Broadcasted by Galau Jikan FM

Cegah Akun Kena Hack, Ini Cara Pasang 2FA di Google dan YouTube

Cegah channel YouTube dan akun Google kalian dari ancaman hack pemerintah, cryptobros nakal dan lainnya dengan mengaktifkan 2FA!

Naufal Alfarizy
Cara Mengaktifkan 2FA YouTube Google
Akun YouTube Muse Indonesia yang terdampak hack dan diubah menjadi akun Ethereum | FOTO: Twitter/@daem_MIA (kiri) & Pinterest (kanan)

Pengguna di Indonesia patut waspada! Setiap harinya, ancaman peretasan atau hack akun media sosial termasuk YouTube masih ada, apalagi jika NawaReaders tidak mengaktifkan 2FA.

Peretasan akun media sosial sudah rutin terjadi, terlebih pada akun dengan pengikut yang banyak dan terverifikasi, seperti akun Twitter Polresta Malang Kota hingga YouTube Muse Indonesia.

Akun yang telah diretas atau terkena hack tersebut umumnya digunakan ulang oleh para peretas untuk mengaku sebagai individu ataupun perusahaan tertentu.

Dalam insiden beberapa hari belakangan, para peretas mengaku sebagai individu bahkan mata uang kripto. Ini tentunya sangat meresahkan dan menyulitkan pengguna dan para followers.

Lantas bagaimana caranya mengamankan akun media sosial kita menggunakan sistem Two Factor Authentication tersebut? Seperti apa sistem pengamanan mutakhir tersebut? Simak artikel ini!

Apa Itu Two Factor Authentication?

Cara Mengaktifkan 2FA YouTube Google
Akun BNPB yang diretas kemudian diubah menjadi akun entitas kripto | FOTO: Sindonews

Two Factor Authentication atau 2FA sendiri merupakan sistem verifikasi dua langkah yang menggunakan kode untuk mengamankan akun yang hendak diamankan.

Sistem 2FA sendiri dapat dikatakan sebagai ‘password kedua’ yang berganti-ganti setiap satu menit dalam bentuk kode token, atau biometric factor lainnya.

Sistem ini menambah lapisan pengamanan tambahan dalam proses otentikasi akun, yang nantinya akan menyulitkan hacker untuk meretas akun kamu.

Terlebih password beserta kredensial kamu yang lain seperti e-mail dan yang lain bisa lebih mudah dibocorkan di deep web, penggunaan 2FA akan menyelamatkan akun kamu dari insiden peretasan yang terjadi belakangan ini.

Cara Mengaktifkan 2FA di YouTube dan Google

Cara Mengaktifkan 2FA YouTube Google
Tampilan Verifikasi 2 Langkah di Google Account | FOTO: Nawala Karsa

Fitur 2FA di akun Google beserta aplikasi milik perusahaan asal Silicon Valley ini, contohnya YouTube dan Google Play, sebenarnya sudah lama sejak lama.

Di tahun 2011, Google telah meluncurkan fitur Two Factor Authentication untuk pengguna publik. Fitur ini sendiri telah diujicoba sebelumnya pada pengguna Google Apps (kini GSuite).

Dan berikut adalah cara untuk mengaktifkan 2FA di akun Google, termasuk YouTube dan aplikasi Google lainnya:

  1. Klik tombol “Manage your Google Account” atau “Kelola akun Google Anda” setelah kamu menekan foto profil kamu di laman Google.
  2. Setelah diarahkan ke laman Google Account, klik tombol Security atau Keamanan yang berada di menu sisi kiri layar.
  3. Pada bagian Signing in to Google atau Masuk ke Google, pilih menu 2-Step Verification atau Verifikasi 2 Langkah.
  4. Masukkan password anda apabila Google memunculkan menu log-in. Kemudian klik Next atau Lanjutkan.
  5. Kemudian pilih salah satu dari sejumlah pilihan 2FA yang disediakan oleh Google.

Hingga artikel ini ditulis, terdapat 4 (empat) pilihan Two Factor Authentication yang bisa digunakan untuk mengamankan akun milikmu, yakni Prompt, Aplikasi 2FA, SMS, hingga kode cadangan.

Selain itu terdapat sistem 2FA berbentuk fisik bernama security key yang menggunakan USB untuk verifikasinya. Namun, sistem ini lebih mahal digunakan, terutama karena harga USB Security Key yang kurang terjangkau.

Di Indonesia sendiri, penggunaan SMS/Telepon untuk sistem 2FA sudah lumrah digunakan. Namun, dengan kondisi keamanan siber yang lemah, Nawala Karsa tidak merekomendasikan hal ini.

Memasang Aplikasi Otentikasi di Akun Google

Cara Mengaktifkan 2FA YouTube Google
Tampilan aplikasi otentikasi 2FA | FOTO: MashTips

NawaReaders bisa menggunakan aplikasi otentikasi seperti Authy, Google Authenticator dan sejenis untuk mengamankan akun kamu.

Untuk memasang aplikasi 2FA tersebut di akun Google termasuk YouTube, kamu bisa mengikuti tahapan berikut ini:

  1. Pada laman 2-Step Verification atau Verifikasi 2 Langkah, pilih Authenticator App dengan menekan Set Up.
  2. Saat kotak dialog muncul, pilih jenis ponsel yang kamu gunakan untuk otentikasi. Lalu pilih Next.
  3. Setelah itu, Google akan menampilkan kode QR atau Barcode yang perlu kamu scan pada aplikasi otentikasi 2FA pilihan kamu.
  4. Dalam aplikasi Authy, klik tombol Add Account pada bagian bawah layar, dan tekan tombol Scan QR Code.
  5. Pilih 6 Code pada pilihan jenis kode.
  6. Setelah QR Code dipindai/di-scan, tulis nama akun kamu agar tersimpan. Klik tombol Save untuk menyimpan 2FA.
  7. Setelah itu pada kotak dialog Google, klik Next. Google akan melakukan verifikasi dengan kode 6 digit yang telah nampak di aplikasi Authy, lalu klik Verify.
  8. Akun kamu telah terpasang 2FA.
  9. Pada suatu saat kamu login kembali ke akun Google tersebut, Google akan meminta kode 2FA kamu untuk verifikasi. Pastikan untuk memasukkan kode tersebut kedepannya.

Itulah tahapan singkat untuk mengaktifkan sistem 2FA di akun Google hingga YouTube kamu. Gimana, NawaReaders? Sudah siap pasang sistem ini di akun kamu? Kirim pendapat kalian di kolom komentar dibawah, ya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.