Quantcast

Beranda » gravatar service » Ciptakan Ceritamu Sendiri di Cyberpunk Red

Ciptakan Ceritamu Sendiri di Cyberpunk Red

Mike Pondsmith, pencipta tabletop pen & paper RPG Cyberpunk 2020 sekaligus founder perusahaan tabletop RPG ternama, R. Taslorian Games, mengumumkan melalui podcast nya bahwa ia akan merilis edisi terbaru dari Cyberpunk 2020 yaitu Cyberpunk Red. Mike mengatakan bahwa mereka akan memastikan bahwa sistem terbaru Cyberpunk Red akan dipermudah sehingga pemain baru dapat memainkannya. Belum ada info lebih lanjut mengenai setting waktu, tapi dipastikan bahwa masih satu universe dan timeline dengan Cyberpunk 2020 dan video game Cyberpunk 2077. Dikabarkan bahwa Cyberpunk Red mengambil waktu diantara Cyberpunk 2020 dan Cyberpunk 2077.

Mike Pondsmith, creator Cyberpunk 2020, Red, & 2077
Mike Pondsmith, creator Cyberpunk 2020, Red, & 2077

Apa sih Cyberpunk 2020 itu?

Cyberpunk 2020
Cover Cyberpunk 2020

Cyberpunk 2020 adalah tabletop pen & paper RPG buatan Mike Pondsmith yang dipublish oleh R. Taslorian Games pada tahun 1990 yang merupakan edisi kedua dari game tebletop yang berjudul Cyberpunk : The Role Playing Game in The Dark Future yang dirilis pada tahun 1988. Permainan ini dimainkan biasanya oleh 4-6 pemain dimana satu orang menjadi Game Master yang bertugas memberikan tempat, cerita, serta menuntun pemain kedalamnya. Pemain berperan menjadi karakter original dengan keahlian masing-masing. Seperti layaknya game RPG pada umumnya, masing-masing pemain mempunyai angka-angka status dan kemampuan-kemampuan sesuai keahlian yang diinginkan pemain. Biasanya Cyberpunk 2020 mengambil tempat di Night City, kota fiksi di West Coast Amerika. Namun pemain bisa membuat setting sendiri seperti misalnya di Neo Indonesia. Mungkin ingin mencoba merasakan hidup di Neo Blok M? Seiring waktu, R. Taslorian Games mengeluarkan buku-buku tambahan untuk memperkaya dunia Cyberpunk seperti Chromebook yang merupakan buku katalog semua barang-barang yang bisa dibeli lengkap dengan ilustrasinya dan harganya. Kemudian ada Pacific Rim yang menjelaskan kondisi wilayah Asia di tahun 2020.

contoh situasi Tabletop RPG
Contoh situasi Tabletop RPG

Apa sih isi Cyberpunk Red Jumpstart Kit dan kapan dirilis?

Melalui podcast, Mike mengumumkan bahwa ia akan merilis Cyberpunk Red dalam bentuk kotak yang bernama Jumpstart kit. Kit ini bertujuan untuk mengenalkan Cyberpunk ke orang-orang yang belum paham dan belum pernah mencoba tabletop RPG secara umum. Didalam Jumpstart kit, pemain akan mendapatkan :

  • Buku petualangan dan pengetahuan secara detail mengenai dunia Cyberpunk Red serta skenario siap pakai dan “scramsheet”, kombinasi berita dalam game dan informasi untuk memudahkan pemain membuat cerita baru.
  • Buku peraturan yang berisi peraturan-peraturan yang dibutuhkan untuk memainkan game ini. Cyberpunk Red Jumpstart kit akan menggunakan sistem kunci game terbaru buatan R. Taslorian Games.
  • enam karakter siap pakai : Fixer, Netrunner, Nomad, Rocker, solo, dan Tech.
  • empat peta untuk membantu pemain membayangkan keadaan sekitar
  • enam dadu : dua dadu sisi sepuluh dan empat dadu sisi enam
  • dan masih banyak lagi

Cyberpunk Red Jumpstart Kit akan rilis 1 Agustus 2019 di GenCon, sebuah acara tabletop game terbesar se-Amerika. Dikabarkan bahwa Jumpstart Kit juga akan hadir dalam bentuk digital.

Loading...