Cytus 2 Kolaborasi dengan Arknights, Lagu-lagu Ini Wajib Masuk!

Adi Styadi
Cytus

Cytus 2, gim rythm untuk platform android dan iOS baru saja memberikan informasi mengejutkan kemarin. Melalui post artwork yang diunggah oleh fanspage resminya, gim besutan Rayark ini akan menyelenggarakan kolaborasi dengan gim gacha Arknights!

Diposting pada 2 Desember 2021, artwork yang diunggah oleh halaman resmi Cytus menunjukan rambut dan tangan seorang karakter tanpa wajah.

Akan tetapi pemain Arknights dapat dengan mudah mengenali karakter kolaborasi yang diumumkan oleh pengembang Cytus 2 tersebut dari jumlah cincin yang dipakai, serta gaya pakaian dan rambut.

Diperkuat dengan copyright Rayark dan Hypergryph, dipastikan dua judul ini akan menyelenggarakan semacam kolaborasi.

Cytus 2 Wajib Masukin Soundtrack-Soundtrack Ini di Kolabnya!

Cytus

Di permukaan, Arknights sudah berbeda dibanding judul gim gacha lainnya. Dengan mengambil genre tower-defense sebagai mekanisme utama, gim ini punya niche nya sendiri untuk mereka yang lebih suka aspek strategi dalam permainan.

Tapi selain gameplay yang unik, Arknights punya daftar lagu original yang kualitasnya nggak main-main!

Hypergryph mampu menyewa musisi dan komposer papan atas seperti Go Shiina (God Eater, Kimetsu no Yaiba) untuk musik dalam gim. Ada juga lagu-lagu eksklusif hasil kolaborasi dengan artist-artis berbakat lainnya, seperti Dim Mak, Steve Aoki, dan DJ Okawari.

Nah dengan banyaknya lagu baik dari OST ataupun kolaborasi dari artist-artist tersebut, Rayark punya segudang pilihan buat masukin musik-musik Arknights dalam Cytus. Tapi secara pribadi sih, penulis ingin banget lagu-lagu berikut masuk dalam kolaborasi Cytus x Arknights ini!

Starset – Infected

Band rock Starset asal Amerika ini punya peran besar, dalam membawa Arknights ke pasar global. Lagu mereka dengan judul Monster digunakan Hypergyph sebagai material promosi dalam trailer awal Arknights, dan mendapat respon yang cukup positif dari pemain di seluruh dunia.

Pada ulang tahun kedua Arknights server CN tahun ini, Starset merilis lagu baru yang sangat cocok dengan tema dunia dalam Arknights. Lagu ini kembali dipakai dalam trailer spesial yang semakin banyak menguak kisah baru di dunia Terra.

D.D.D – Ready?

Salah satu hal paling menarik dalam kisah Arknights, adalah keberadaan label musik bernama Monster Siren yang dimiliki oleh karakter penguin bernama Emperor. Di dunia nyata, kamu bisa menemukan kanal youtube dari label ini, dan mendengarkan musik-musik resmi yang ada di gim Arknights.

D.D.D adalah seorang DJ yang muncul pada event-event musim panas. Ready adalah salah satu judul lagunya yang jadi opsi musik tema pada summer event Arknights pertama, bersama dua pilihan musik lainnya.

Substantial/X.ARI/Jason Walsh – Renegade

Kehadiran karakter bernama W dalam roster playable character adalah momen menarik bagi para pemain, membuka kemungkinan bahwa tokoh-tokoh yang pernah dilawan punya kemungkinan untuk direkrut dan digunakan untuk menyelesaikan stage.

Lagu tema yang dibawakan untuk W juga cocok banget dengan perangainya sebagai tokoh antagonis dan tidak kenal takut. Rap yang dibawakan Substantial, dan vokal oleh X.ARI juga membawa impresi karakter yang sangat kuat.

Steven Grove – El Brillo Solitario, Lagu Mengesankan dari Arknights

Jika ada hal yang mengesankan tentang Hypergyph, developer ini berani untuk menggunakan berbagai variasi musik untuk Arknights, mulai dari rock, hip-hop, pop, atau electric.

Kali ini, untuk musik tema karakter bernama Thorns, Hypergryph menggunakan musik beraliran flamenco instrumental dari Spanyol. Mendengarkan lagu ini rasanya seperti membayangkan Thorn sedang mengalahkan musuh-musuhnya dengan destreza ala Iberia.

Lagu-lagu Tema dari Event Contingency Contract

Contingency Contract (disingkat CC) adalah event endgame dalam Arknights dimana pemain bisa memilih sendiri tantangan mana saja yang ingin mereka taklukan. Tapi selain berbagai reward menarik, ada lagi aspek yang ditunggu-tunggu: musik lobby event!

Masing-masing CC punya tema cerita dan musiknya sendiri. Artinya setiap pemain pasti punya preferensi musik CC yang mereka suka, seperti heavy metal, rock, pop, dan dubstep.

Masih Menunggu Tanggal Main Kolaborasi Cytus 2 x Arknights

Sayangnya, selain unggahan artwork, belum ada informasi tambahan mengenai kapan kolaborasi ini diselenggarakan. Dari pihak Arknights juga tidak ada pengumuman baru, mengindikasikan bahwa kolab sepertinya cuma diperuntukan untuk Cytus 2.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa membeli Cytus 2 di Playstore atau Appstore seharga tiga puluh ribu rupiah. Tapi siap-siap dana sekitar seratus hingga dua ratus ribu, karena lagu-lagu kolaborasi ini kemungkinan bakal terkunci di balik paywall!