Angry Birds Kembali! Rovio Siap Hadirkan Lagi Game Original-nya!

Adi Styadi
Angry Birds

Angry Birds adalah salah satu judul yang jadi saksi kebangkitan mobile gaming untuk kalangan pengguna ponsel. Berkat revolusi ponsel pintar yang mempopulerkan teknologi sentuh, ada berbagai jenis permainan yang hadir dengan mekanisme baru.

Salah satunya, adalah permainan ketapel buatan Rovio satu ini, dimana kamu akan melontarkan sekumpulan burung yang marah, karena telur-telur mereka dicuri oleh sekelompok babi berwarna hijau.

Gim ini kemudian semakin populer sejak rilis pada tahun 2009. Seiring waktu, ada versi-versi baru yang dirilis oleh pengembang, seperti Angry Birds Friends, Angry Birds Seasons, dan Angry Bird Space. Belum lagi kolaborasi dengan franchise lain, seperti Star Wars, dan Rio.

Fans Berharap Kembalinya Angry Birds Klasik

Pada tahun 2019, Rovio memutuskan untuk menghilangkan versi originalnya dari peredaran di Google Playstore dan iOS Appstore. Dengan banyaknya versi gim yang sudah ada, ditambah sekuelnya: Angry Birds 2, mungkin versi klasik tersebut dianggap tidak begitu butuh perhatian lagi,

Akan tetapi, para penggemar Angry Birds justru berpikir sebaliknya. Masih ada banyak orang yang menyukai gameplay ketapel Angry Birds yang adiktif dan mudah untuk dimengerti, belum lagi dengan berbagai karakter original, serta desain level yang minim gimmick.

Para fans mengungkapkan keinginan tersebut lewat tagar #BringBack2012 di Twitter, yang menjadi tahun dimana franchise ini mencapai kepopulerannya.

Dibuat Ulang untuk Perangkat Modern

Mewujudkan permintaan para penggemar untuk #BringBack2012, Rovio memberikan kabar gembira. Pada awal tahun 2022 nanti, Angry Bird original yang kerap kali disebut sebagai Classic, akan kembali rilis di pasaran.

Sami Ronkainen, produser eksekutif Rovio menjelaskan bahwa “Alasan kenapa kami sangat lama untuk merilis ulang Angry Birds adalah kami harus merancangnya kembali dari awal. ”

“Pada awalnya, kami membuat Angry Birds dari engine buatan kami sendiri, yang seiring waktu menjadi semakin sulit untuk dioptimalisasi ke berbagai versi perangkat modern.”

Angry Birds

Sami menjelaskan bahwa kali ini, gim originalnya akan kembali dibuat dalam engine Unity yang lebih universal digunakan di berbagai perangkat.

Tidak hanya itu, mereka juga berusaha memperbaiki gangguan gameplay yang muncul dalam versi klasik, serta cloud saving dan mengoptimalkan lokalisasi bahasa.

Terakhir, Angry Birds Classic akan rilis kembali sebagai game premium, alias berbayar dan tidak memuat iklan. Sementara, platform rilis resminya belum resmi diumumkan.

Bagaimana dengan kalian? Apakah ada gim lain yang lebih memorable pada tahun 2012? Tulis di kolom komentar ya!