Quantcast

Beranda » Game dan Tekno » Waduh! Website Statistik COVID-19 Indonesia Diselipkan Cryptomining!

Waduh! Website Statistik COVID-19 Indonesia Diselipkan Cryptomining!

Netizen menemukan website statistik perkembangan COVID-19 telah diselipkan Cryptomining oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam situasi pandemi COVID-19 atau Virus Corona, pemerintah telah melakukan banyak cara untuk mencegah penyebaran virus ini. Selain dari pemerintah, dibantu juga oleh berbagai pihak untuk membantu memberikan informasi terkini mengenai perkembangan pandemi ini. Namun, salah satu website atau situs statistik COVID-19 untuk daerah Sumatera Barat diselipkan Cryptomining oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Yuk, kita cari tahu bersama!

Netizen Temukan Website Statistik COVID-19 Daerah Sumatera Barat Diselipkan Cryptomining

Adanya Cryptomining di website statistik untuk daerah Sumatera Barat ditemukan oleh netizen saat ingin mencari tahu kondisi saat ini. Pemilik akun Facebook Abdurrasyid L yang menemukan hal ini menunjukkan bukti berupa postingan di grup bahwa website tersebut telah diselipkan program Cryptomining yang bernama Cryptominers. Kalian bisa lihat gambar tersebut dibawah ini.

Pada awalnya Abdurrasyid merasa aneh karena laptop miliknya tiba-tiba panas saat membuka situs statistik COVID-19 untuk daerah Sumatera Barat. Ternyata setelah diperiksa dengan aplikasi extensions untuk browser bernama Wappalyzer, ditemukan adanya inject cryptominers pada situs tersebut.

Penasaran, netizen lain pun mencoba mengunjungi dan memeriksa apakah website tersebut benar adanya sebuah inject berupa Cryptominers. Dan ternyata, mereka juga menemukan hal yang serupa.

Apa itu Cryptominers?

Cryptomining atau Cryptocurrency Mining adalah suatu proses dengan berbagai macam bentuk variasi yang memanfaatkan sistem verifikasi catatan transaksi (blockchain) dan mendapatkan koin digital yang memiliki nilai harga. Biasanya program Cryptomining berupa malware diselipkan ke PC atau laptop tanpa sepengetahuan pemilik. Efek adanya malware Cryptomining ini berpengaruh besar pada performa PC maupun laptop sehingga membuatnya jadi cepat rusak jika tidak dihentikan.

Ketahuan, Program Inject Cryptomining Sudah Dihapus dari Website

Website Statistik COVID-19 Cryptominers

Saat artikel ini ditulis (24/06), saya memeriksa situs tersebut apakah masih ada inject Cryptomining berupa Cryptominers di website tersebut. Ternyata situs tersebut sudah tidak ditemukan lagi Cryptomining. Kemungkinan besar tindakan pihak yang tidak bertanggung jawab tidak mau melanjutkannya lebih lama lagi karena sudah ketahuan oleh netizen.

Namun, jejak bukti diselipkannya Cryptomining di website tersebut masih ada dan disimpan oleh netizen. Semoga kejadian ini tidak terulang kembali, apalagi untuk website atau situs penting seperti statistik COVID-19 selama pandemi.

Loading...