Quantcast

Beranda » Game dan Tekno » Batal Karena E3 2020, Square Enix Akan Umumkan Game Terbaru Segera

Batal Karena E3 2020, Square Enix Akan Umumkan Game Terbaru Segera

Sempat batal di gelaran E3 2020 yang dibatalkan, Square Enix bakal mengumumkan sejumlah gim terbaru mereka mulai bulan Juli hingga Agustus mendatang

Pengembang gim asal Jepang, Square Enix dalam sebuah meeting antara pemegang saham menyebut bahwa mereka akan segera mengumumkan judul game terbaru mereka setelah sempat batal di E3 2020.

Terungkap dalam RUPS Square Enix

Hal tersebut diungkapkan dalam No Investment, No Life melalui situs Livedoor, dimana pembahasan di Rapat Umum Pemegang Saham dipaparkan secara ringkas disitu.

Rapat tersebut diadakan di hotel Hyatt Regency Tokyo, yang berlokasi di Nishi-Shinjuku, Tokyo pada 24 Juni pukul 10.00 pagi waktu setempat. RUPS Square Enix sendiri dimulai dengan laporan audit dari perusahaan independen.

Bakal mulai pengumuman mulai bulan Juli hingga Agustus

Game Square Enix E3 2020
FOTO: SCMP

Indikasi dari Square Enix untuk mengumumkan sejumlah game yang sempat ditunda perilisannya akibat batalnya gelaran E3 202o lantaran pandemi COVID-19 muncul dalam sebuah sesi tanya jawab.

Pertanyaan tersebut mengarah pada kebiasan Square Enix, dimana mereka biasanya mengumumkan gim terbaru mereka pada gelaran tersebut, dan apa efeknya setelah pandemi COVID-19 terpaksa membuat sejumlah gelaran dibatalkan dan juga apa efeknya terhadap planning yang telah dibuat untuk tahun ini?

Pihak Square Enix sendiri menyebut bahwa mereka telah menyiapkan sejumlah konferensi pers sebagai acara pengganti E3 yang telah dibatalkan. Meskipun demikian, acara tersebut belum dapat digelar karena sejumlah aset yang belum selesai dikerjakan.

“Kami akan mengumumkan judul game terbaru secara individu apabila waktu memperbolehkan,” jawab pihak Square Enix, “beberapa akan diumumkan sekitar bulan Juli hingga Agustus.”

Bagaimana timeline pembatalan E3 2020 dilakukan?

Gelaran E3 pada tahun 2020, acara dimana Square Enix biasanya mengumumkan game terbaru mereka disana, sebelumnya telah diumumkan batal oleh pihak penyelenggara lantaran pandemi virus COVID-19 yang semakin merebak.

Melalui pernyataan resmi yang diunggah di situs resmi ESA dan berbagai platform media sosialnya, panitia E3 telah memutuskan untuk membatalkan secara keseluruhan pameran tersebut untuk tahun ini.

Keputusan ini menyusul merebaknya wabah virus corona di Amerika Serikat, terutama di negara bagian California, tempat acara itu akan digelar Juni ini.

Berikut rilisan pers yang ditulis dalam situs resmi ESA:

Setelah konsultasi mendalam dengan beberapa anggota dari berbagai perusahaan terkait kesehatan dan keamanan semua pihak di industri kami, dengan berat hati kami putuskan untuk membatalkan E3 2020 yang seharusnya digelar Juni 9-11 di Los Angeles, California.

Menyusul meningkatnya kewaspadaan akan virus corona, atau COVID-19 ini, Kami rasa perlu untuk mengambil langkah ini di kala situasi yang tidak diinginkan secara global. Kami sangat kecewa tidak dapat menggelar acara ini untuk para pendukung industri video game maupun penggemar kami. Namun, Kami pikir keputusan tersebut merupakan jalan terbaik yang tersedia bagi Kami.

Selanjutnya, para tim Kami akan mengabarkan langsung kepada para eksibitor dan pengunjung dengan informasi mengenai pengembalian pemesanan tiket secara penuh.

Kami juga sedang mencari cara dengan para anggota organisasi Kami untuk mengoordinasikan pameran video game secara digital, agar dapat menyampaikan pengumuman dan berita dari industri terkait pada bulan Juni ini.

Kami juga mengucapkan terima kasih atas opini masyarakat dalam merevisi E3 tahun ini. Kami berharap E3 2021 akan tampil lebih baik dengan event yang lebih berbeda dengan menggandeng para fans, media dan pelaku industri bersama-sama, dalam rangka merayakan kesuksesan industri video game di dunia.

Event E3 2020 ini adalah pembatalan pertama kali sejak acara ini berjalan selama 24 tahun sejak digelar perdana tahun 1995 di Amerika Serikat.

Sebelumnya, diberitakan dari berbagai sumber selain Square Enix bahwa ada desas-desus mengenai pembatalan acara E3 secara sepihak. Kabar ini didapat dari beberapa sumber berasal dari mitra ESA yang mayoritas pengembang dan distributor gim.

Sebelum pernyataan diumumkan kepada wartawan, pengembang game seperti Devolver Digital mencuitkan di Twitter sebuah pemberitahuan bahwa E3 tidak jadi digelar. Mereka mengimbau para fans dan koleganya untuk membatalkan pemesanan tiket pesawat maupun kamar hotel yang terlanjur dipesan.

Loading...