Quantcast

Beranda » Game dan Tekno » Lebih Bagus dari Persona, Ini 5 Game Shin Megami Tensei Terbaik!

Lebih Bagus dari Persona, Ini 5 Game Shin Megami Tensei Terbaik!

5 game pilihan yang bisa dimainkan untuk mengenal lebih jauh tentang Shin Megami Tensei

Tidak dapat dipungkiri jika seri Persona mengangkat nama Atlus meroket. Jika mendengar nama Atlus, maka yang terpikirkan pertama adalah seri Persona. Tentu Persona adalah salah satu JRPG yang sudah memasuki jajaran nama-nama di kultur pop selain Final Fantasy dan game-game sejenis lainnya.

Tapi, mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa dibalik Persona ada satu nama yang menjadi kerangka lahirnya seri yang selalu ditunggu kehadirannya tersebut, yakni Shin Megami Tensei.

Apa itu Shin Megami Tensei?

Shin Megami Tensei adalah game yang awalnya bernama Megami Tensei. Megami Tensei adalah game yang diadaptasi dari sebuah novel karya Aya Nishitani yang berjudul Digital Devil Story. Shin Megami Tensei (yang selanjutnya disebut MegaTen) adalah game pertama buatan Atlus tahun 1992 untuk konsol Super Famicom.

Gameplay utama dari MegaTen secara umum adalah mengumpulkan monster yang disebut demon dan memakainya sebagai teman kalian untuk menghabisi demon lain. MegaTen sangat terkenal dengan tingkat kesusahannya yang dijamin bikin pemain akan akrab dengan tulisan game over.

Secara umum, MegaTen membawakan tema konflik moral antara law & chaos. Law mengindikasikan bahwa segala sesuatu harus sesuai peraturan dan cenderung berteman dengan malaikat sementara chaos lebih cenderung ke arah kebebasan dimana segala sesuatu diselesaikan dengan kekuatan dan cenderung berteman dengan iblis.

Tentu semenjak debut pertamanya di tahun 1992, sudah banyak judul-judul MegaTen tersebar di berbagai konsol. Berikut adalah 5 game Shin Megami Tensei terbaik versi penulis Riza Nua.

Devil Summoner 2: Raidou Kuzunoha vs. King Abaddon (PlayStation 2, 2009)

Game yang biasa disebut Raidou Kuzunoha ini adalah sekuel dari Devil Summoner : raidou Kuzunoha vs. Souless Army yang rilis untuk PlayStation 2 di tahun 2006. Kalian adalah Raidou Kuzunoha XIV, seorang devil summoner muda yang ditugaskan untuk melindungi ibukota. Kalian ditemani oleh seekor kucing bernama Gotou-Douji. Berdua, mereka tinggal di sebuah kantor detektif Narumi.

Devil Summoner 2 memiliki gameplay action RPG seperti Final Fantasy VII Remake maupun Kingdom Hearts. Kalian bisa memakai pedang dan juga menembak sebagai serangan dasar. Tentu elemen mengumpulkan demon juga hadir disini. Kalian bisa memakai 2 demon sekaligus untuk membantu kalian menumpas para musuh yang pastinya siap dengan kemampuannya masing-masing.

Devil Summoner 2 bertempat di Jepang tahun 1930-an. Suatu hari, seorang wanita, Akane Narita, datang ke kantor Narumi untuk meminta tolong Raidou mencarikan seorang pria bernama Dahn.

Devil Survivor Overclocked (Nintendo 3DS, 2011)

Bayangkan jika kalian harus terjebak dalam kondisi lockdown dimana listrik mati, dan kota tempat kalian terjebak dipenuhi oleh monster yang siap menghabisi kalian kapan saja, dan kalian tidak bisa keluar kota.

Devil Survivor Overclocked adalah game bergaya tactical RPG dimana pemain secara hati-hati menggerakan karakter sesuai dengan kotak yang tersedia. Bisa dibilang mirip Final Fantasy Tactic, Fire Emblem, dan game sejenisnya. Game ini adalah versi enhanced dari Devil Survivor yang rilis untuk Nintendo DS tahun 2009. Penambahan suara karakter dan skenario baru siap membuat kalian ingin bermain lagi.

