Broadcasted by Galau Jikan FM

Pengen Hadir Upacara 17 Agustus di Istana Negara Secara Daring? Simak Caranya!

Jelang upacara pada Rabu (17/8) nanti, kini tersedia opsi menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 secara virtual.

Seno Triadi
upacara 17 agustus virtual
Ilustrasi upacara bendera secara virtual melalui gawai. | EDIT: Seno Triadi

Sudah jadi budaya kita bahwa memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia setiap 17 Agustus pasti melalui upacara bendera.

Apalagi yang sangat spesial barangkali apabila menghadiri secara langsung upacara tersebut di Istana Negara, Jakarta.

Awal Agustus ini, Sekretariat Presiden telah membuat platform kepada masyarakat publik untuk menyaksikan prosesi upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun di tempat tersebut, yang akan diadakan pada Rabu (17/8) ini.

Pandang Istana, Platform Publik Menyambut HUT RI ke-77

pandang istana laman depan
Laman depan Pandang Istana. | FOTO: Sekretariat Presiden/Pandang Istana

Platform yang dinamakan Pandang Istana ini telah dibuka sejak saat itu bertepatan dengan HUT RI yang ke-77, mengambil semboyan, “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Saat artikel ini dibuat, kuota untuk pendaftaran hadir upacara secara langsung sudah terpenuhi sejak minggu kedua Agustus lalu.

Melansir Kompas.com, dipersiapkan kuota sebanyak 5.000 undangan yang telah mendaftar secara langsung di Istana Negara, masing-masing dibagi menjadi upacara Detik-detik Proklamasi pada pukul 07:30, dan upacara penurunan bendera pada 14:30.

Namun, kuota untuk hadir ke upacara secara daring masih dibuka hingga artikel ini diangkat. Batas pendaftaran upacara lewat video conference ini dibuka hingga besok Selasa (16/8).

Oleh karena itu penulis telah membuat sedikit panduan cara untuk hadiri Upacara 17 Agustus di Istana Negara secara virtual.

Persiapan Sebelum Pendaftaran Upacara Virtual

e-ktp
Ilustrasi e-KTP. | FOTO: Dirjen Dukcapil Kemendagri

Bagi NawaReaders yang ingin datang secara online, kamu perlu persiapkan sejumlah hal yang sangat penting sebelum mendaftarkan diri.

Seperti hal dalam mengisi borang resmi, NawaReaders perlu sediakan dua gambar berupa scan atau foto dari e-KTP secara penuh, serta selfie dari kamu dengan memegang e-KTP.

Hal ini dilakukan panitia sebagai bahan verifikasi agar mengikuti prosesi acaranya.

Dan tentu saja di luar persiapannya itu, NawaReaders juga perlu memastikan sinyal internet di tempatmu lancar tanpa kendala, dan sudah instal aplikasi Zoom di smartphone atau PC.

Keseluruhan proses registrasi ini dilakukan hanya di situs resmi Pandang Istana, yang bisa kamu akses lewat tautan ini.

Mengisi Form Registrasi Daring

form registrasi daftar
Halaman formulir registrasi secara daring. | FOTO: Sekretariat Presiden/Pandang Istana

Masuk ke dalam formulir daring pendaftaran, NawaReaders perlu mengisi data diri sesuai sosok kalian.

Pertama, seperti layaknya formulir pada umumnya, kamu memilih domisili NawaReaders sekarang ini.

Untuk domisili Indonesia, kamu harus mengisi provinsi dan Kabupaten/Kota tempatmu.

Apabila saat ini tinggal di luar Indonesia, kamu bisa memilih negara tempat kamu singgahi, nanti tak perlu mengisi provinsi dan kabupaten.

Kemudian, isi data diri NawaReaders seperti pada umumnya, yaitu nama lengkap, jenis kelamin, nomor ponsel yang dipakai untuk aplikasi WhatsApp, dan email.

Lalu, sesuaikan jenis profesi yang saat ini kamu geluti, mulai dari ASN hingga Lainnya.

Khusus profesi pilihan ASN, Wartawan dan Lainnya, perlu juga untuk mengisi keterangan di samping menunya sesuai pilihan profesi.

Langkah berikutnya adalah mengisi nomor KTP sesuai dengan e-KTP masing-masing pendaftar.

Di bagian inilah kamu bisa siapkan gambar foto KTP, bisa hasil scan maupun dari smartphone, serta selfie dengan e-KTP.

Kemudian, ada dua sesi yang NawaReaders perlu memilih tergantung dari jadwal kesediaanmu: sesi Peringatan Detik-detik Proklamasi pada pukul 08:00 WIB, dan sesi penurunan bendera pada 14:30 WIB.

Terakhir, kamu tinggal isi alasan untuk mengikuti upacara Rabu (17/8) tersebut secara virtual maksimal 250 karakter.

Setelah itu, kami tinggal centang persetujuan di bawah kolom alasan, kemudian klik “simpan”.

Tunggu E-mail Konfirmasi Resmi

buka email
Ilustrasi pengoperasian laptop MacBook. | FOTO: Pexels/Burst

Pasca pendaftaran selesai dan sudah mengikuti aturannya, kamu tinggal menunggu pesan konfirmasi dari Pandang Istana ke surelmu.

Akan ada instruksi yang perlu NawaReaders ikuti sebelum acaranya pada Rabu lusa (17/8), jadi harap diikuti dengan seksama, ya!

Jangan Lupa Datang Rabu Ini!

upacara bendera
Suasana upacara bendera pada HUT RI ke-70, di Istana Negara, Jakarta. | FOTO: Liputan 6/Faizal Fanani

Begitulah langkah-langkah rinciannya tentang bagaimana cara hadiri Upacara 17 Agustus di Istana Negara secara virtual, NawaReaders!

Dikarenakan besok pada Selasa (16/8) adalah hari terakhir, kamu perlu bergegas untuk mendaftar diri agar dapat merasakan suasana upacaranya.

Tentunya, wajib bagi NawaReaders untuk tetap menjaga diri selama upacara berlangsung meski hadir secara daring, namun boleh bawa makan minum selagi menonton acaranya!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.