CD Projekt Akui Ada Masalah dalam Gim Cyberpunk 2077

masalah cyberpunk 2077 cd projekt red hacker

Melalui pernyataan resmi lewat media platform video YouTube, pemrakarsa sekaligus CEO dari studio CD Projekt, Marcin Iwinski, mengaku bahwa tim developer mengalami masalah dan kendala dalam pengembangan Cyberpunk 2077.

Dalam video tersebut, Ia berterus terang tentang beberapa aspek yang dihadapi selama pengembangan gimnya untuk versi PC dan platform konsol gim.

CD Projekt Red mengaku ada masalah di Cyberpunk 2077 versi konsol!

Melalui kanal YouTube Cyberpunk 2077, direktur dari studio pengembang video game dari Polandia, CD Projekt Red (CDPR). angkat bicara, dalam tajuk video, “Our Commitment to Quality“. Marcin Iwinski, selaku CEO dari studio tersebut mengakui memang ada banyak kecerobohan di tengah pengembangan gim yang dirilis pada (10/12) tahun lalu.

Iwinski pernah terlibat dalam pengembangan serial gim trilogi The Witcher yang merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama. Sejauh ini, hanya The Witcher dan Cyberpunk 2077 yang diproduksi oleh studio tersebut.

Daftar masalah pengembangan Cyberpunk 2077 dihadapi!

Daftar pertanyaan terpisah pun disiapkan oleh pihak CDPR untuk mengetahui lebih lanjut tentang kendala yang dihadapi tim produksi gim Cyberpunk 2077 tersebut.

Berikut beberapa pertanyaan yang disampaikan melalui video tersebut, disalin ke dalam situs resminya:

Kendala seputar pengembangan gim

scene cyberpunk 2077

Mengapa terjadi gap antara versi PC dengan konsol generasi lama?

Cyberpunk 2077 memiliki cakupan yang sangat luas dengan beragam elemen, mekanisme dan sistem interaksi. Secara hardware gimnya tidak dapat berjalan sempurna dimana Kami mengembangkan gimnya dimainkan dengan ringan. Tetapi Kami telah usahakan untuk membangun sebuah kota dan lingkungan yang dapat dijamah tanpa menemui layar loading. 

Kami persulit diri Kami sendiri lantaran mencoba mengatur spesifikasi gimnya agar terlihat spektakuler di platform konsol maupun PC. Mulanya Kami mengira pekerjaan ini dapat dilakukan dengan mudah, dengan buat gimnya untuk PC, kemudian menuju konsol gim, terutama yang generasi terdahulu. Namun menyadari ketimpangan antara spesifikasi di tiap platform tersebut membuktikan bahwa Kami meremehkan permasalahan tersebut. 

Apa kendala utama yang ditemui ketika menyadari pengembangan gim untuk versi konsol terbilang sulit?

Permasalahan utama yaitu meningkatkan sistem streaming di konsol terdahulu secara konstan. Streaming memakan banyak mesin dari spesifikasi sebuah konsol gim yang berpengaruh kepada mekanisme gimnya sendiri. Dengan adanya penempatan konten berupa kota dan lingkungannya dan keterbatasan alokasi penyimpanan gim di konsol generasi lama, hal ini selalu menjadi tantangan buat tim pengembang Kami.

Sudahkah Anda melakukan uji coba gimnya di platform konsol terdahulu?

Sudah. Ternyata uji coba gimnya tidak menunjukkan banyak kendala yang tidak berarti. Mendekati hari peluncurannya, Kami tetap melakukan modifikasi perbaikan secara signifikan setiap hari. Kami juga percaya diri bahwa Kami akan mendistribusikan zero update sehari sebelum peluncurannya.

Umpan balik dari media dan langkah penyempurnaan

Bagaimana dengan beberapa pengulas yang terbelah menjadi dua sisi?

Kami telah memulai kirimkan sekian kopi gim versi PC untuk diulas media mulai minggu pertama Desember. Pas hari peluncurannya pada (10/12), gimnya disambut sangat baik dari beberapa review di media. Meskipun terkesan jauh dari sempurna, versi inilah yang membuat Kami dari kru perusahaan merasa bangga hingga kini.