Devil Survivor bertempat di Tokyo modern dan menceritakan tentang pelajar 17 tahun dan teman-temannya yang melihat kekacauan lantaran ulah demon yang beberapa diantaranya menjadi teman. Si protagonis mendapatkan kemampuan untuk melihat sisa umur orang lain dan memutuskan untuk mencari cara agar terhindar dari kematian.

Poin unik dari game ini adalah cara kalian mendapatkan demon yakni dengan mengunjungi tempat lelang demon dimana kalian akan berlomba-lomba menawar harga demon yang kalian inginkan.

Game ini mempunyai replay value yang lumayan tinggi dimana kalian bisa mengulang untuk mendapatkan ending yang berbeda.

Shin Megami Tensei: Strange Journey Redux (Nintendo 3DS, 2018)

Ketika DOOM kawin silang dengan MegaTen, maka hasilnya adakah game ini. Strange Journey Redux salah satu seri mainline MegaTen. Banyak fans yang menyebut game ini dengan sebutan Shin Megami Tensei 3.5 karena awalnya game ini hendak diberi judul Shin Megami Tensei IV.

Protagonis, yakni kamu sebagai pemain, adalah salah satu anggota pasukan yang dipilih dan dikirim oleh PBB untuk menyelidiki Scwarzwelt, sebuah lubang hitam yang makin membesar yang muncul di Antartika dan menurut mereka, jika lubang tersebut membesar, lama-lama bumi akan tertelan olehnya.

Disebut sebagai DOOM JRPG karena kalian dimodalkan sebuah senapan api sehingga kalian bisa menembak demon dan kalian dilengkapi dengan pakaian khusus bernama Demonica yang sekilas mirip seperti pakaian khusus DoomGuy.

Gameplay-nya sendiri masih khas MegaTen, yakni first person view dungeon crawling dimana kalian akan menjelajahi koridor demi koridor, serta membasmi demon yang tentunya bisa kalian rekrut agar petualangan kalian menjadi sedikit lebih mudah. Tidak hanya dengan merekrut, kalian juga bisa mendapatkan demon baru dengan menggabungkan 2 demon berbeda.

Keunikan dari game ini adalah kentalnya sistem alignment dimana kalian tidak bisa sembarangan merekrut demon. Demon cenderung lebih mudah didapat jika ada kesamaan alignment seperti jika kalian adalah chaotic good, maka lebih mudah merekrut demon dengan alignment sama ketimbang demon dengan alignment lawful good.

Persamaan alignment dalam tim juga mempengaruhi lancarnya petarungan kalian dimana jika ada satu atau lebih demon dengan alignment yang sama dengan kalian, maka mereka bisa mengaktifkan co-op attack dimana demon tersebut akan ikut menyerang.

Untuk musik, Shoji Meguro menunjukan kebolehannya dalam menampilkan lagu genre orkestra. sebuah genre yang sepertinya jarang dipakai oleh Shoji sendiri. Pemilihan genre musik tersebut membuat pengalaman bermain makin meningkat.

Shin Megami Tensei IV (Nintendo 3DS, 2013)

Game seri Shin Megami Tensei terbaik lainnya adalah MegaTen IV. Game ini adalah salah satu seri mainline yang mendapat respon sangat positif dikalangan fansnya bahkan disebut-sebut sebagai JRPG terbaik untuk 3DS. Atlus ingin mengembalikan lagi feeling Shin Megami Tensei 1 sehingga beberapa orang mengatakan bahwa game ini adalah soft reboot dari MegaTen 1.

Kalian berperan sebagai Flynn, samurai yang ditugaskan untuk melindungi kerajaan Mikado dari serangan demon. Ketika ada sosok misterius bernama Black Samurai mulai mengubah penduduk menjadi demon, Flynn dan 3 rekannya dikirim untuk menangkapnya. Pengejaran tersebut membawa Flynn dan teman-temannya ke sebuah konfilk antara pasukan malaikat dan pasukan iblis.

