Beranda » Bakal Dirilis Akhir Tahun Ini, Berikut 5 Fakta Tentang PlayStation 5

Bakal Dirilis Akhir Tahun Ini, Berikut 5 Fakta Tentang PlayStation 5

Bakal dijual lebih mahal, memiliki desain kontroler yang baru serta fitur Backward Compatibility, inilah 5 fakta tentang Playstation 5

Sony memang gemar membuat para menggemarnya bertanya-tanya termasuk hadirnya konsol generasi terbaru yakni PlayStation 5. Biar tidak terlalu penasaran, yuk simak 5 fakta mengenai PlayStation 5 berikut ini!

Mendukung Harddisk USB

Ya, PS5 mendukung hard disk (HDD) berbasis USB seperti HDD eksternal yang biasa dijual di toko komputer. HDD USB ini dikhususkan untuk game PS4 saja.

Sementara PS5 sendiri akan menggunakan NVMe SSD yang akan meningkatkan kinerja PS5 sehingga pemerosesan antar aplikasi dan/atau game menjadi lebih cepat. Berikut spesifikasi lengkap PS5. Untuk kapasitas harddisk sendiri, PS5 dilaporkan akan memberikan kapasitas sebesar 825GB.

Punya Konsol Baru, DualSense!

Playstation Selalu terkenal dengan controller nya yang dinamai DualShock karena menonjolkan fitur rumble dimana controller akan bergetar sebagai respon apa yang kalian lakukan di game seperti ledakan atau karakter kalian sedang menembak.

Untuk PS5, Sony mengumumkan modifikasi rancangan dari DualShock yakni DualSense. Rancangan DualSense sendiri cukup futuristik dimana terdapat touchpad seperti DualShock 4, lalu warna hitam dan putih dengan lampu biru di kiri dan kanan touchpad, kemudian tombol L2 dan R2 yang sekarang diberi haptic feedback yang dapat beradaptasi.

Sony menjelaskan bahwa fitur tersebut penting agar pemain dapat merasakan ketegangan dari aksi mereka, seperti menarik panah untuk menembak. DualSense juga diberikan microphone di dalam controller sehingga pemain bisa berkomunikasi dengan pemain lain tanpa menggunakan headset.

Dirilis Pada Musim Liburan 2020

Walaupun belum ada tanggal pasti kapan PS5 akan rilis, namun Sony sudah mengumumkan bahwa PS5 akan rilis pada musim liburan 2020 di Amerika. Diperkirakan antara bulan Oktober dan Desember 2020. Untuk harga sendiri, belum ada info resmi dari Sony, namun menurut bocoran, diperkirakan PS5 akan dibandrol seharga USD 499 (sekitar IDR 7,304,000). Tentu saja ini masih rumor.

Bisa Backward Compatibility

Menurut Mark Cerny, salah satu staf Sony Interactive Entertainment, PS5 kabarkan akan mendukung backward compatibility dengan PS4 yang artinya kalian dapat memainkan game PS4 di PS5.

Ketika diluncurkan, PS5 akan mendukung 100 game PS4. Bagaimana dengan generasi pendahulunya? sayang sekali belum ada info lebih lanjut, namun alangkah bagusnya jika PS5 mendukung game PS1, PS2, dan PS3. Mungkin PSP dan PSVita juga? hanya waktu yang bisa menjawab.

Jadwal Rilis PS5 Tidak Terganggu dengan Pandemi

Wabah pandemi yang sekarang sedang terjadi sukses membuat banyak pihak menunda bahkan menghentikan entah itu acara atau jadwal rilis sebuah produk. Namun, Sony telah mengumumkan bahwa pandemi tidak akan mengganggu jadwal rilis PS5 dan dilaporkan masih sesuai jadwal yakni musim liburan 2020.


Demikianlah 5 fakta seputar PlayStation 5 versi kami. Jika kalian mempunyai info lebih, silakan tulis di kolom komentar ya!

Loading...