Quantcast

Beranda » Game dan Tekno » Ini Perbedaan Game Spongebob Squarepants Battle for Bikini Bottom Versi Original dan Remake!

Ini Perbedaan Game Spongebob Squarepants Battle for Bikini Bottom Versi Original dan Remake!

Salah satu game klasik kartun populer Spongebob terbaik mendapatkan full remake untuk platform game terkini. Apa saja perbedaannya antara versi original dan remake?

Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom (BFBB) adalah salah satu game Spongebob klasik terbaik. Kini, THQ Nordic bekerja sama dengan Purple Lamp Studios merilis versi remake (bukan remaster) dari game itu dengan judul Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom Rehydrated (BFBBR).

Seperti apa perbandingan antara game versi lama dengan versi remake ini? Kita cari tahu, yuk!

Perbedaan Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom dari Segi Graphic

Game Spongebob Squarepants Battle for Bikini Bottom

Spongebob: Battle for Bikini Bottom pertama kali dirilis pada tahun 2003 yang bergenre Platformer. Untuk versi PlayStation 2 (PS2) dan Nintendo Game Cube (GC), graphic yang digunakan sudah memasuki 3D sesuai dengan zamannya, didukung menggunakan engine RenderWare.

Game tersebut juga dirilis untuk Game Boy Advance (GBA) dan PC, namun gameplay-nya jauh berbeda dari versi konsol.

Game Spongebob Squarepants Battle for Bikini Bottom Rehydrated

Game remake ini telah mengalami peningkatan graphic karena game tersebut benar-benar dibuat ulang (remake) sepenuhnya dari awal. Selain itu, game tersebut mendukung resolusi 4K sehingga pemain dapat menikmati visual game yang lebih memukau.

IGN telah mengunggah sebuah video tentang perbandingan graphic pada Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom versi asli dengan versi remake. Kini adegan-adegan legendaris dalam game tampil lebih segar.

Semakin Seru dengan Multiplayer Mode di versi Remake

Spongebob BFBB versi lama merupakan game single player seutuhnya. Sedangkan di versi remake, telah dikonfirmasi bahwa game tersebut mendukung multiplayer dengan ditambahkannya mode permainan terbaru.

Mode permainan terbaru itu disebut Horde Multiplayer Mode, dapat dimainkan baik secara online atau offline. Satu konsol game hanya mendukung 2 orang pemain.

Multiplayer mode ini menampilkan arena permainan dengan konsep pulau (island). Pemain dituntut untuk menghabisi musuh sesuai dengan jumlahnya sebelum berpindah ke pulau lain. Semakin jauh pulaunya, maka semakin sulit permainannya.

Karakter-Karakter yang Bisa Dimainkan di Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom

spongebob, patrick, sandy

Spongebob, Patrick, dan Sandy terpilih sebagai pemain utama. Masing-masing karakter tentunya memiliki kemampuan berbeda dan ada penyesuaian rintangan di tiap area permainan.

Baik di versi asli maupun remake, cerita dalam game melibatkan Spongebob, Patrick, dan Sandy. Dalam multiplayer mode eksklusif versi remake, jumlah karakter yang dapat dimainkan menjadi 7 macam.

Karakter-karakter baru tersebut antara lain; Squidward, Mr. Krabs, Gary, dan Plankton. Mungkin di antara kalian bisa memprediksi kemampuan macam apa yang akan diberikan di tiap karakter?

Munculnya Karakter Boss Baru!

perbandingan grafik boss robosandy

Di game aslinya, terdapat 4 macam karakter Boss utama; Robo-Sandy, Robo-Patrick, Robo-Plankton, dan Spongebot SteelPants. Di versi remake, keempatnya dipastikan kembali dan akan ada karakter Boss baru yang muncul, khusus untuk multiplayer mode.

robosquidward rehydrated

Salah satu karakter Boss baru yang menarik perhatian adalah Robo-Squidward. Awalnya, Robo-Squidward muncul sebagai concept art game untuk versi aslinya dan direncanakan masuk ke dalam game, namun akhirnya ditolak.

Pada kesempatan remake ini, mereka memutuskan untuk merealisasikan Robo-Squidward menjadi salah satu Boss di dalam game. Mungkin bagi sebagian orang, wujud Squidward sebagai robot dalam game ini dianggap terlalu menyeramkan.

robosquidward concept art

Sebenarnya, Robo-Squidward pernah muncul di versi GBA dengan penampilan yang jauh berbeda. Sehingga pada saat itu, ia menjadi karakter boss eksklusif untuk versi GBA.

Tersedia Berbagai Macam Bahasa dan Dubbing di Game?

Beberapa waktu lalu, THQ Nordic mengunggah video klip berisi macam-macam voice acting game dalam 6 bahasa berbeda.

Dalam laman game untuk versi Steam, disebutkan bahwa game tersebut mendukung 11 macam bahasa yang berbeda. Akan tetapi, hanya 6 bahasa saja yang mendapatkan sulih suara (dubbing) eksklusif sesuai dengan video tersebut.

Belum ada jawaban tentang apakah game tersebut hanya dapat sekali memilih bahasa ketika baru bermain atau dapat diganti sesukanya ketika dimainkan. Jika diperbolehkan memilih bahasa untuk sistem game dan suara karakter di dalamnya yang berbeda, mungkin terdengar menarik.   

Spongebob Squarepants: Battle for Bikini Bottom Rehydrated tersedia di Nintendo Switch, PS4, Xbox One, dan PC melalui Steam. Semua platform dipastikan memiliki gameplay yang sama. Versi remake dari game Spongebob yang legendaris ini akan dirilis pada tanggal 23 Juni 2020. Selamat bernostalgia ria!

Loading...