Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Masih Dikenang Sampai Kini, Ini Sejumlah Fakta Seputar Game Ninja Saga!

Sebuah gim favorit anak milenial, bagaimana sebenarnya game Ninja Saga dulunya sangat dikenal komunitas pop kultur pada umumnya?

Seno Triadi
ninja saga banner header
Ninja Saga merupakan inspirasi dari sejumlah waralaba fantasi ninja di Jepang. | Emagist Entertainment Limited. Gambar: Facebook resmi Ninja Saga, EDIT: Nawala Karsa

“Got the skills to be the ultimate ninja?”, begitulah tagline dari game Ninja Saga yang pernah muncul di media sosial, termasuk Facebook.

Ninja Saga adalah sebuah game yang dikembangkan oleh Emagist Entertainment Limited. Gim ini rilis di sejumlah jejaring sosial, Selasa (21/7/2009) silam, untuk semua pemain mancanegara.

Pasca penutupan layanan Adobe Flash Player akhir 2020 lalu, otomatis Ninja Saga umumkan penutupan servernya beberapa bulan setelahnya, yaitu pada Jumat (1/1/2021) lalu.

Nah, apa saja yang membuat game Ninja Saga ini sempat awet di FB? Simak disini, ya!

Terbit di Hong Kong, Meledak di Indonesia!

ninja saga komunitas
Kepopuleran gim Ninja Saga di Facebook banyak didominasi para pemain berasal dari Indonesia. | Emagist Entertainment Limited. Sumber: Facebook resmi Ninja Saga

Emagist yang berbasis di Hong Kong ini merilis gim tersebut, yang menargetkan anak-anak muda pecinta pop kultur ninja.

Hanya dalam beberapa tahun saja ketika mayoritas pengguna FB di Indonesia mulai memainkan Ninja Saga, tepatnya pada pertengahan 2010an.

Salah Satu Gim yang Menuntut Pembangunan Karakter

set skill ninja saga
Pemain berkesempatan untuk berkreasi menciptakan karakter ninja sendiri, lewat sejumlah fitur yang ditawarkan. | Emagist Entertainment Limited. Sumber: Facebook resmi Ninja Saga

Ninja Saga memiliki gameplay yang unik beranimasi dan segudang jurus yang bisa digali banyak pemain.

Tujuan pemain dalam gim ini adalah menjadi ninja terkuat, tentunya dengan sejumlah pengelolaan karakter yang spesifik.

Setiap karakter punya kemampuan dan elemen tersendiri, tergantung bagaimana cara dari pemain kembangkan ninjanya.

Ninja Saga, Jadi Ninja Terkuat Seperti Naruto!

event ninja saga
Ragam konten gimnya membuat Ninja Saga semakin disanjung di kalangan komunitas pop kultur. | Emagist Entertainment Limited. Sumber: Facebook resmi Ninja Saga

Ninja Saga memiliki banyak inspirasi dari elemen-elemen berdasarkan serial manga dari majalah Shonen Jump, Naruto.

Tak jarang, gim ini memiliki animasi dan variasi jurus ninja dari waralaba manga tersebut, membuat gim ini semakin memikat para pegandrung waralabanya.

Tak Perlu ke Konoha untuk Belajar Jadi Ninja

ujian kage apprenticeship
Untuk mencapai tingkatan lebih tinggi, pemain harus menjalani ujian naik tingkat kelas ninja. | Emagist Entertainment Limited. Sumber: Facebook resmi Ninja Saga

Sejatinya ada tahapan yang dapat ditingkatkan tergantung penuh kepada level pemainnya.

Mulai dari kelas Genin, kemudian tingkatan Chuunin, Jounin, Special Jounin, hingga yang tertinggi yaitu Special Sage. Pastinya, setiap naik tingkatan ada ujian tersendiri.

Belum lagi, sejumlah skill serangan pun dapat nama sendiri yaitu Ninjutsu. Set jurus ini meliputi beberapa elemen yang dapat pemain pakai, seperti Tanah, Api, Angin, Air, dan Petir.

Gim Ninja Saga Tidak Cuma Rilis di Facebook!

ninja saga media sosial
Ninja Saga terkenal sangat aktif dalam berinteraksi dengan ratusan ribu pemain dari sejumlah negara di Asia Tenggara. | Emagist Entertainment Limited. Sumber: Facebook resmi Ninja Saga

Ninja Saga sebenarnya tak hanya rilis di platform media sosial yang sekarang di bawah paying perusahaan Meta. Gim ini juga tersedia di beberapa jejaring sosial lainnya, seperti MySpace dan Orkut.

Belum lagi, sempat Emagist rilis versi gawainya untuk sistem operasi Android dan iOS, yang juga mengikuti masa operasi dengan versi aslinya.

Banyak Versi Alternatif?

ninja sage
Penutupan dari server asli Ninja Saga memicu banyak gim sejenis. Salah satunya adalah Ninja Sage, gim yang dikelola pribadi oleh netizen tanah air. | Gambar: YouTube Hafian RPG (https://www.youtube.com/watch?v=z3Ovp-yGJpQ)

Sejak penutupan servernya, mulai sejumlah gim tiruan aslinya, tersebar di jagat internet tanah air.

Salah satu contohnya, yaitu Ninja Legends yang, menurut VC Gamers, tak jauh beda secara mekanis tetapi dengan sajian berbeda.

Punya Banyak Game Pesaing di Facebook

pet society
Pet Society juga tak kalah populer di jagat media sosial, yang kala itu bersaing sengit dengan Ninja Saga. | Playfish. Gambar: Steemit (steemit.com)

Gim Ninja Saga tak sendiri menguasai kancah persaingan gim jejaring sosial Indonesia.

Sejumlah pesaing pada masa gimnya beroperasi juga bermunculan, seperti Marvel’s Avengers Alliance, Pet Society, Farmville, dan lain sebagainya.

Begitulah beberapa fakta seputar Ninja Saga yang sempat populer di jagat media sosial di Indonesia!

Sebenarnya selain dari tujuh fakta di atas, masih banyak lagi keunikan dari Ninja Saga yang belum sempat tersampaikan lewat artikel ini.

Meskipun sudah tak dapat kita mainkan lagi, banyak dari aspek gim ini selalu kita kenang saking menariknya gim tak cuma ninja-ninjaan.

Nah, apakah dari NawaReaders pernah menjajal gim ini sebelumnya? Sampaikan komentarmu di media sosial maupun Discord resmi kita ini, ya!