Quantcast

Beranda » Game dan Tekno » Yuk, Mengenal Aplikasi FaceApp yang Kini Kembali Viral!

Yuk, Mengenal Aplikasi FaceApp yang Kini Kembali Viral!

Aplikasi yang kini kembali viral berkat fitur pengubah wajah menjadi wanita sehingga tidak sedikit netizen yang mencobanya lagi.

Baru-baru ini kembali viral aplikasi dimana penggunanya dapat mengedit wajahnya hingga mengubah jenis kelamin penggunanya menjadi wanita, yaitu FaceApp.

FaceApp, Aplikasi Smartphones Asal Rusia

FaceApp adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang asal Rusia bernama Wireless Lab, aplikasi tersebut dirilis pertama kali untuk sistem operasi iOS di App Store pada bulan Januari 2017, dan untuk sistem operasi Android di Google Play Store pada pertengahan bulan Februari 2017.

Aplikasi tersebut menyediakan fitur-fitur filter yang dapat mengedit foto sesuka hati. Mulai dari mengubah ras, membuat seseorang terlihat lebih muda ataupun lebih tua. Selain itu aplikasi ini bisa membuat suatu foto tampak tersenyum, hingga mengubah jenis kelamin seseorang pada foto tersebut.

Fitur Filter yang Viral di FaceApp

Filter yang kini populer adalah filter mengubah jenis kelamin, dimana penggunanya dapat mengubah jenis kelamin foto seseorang yang diunggah. Seperti saat dimana awalnya foto seorang laki-laki, dapat diubah menjadi foto yang tampak seperti seorang perempuan.

Seperti contohnya pada foto Mr Bean di bawah ini, yang menyediakan berbagai versi dari foto tersebut, mulai dari versi wanita,  versi menua, dan versi muda.

aplikasi faceapp viral

FaceApp Sempat Dikhawatirkan Mengumpulkan Data Penggunanya

Dikutip Liputan6, tahun lalu aplikasi FaceApp sempat dikhawatirkan mengumpulkan data penggunanya setelah tidak sedikit penggunanya yang mengunggah foto miliknya agar dapat diedit oleh aplikasi tersebut.

Dikarenakan pada syarat dan ketentuan pada aplikasi ini, terdapat lisensi perusahaan yang berlaku. Ini dimana mereka berhak menggunakan foto dan informasi yang diunggah oleh pengguna untuk tujuan komersial atau iklan, termasuk nama, rupa wajah, hingga suara.

Meskipun foto unggahan dihapus penggunanya, aplikasi ini tetap menyimpan foto tersebut di server-nya dengan alasan mematuhi “kewajiban hukum tertentu”. Tidak diketahui sampai kapan data tersebut akan disimpan.

Selain itu, dalam kebijakan aplikasi FaceApp, aplikasi tersebut berhak men-transfer data tersebut ke negara asal pengembang aplikasi tersebut, yang tidak lain adalah negara Rusia. Itu berarti foto-foto yang diunggah penggunanya akan dikirim ke negri Beruang Putih tersebut.

Jawaban FaceApp Terkait Dugaan Mengumpulkan Data Pengguna

FaceApp menjawab dugaan terkait mengumpulkan data penggunanya. Meskipun dalam persyaratan layanan aplikasi mengharuskan mengirim data pengguna ke asal negara pengembang. Tetapi pengembang tersebut memastikan bahwa data pengguna masih ada di server-nya.

Selain itu, FaceApp juga menjelaskan bahwa foto unggahan pengguna disimpan di server mereka. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses edit, dan foto yang tersimpan di server akan otomatis dihapus dalam kurun waktu dua hari.

Loading...