Quantcast

Beranda » Sejak April, Sekitar 160 Ribu Akun Nintendo Telah Diretas Hacker

Sejak April, Sekitar 160 Ribu Akun Nintendo Telah Diretas Hacker

Melalui rilis persnya, Nintendo Jepang mengumumkan bahwa sekitar 160 ribu akun Nintendo telah diretas oleh hacker di konsol Switch

Seminggu belakangan, sejumlah akun milik pengguna Nintendo Switch ditengarai telah diakses secara ilegal oleh orang tak bertanggung jawab. Nintendo melalui rilis persnya, membenarkan kejadian tersebut.

160 Ribu Akun Nintendo Kemungkinan Telah Diretas

Nintendo Switch Animal Crossing

Nintendo mengungkapkan bahwa akun-akun tersebut telah diretas dengan menggunakan celah pada sistem Nintendo Network ID. Mereka memastikan bahwa kurang lebih terdapat 160 ribu akun yang kemungkinan besar telah diretas oleh Hacker.

Sebelumnya, pada 20 April lalu sejumlah pengguna Switch menuturkan melalui akun sosial media mereka bahwa akun mereka telah diakses oleh sejumlah pihak menggunakan akses third-party. Akses melalui third-party tersebut memberikan akses yang cukup vital, seperti kartu kredit, PayPal, dan pembelian konten digital di Nintendo eShop.

Nintendo Hapus Akses login Lewat NNID

if my heart had wings_switch 1
Tampilan permainan di Nintendo Switch (@MoeNovel)

Sebagai langkah pencegahan, Nintendo menyebut bahwa mereka telah menutup akses login melalui Nintendo Network ID serta akan meminta para pengguna yang akunnya telah diretas, atau pengguna yang pernah mengakses layanan tersebut untuk melakukan penggantian kata sandi.

Perusahaan konsol gim asal Jepang tersebut juga memperingatkan bahwa ada kemungkinan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, negara atau wilayah, serta alamat surel pengguna bocor di tangan yang salah.

Cara Memasang 2FA di Akun Nintendo

Box art Nintendo Switch

Guna mengamankan akun Nintendo kalian saat bermain di Switch, berikut adalah tata cara pemasangan verifikasi dua langkah untuk akun kalian, dikutip dari Nintendolife:

  1. Akses akun Nintendo kalian pada laman berikut
  2. Pada menu, klik menu Sign-in and security settings
  3. Cari kolom 2-Step Verification settings di bawah, lalu tekan tombol Edit di samping.
  4. Tekan tombol 2-Step Verification setup
  5. Apabila surel yang tertera pada kolom E-Mail Address sudah tepat, tekan Submit
  6. Masukkan kode verifikasi yang terkirim pada surel yang tertera sebelumnya
  7. Setelah verifikasi pertama selesai, kamu perlu memasang aplikasi otentikator seperti Google Authenticator atau Authy pada ponsel kalian
  8. Lakukan pemindaian/scan pada kode QR yang tertera di layar menggunakan salah satu aplikasi. Apabila terjadi error, kamu dapat melakukan manual input dengan menyertakan kode kunci yang tertera dibawah kode QR.
  9. Setelah kode terverifikasi, ketik 6 kode yang tertera di ponsel dan isi pada kolom Enter Code
  10. Setelahnya, tekan Submit. Kemudian simpan kode cadangan yang tertera di layar dan klik centang I have saved the backup codes dan klik OK.
Loading...