MegaTen IV menggunakan mekanisme turn-based Press Turn System, dimana pemain dan musuh sama-sama mencoba mengeksploitasi kelemahan satu sama lain. Eksploitasi tersebut dapat memberikan keuntungan besar yaitu giliran tambahan yang mirip dengan sistem 1 more nya Persona.

MegaTen IV juga memperkenalkan mekanisme baru yakni “Smirk” dimana jika kalian dapat mengeksplotasi kelemahan musuh, atau serangan musuh dapat ditangkis atau diserap, maka kalian akan mendapatkan status smirk. Status tersebut membuat kalian dijamin kebal serangan dan meningkatkan serangan fisik dan magic kalian untuk satu putaran. Tapi jangan senang dulu karena musuh juga mendapatkan perlakuan yang sama.

Untuk urusan tingkat kesusahan, kalian akan mati berulang kali. Game ini cukup susah. Tidak ada pilihan tingkat kesusahan di game ini. Untungnya, game ini menghadirkan fitur save dimana saja.

Seperti Strange Journey, kalian dapat merekrut dan menggabungkan demon untuk mendapatkan demon terkuat. Kemungkinan besar waktu kalian akan habis banyak disini karena ada fitur baru yakni skill enheritance dimana kalian dapat mengatur sendiri kemampuan apa saja yang ingin kalian masukan dan buang. Tidak ada lagi ritual reset ala Persona 3 dimana kalian harus bolak-balik agar bisa mendapatkan demon dengan kemampuan terhebat.

MegaTen IV mempunyai 4 ending jadi cukup mempunyai replay value yang bagus. Ditambah DLC untuk memperkaya cerita, serta 400 demon untuk kalian koleksi.

Shin Megami Tensei III : Nocturne (PlayStation 2, 2004)

5 Game Shin Megami Tensei Terbaik

Game yang satu ini disebut-sebut sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa ini memang bukannlah isapan jempol. Nocturne adalah seri MegaTen pertama yang rilis di wilayah barat. MegaTen III memiliki 3 versi yakni MegaTen III, MegaTen III Maniax, dan MegaTen III Nocturne Maniax Chronicle Edition. Untuk versi barat, Atlus mengambil Megaten III Maniax.

Untuk tingkat kesusahan, Nocturne mendapatkan kehormatan sebagai MegaTen tersusah. Kalian hanya diberi 2 pilihan, yakni normal dan hard. Perlu diingatkan bahwa game ini tidak newbie friendly dikarenakan tidak ada nya tutorial dan kalian bisa mati di pertarungan pertama dan bahkan dengan walkthrough pun, kemungkinan kalian mati lumayan besar.

Kalian berperan sebagai pemuda yang terselamatkan oleh guru kalian di sebuah rumah sakit yang ternyata adalah tempat teraman sembari melihat proses dunia kiamat. Tujuan kalian bukanlah menyelamatkan dunia melainkan membentuk dunia sesuai keinginan kalian. MegaTen III Nocturne memiliki 6 ending.

Untuk gameplay, sama seperti MegaTen pada umumnya, kalian merekrut demon agar masuk ke tim kalian serta menggabungkannya untuk mendapatkan demon terkuat. Mekanisme terbaru yang dihadirkan disini adalah magatama, sebuah cacing yang bisa kalian koleksi yang nantinya akan memberikan kalian kemampuan-kemampuan khusus. Press Turn System juga kembali hadir disini.

Agar makin seru, Nocturne menghadirkan bintang tamu yang meme nya sudah tersebar dimana-mana, Yakni Dante dari seri Devil May Cry. Dante adalah bos pilihan yang bisa kalian lawan dan kalian rekrut.

Demikianlah 5 game Shin Megami Tensei terbaik versi penuis. Kira-kira apa game MegaTen terbaik menurut kalian? Silakan komen ya!

Loading...