Quantcast

Beranda » Cooking Mama Cookstar Ditarik dari Peredaran Akibat Developer Ribut dengan IP Holder

Cooking Mama Cookstar Ditarik dari Peredaran Akibat Developer Ribut dengan IP Holder

Bukan karena Mining Cryptocurrency, Office Create ternyata meminta Nintendo menarik gim Cooking Mama Cookstar dari eShop. Alasannya?

Sempat dikira mengandung alat mining Cryptocurrency, ternyata gim Cooking Mama: Cookstar hilang dari peredaran eShop Nintendo atas permintaan pemilik franchise Cooking Mama, OFFICE CREATE. Alasannya?

Ditarik Akibat ‘Silang Pendapat’ dengan Developer

Penerbit Planet Entertainment diketahui tengah berseteru dengan pemilik franchise Cooking Mama, OFFICE CREATE. Hal tersebut dikarenakan pihak pengembang bersikeras merilis game tersebut meskipun telah diminta oleh pemilik franchise untuk memoles gim buatan mereka terlebih dahulu.

Salah satu orang yang terlibat dalam produksi, yang meminta untuk dirahasiakan identitasnya, mengaku kepada Screenrant terkait kondisi yang tengah terjadi sebenarnya:

Ada masalah legalitas antara pihak publisher, Planet Entertainment, dengan pemilik IP (Cooking Mama) OFFICE CREATE. Publisher tetap merilis gim tersebut meski ada permintaan dari OFFICE CREATE untuk terus memoles gim tersebut, atau bahkan membatalkannya. Di satu sisi, saat pihak resmi dari Jepang datang untuk memantau pengembangan gim tersebut, sempat terjadi argumen dan mereka diminta pergi jika mereka tidak membantu.

Pengembang anonim tersebut menyebut, setelah Planet Entertainment merilis gim tersebut melalui platform resmi Nintendo Switch eShop, OFFICE CREATE menggunakan koneksi mereka dengan Nintendo guna menarik peredarannya dari eShop sekaligus menghentikan produksi catridge gim tersebut.

Cooking Mama: Cookstar Tetap Dibuat Sepenuh Hati

Whistleblower tersebut turut menyebut bahwa mereka telah memproduksi gim Cooking Mama: Cookstar dengan sepenuh hati. “Sejauh ini, semua orang di 1st Playable (Tim pengembangan gim) menyukai franchise Cooking Mama dan melakukan yang terbaik untuk membuat produk gim terbaik meski adanya gangguan dari para petinggi,” ujarnya.

Gim Cooking Mama: Cookstar, ujarnya, masih jauh dari kata sempurna. Namun, ia juga menyebut, bahwa produksi gim tersebut akan baik-baik saja apabila penerbit tidak terus-terusan bermasalah.

Konsol Panas saat Main Cooking Mama? Ini Alasannya!

Sempat dituduh memiliki kode yang berkaitan dengan Cryptocurrency, gim Cooking Mama: Cookstar tersebut ternyata tidak mengandung kode-kode yang mencurigakan. Pengembang 1st Playable melalui Nintendo Everything, mengklaim bahwa hal tersebut hanyalah hipotesis belaka.

“Sebagai pengembang, kami dengan yakin menyebut bahwa tidak ada pengumpulan data atau kripto atau blockchain ataupun hal-hal aneh dalam kode gim,” ujarnya, “Nintendo Switch merupakan platform yang sangat aman, dengan tak adanya data serta masalah privasi yang umumnya ada pada gim PC maupun mobile.

“Isu soal cryptocurrency itu cuma omong kosong,” ujarnya, “Atasan Planet Entertainment tidak tahu banyak tentang hal itu. Ia hanya memasukkan sejumlah bahasa yang bagus untuk menarik investor potensial yang menyukai hal-hal tersebut.”

“Untuk kasus crash ataupun overheat, itu dikarenakan gim tersebut dibuat menggunakan (engine) Unity, tuturnya, “dengan banyak orang yang bekerja untuk gim pertama mereka, itu bukanlah produk yang sempurna, meski telah melewati sejumlah ulasan hebat oleh Nintendo dan Sony.”

Ia turut menyebut bahwa tindakan mining cryptocurrency tidak mungkin dan tidak dapat dilakukan pada gim maupun konsol tersebut. “Aku meragukan siapapun di 1st Playable dapat membuat hal tersebut,” tutupnya.

Loading...