Ketika saat itu mulai proses review untuk platform konsol, Kami bekerja keras untuk meningkatkan kualitas gim untuk versi konsol. Setiap Kami kerjakan pengembangan versi day zero update tampak adanya peningkatan yang baik. Maka dari momen itu, Kami putuskan untuk kirim kopi review versi konsol pada (8/12) yang dimana lebih lambat dari yang kita rencanakan.

Apa yang Anda telah lakukan sejak peresmian gim agar membuatnya lebih baik?

Prioritas Kami adalah membersihkan bug di Cyberpunk 2077 sejak pertama kali rilis. Kami telah merilis tiga hotfix yang membuat mekanisme gimnya semakin membaik, tetapi pengembangan selanjutnya baru saja dimulai.

Apa yang Anda akan lakukan untuk membetulkan gim Cyberpunk 2077?

Kami prioritaskan untuk menangani sekian macam bug dan keluhan game crash di beberapa pemain di tiap platformnya. Nantinya pembetulan akan didistribusikan dengan bentuk patch yang dirilis secara berangsur-angsur, baik dalam ukuran besar maupun kecil. 

Update pertama akan dimuncul dalam 10 hari dan disusul oleh pemutakhiran signifikan yang lebih besar beberapa minggu kedepan. Rencana untuk mendukung Cyberpunk 2077 dalam jangka panjang tidak berubah. Kami Akan terus untuk memberitahu sejumlah update dan patch agar pemain untuk semua platform dapat menikmati gimnya.

Konten terbaru untuk Cyberpunk 2077

cyberpunk 2077 roadmap

Anda pernah mengatakan bahwa akan ada DLC gratis yang dirilis pada awal 2021. Apakah ini akan berpengaruh kepada gimnya?

Layaknya gim kami sebelumnya, The Witcher 3, Kami masih rencanakan untuk merilis DLC gratis di Cyberpunk 2077. Meskipun demikian, Kami rasa perlu untuk mengerjakan beberapa bug fix dan sekian update yang akan dipersiapkan. DLC akan Kami luncurkan setelahnya, yang akan Kami ungkap kontennya beberapa bulan kedepan.

Kapan Cyberpunk 2077 untuk konsol generasi terbaru dapatkan update?

Bagi pemain yang memainkan gim tersebut dalam platform demikian melalui sistem backwards compatibility, Kami rencanakan untuk keluarkan update gratis tahun ini. Konten tersebut rencananya akan didapatkan pada paruh 2021 dan Kami informasikan tentang hal tersebut lebih lanjut.

Jadi, apakah tim pengembang Anda saat ini sedang bekerja keras untuk menyelesaikan patch untuk gim tersebut?

Mereka sedang berusaha sekuat mungkin untuk membawakan sejumlah bug fix untuk diaplikasikan ke dalam gim tersebut. Namun, Kami juga usahakan untuk menjaga work-life balance untuk proyek-proyek kami kedepannya sebagai salah satu prioritas utama.

Lain-lain

Kapan gimnya akan kembali dijual di toko daring PlayStation Store?

Saat ini Kami sedang merampungkan bug fix dan update untuk versi konsol. Kami juga koordinasi terus bersama Sony agar gim Cyberpunk 2077 bisa kembali ke dalam PlayStation Store sedini mungkin.

Bagaimana status dari gagasan Help Me Refund?

Inisiatif tersebut masih berlangsung sesuai rencana dan saat ini sudah terkirim ganti rugi pada gelombang pertama.

Akankah masalah Cyberpunk 2077 tetap berlanjut?

Bagi para video gamers yang telah menunggu lama sejak pertama muncul lewat cuplikan trailer taun 2013, Cyberpunk 2077 menjadi gim yang sangat dinantikan untuk dimainkan di platform PC maupun konsol. Lepas peluncurannya pada (10/12) silam, beberapa komplain berikut keluhan bug yang tak dapat ditolerir sudah menjadi pekerjaan rumah bagi developer di CDPR.

Meskipun sudah mencetak rekor di Steam sebagai judul gim terlaku untuk platform PC, CDPR masih harus menghadapi beberapa gugatan dari investor yang tidak puas akan hasil jadi gimnya di konsol. Terlebih, beberapa kali pihak pengembang mengulur waktu perilisan yang dulu dijanjikan pertama kali saat E3 2019 yaitu awal 2020, sehingga kejadian ini dimanfaatkan para fansnya untuk jadikan momen ini sebagai tambang meme.

 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.