Quantcast

Beranda » Hanya Dalam Waktu Seminggu, Rating Aplikasi TikTok Anjlok Menjadi 1,3

Hanya Dalam Waktu Seminggu, Rating Aplikasi TikTok Anjlok Menjadi 1,3

Meskipun populer di Indonesia, ternyata di luar negeri rating aplikasi TikTok sedang anjlok hingga mencapai 1,3 saja. Apa penyebab anjloknya rating aplikasi tersebut?

Aplikasi yang belakangan ini viral karena konten videonya yaitu TikTok dikababarkan mengalami rating anjlok hingga 1,3 hanya dalam waktu kurang dari satu minggu.

Saat dicek di Google Play Store, rating aplikasi tersebut masih di kisaran 4,4. Tapi jika region akun Google diubah menjadi US, barulah rating aplikasi tersebut berubah menjadi 1,3. Hal ini terjadi karena rating TikTok yang anjlok bukanlah aplikasi TikTok untuk region Indonesia.

Kronologi Dibalik Anjloknya Rating TikTok

Dikutip dari RepublicWorld, hal ini berakar pada kasus dihapusnya video milik seorang komedian asal India bernama Carry Minati alias Ajey Nagar oleh pihak YouTube.

Sebelumnya tanggal 8 Mei, Carry Minati mengunggah video di channel YouTube-nya yang berisikan berbagai sindiran dan roast terhadap Amir Siddiqui, seorang pengguna TikTok yang viral dan menjadi influencer di negara India.

Video tersebut telah ditonton sebanyak 70 juta kali dan dalam waktu singkat menempati posisi sebagai “video dengan like terbanyak dalam konten non-musik India”. Namun sayangnya video tersebut dihapus oleh YouTube setelah mendapat laporan dari sejumlah kelompok yang melaporkan video tersebut.

Memicu Kerusuhan di Dunia Maya

Tidak lama setelah kabar dihapusnya video tersebut beredar. Memicu berbagai protes dan pembelaan pada salah satu bintang YouTube India tersebut dan meminta untuk segera memblokir aplikasi TikTok di negara tersebut.

Selan itu, peristiwa ini membuat munculnya tagar #CarryMinati dan #JusticeForCarry di sosial media Twitter. Bahkan aktor kenamaan India Himansh Kohli ikut mendukung aksi tersebut karena video yang diunggah Carry memotivasi dan menuntun dirinya untuk tetap membuat konten bagus.

Selain itu, netizen India mulai mengarah ke aplikasi TikTok sebagai sasaran berikutnya. Mereka memberi rating bintang satu sebagai salah satu bentuk perlawanan terhadap aplikasi tersebut.

Rating TikTok Turun Drastis Menjadi 1,3

Hanya dalam waktu kurang dari satu hari saja, rating aplikasi tersebut mulai menurun dari yang awalnya memiliki rating 4,5. Sebelumnya berada rating memasuki angka 3,6, terus menurun ke 2,0. Dan kini tercatat rating aplikasi tersebut seketika anjlok menjadi 1,3 hanya dalam kurun waktu kurang dari satu minggu.

Tidak sedikit netizen India dan penggemar Carry Minati mengajak teman-temannya untuk memberikan rating bintang satu untuk aplikasi tersebut. Mengingat saat ini saja Carry memiliki setidaknya 17 juta subscriber pada akun YouTube-nya.

Loading...