan harapannya pada ajang bergengsi yang sempat absen ini.

“Dengan semakin banyak publisher, sponsor, dan partner yang mendaftar, E3 akan melanjutkan warisannya sebagai ajang pengumuman pertama berbagai judul gim.”

Karena akan dilaksanakan secara daring, ada harapan besar kalau E3 tahun ini bisa ditonton pada waktu yang sama oleh orang dari seluruh dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Entertainment Software Association (ESA) melakukan kerja sama dengan media-media video gim besar seperti PC Gamer, Gamesradar+, Gamespot, Polygon, serta IGN.

Pembatalan E3 Pertama selama 24 Tahun

Tahun lalu, E3 2020 yang seharusnya diadakan pada Los Angeles California memberi kabar mengejutkan bahwa pameran tersebut dibatalkan. Awalnya kabar bermula dari rumor berbagai pihak yang dekat dengan ESA. Beberapa waktu kemudian, barulah kabar resmi diumumkan oleh panitia event.

Pembatalan E3 2020 merupakan pembatalan pertama sejak 24 tahun event tersebut hadir setiap tahunnya. Menghadapi hal tersebut, berbagai publisher dengan nama besar akhirnya berinisiatif untuk mengumumkan judul produk baru lewat event digital eksklusif mereka sendiri.

Diharapkan E3 2021 dapat menghadirkan pengalaman yang serupa seperti E3 sebelumnya, dengan jumlah developer gim yang beragam dan pengumuman yang menarik.

Nawala Karsa NK Kurio