Review Summertime Saga: Kisah Pemuda Mengungkap Kematian Ayahnya

Wahyu Nurramadan Widayanto
Review Summertime Saga
FOTO: IGN / Kompas Productions

REVIEW SUMMERTIME SAGA – Saat ini, pilihan game mobile semakin banyak dan beraneka ragam. Bahkan, pemain bisa memilih game yang ingin dia mainkan sesuai genre yang dia sukai.

Dari pelbagai macam pilihan game yang tersedia, penulis ingin membahas salah satu game yang cukup seru, mencenangakan, menarik, dan menumbuhkan rasa penasaran. Game ini berjudul Summertime Saga.

Salah satu alasan mengapa penulis memilih untuk membahas Summertime Saga adalah karena game ini bisa menjadi sebuah hiburan. Bukan kah kita bermain game untuk merefresh pikiran dan bersenang-senang?

Kira-kira seperti apa ya game ini? Seperti apa game playnya? Apakah ini game yang seru? Artikel ini akan membahas pelbagai hal mengenai Summertime Saga.

Sekilas Tentang Summertime Saga

Summertime Saga

Dari judulnya, mungkin NawaReaders berpikir bahwa Summertime Saga adalah sebuah game petualangan saat musim panas.

Entah itu petualangan untuk mengalahkan musuh atau apa pun itu. Ya, sebenarnya jika berpikir seperti itu tidak sepenuhnya salah, karena game ini memang menceritakan petualangan seorang pemuda.

Jadi, plot utama dari game ini menceritakan perjalanan seorang pemuda yang pindah ke tempat baru dan hidup bersama kakak dan ibu tirinya.

Sama seperti kisah pemuda biasa-biasa saja, dalam game ini, si tokoh utama menjalani kehidupan dengan normal. Bersekolah, belajar, berinteraksi dengan orang lain, serta menjalin hubungan dengan mereka.

Dalam perjalanannya, akan terungkap satu per satu hal mengenai kisah pemuda ini. Salah satunya adalah ayah dari tokoh utama sudah meninggal dan kita yang memerankan tokoh utama harus mengungkap misteri meninggalnya si ayah.

Termasuk juga keterlibatan sekelompok mafia dalam kematian sosok ayah. Tapi, tenang saja, meskipun kita perlu mengungkapnya, kita bukan berperan sebagai detektif dalam game ini.

Daya Tarik Summertime Saga

Tentunya akan membosankan jika kita memainkan game yang kita harus berperan untuk menjalani kehidupan sehari-hari yang biasa-biasa saja.

Kompas, sebagai developer game (bukan penerbit koran asal Indonesia) ini memberi sedikit bumbu untuk memberikan penyegaran dalam game ini. Salah satu bumbu utama yang membuat game ini semakin menarik adalah sisi seksualitas yang hadir.

Bahkan, bukan sekedar pemanis dalam game, sisi seksualitas ini cenderung menjadi daya tarik utama, sedangkan plot cerita hanyalah menjadi pelengkap saja. Mungkin bahkan beberapa orang yang memainkan game ini akan berpikir bahwa plot cerita muncul untuk menjadi alasan utama hadirnya sisi seksualitas dalam game ini.

Membahas mengenai sisi seksualitas, sebenarnya seperti apa sisi seksualitas yang muncul?

Seberapa Jelas Sisi Seksualitas yang Tampil?

Summertime Saga

Dalam Summertime Saga, sisi seksualitas yang muncul terlihat dengan sangat jelas, tanpa ada sedikit pun sensor. Bukan hanya itu, kita yang berperan sebagai tokoh utama, memiliki kontrol utama dalam sisi seksualitas ini.

Dalam hal ini, pemeran utama akan melakukan hubungan seksual dengan pelbagai tokoh dalam game ini. Bahkan, hingga saat ini setidaknya sudah ada 65 tokoh dalam game ini.

Bukan sekedar berhubungan seksual, bahkan game ini seakan memenuhi fetish yang dimiliki oleh pemainnya. Fetish tersebut sangat beragam hingga kami perlu menghapus daftarnya dari ulasan ini.

Dengan pelbagai macam pilihan fetish tersebut yang kami review ini, bisa dibayangkan bagaimana bahagianya orang-orang yang memiliki pelbagai macam fetish saat memainkan game Summertime Saga.

Namun, tentunya tidak mudah untuk bisa berhubungan seksual dalam game ini. Pemain harus mengikuti dan menyelesaikan cerita dari tiap tokoh, untuk bisa meng-unlock “kegiatan seru” tersebut dan memainkannya.

Dalam game ini, tidak jarang juga kisah dari satu tokoh dengan tokoh lain memiliki irisan pada satu sisi. Sehingga, terkadang jika kita stuck dalam satu bagian, akan mempengaruhi progres yang kita miliki pada bagian lain, sehingga kita tidak bisa melaju lebih jauh dalam game ini.

Bukan hanya itu, ada juga waktunya kita harus membuat keputusan dalam game ini. Memilih satu dari dua atau tiga pilihan, yang akan mempengaruhi permainan kita ke depannya. Bahkan, pilihan ini juga bisa mempengaruhi hubungan kita dengan beberapa tokoh lain.

Tidak Tersedia dalam PlayStore

Summertime Saga sudah hadir sejak tahun 2019 silam, dengan Kompas sebagai developer dari game ini. Hingga saat ini, game ini terus dikembangkan dan sudah mencapai versi v0.20.13 untuk update terbarunya.

Dalam update terbaru yang kami review ini, ada beberapa hal baru yang hadir di Summertime Saga, termasuk adegan-adegan baru yang bisa dimainkan oleh pemeran utama.

Jika NawaReaders tertarik dan merasa penasaran terhadap game ini, kalian bisa mengunduhnya, namun khusus untuk pengguna Windows, Mac, dan Android.

Selain itu, kalian tidak akan bisa menemukan game ini dalam playstore. Tentunya kalian sudah tahu, apa alasan game ini tidak muncul dalam playstore.

Meskipun demikian, kalian tetap bisa mengunduhnya melalui website resmi Kompas Summertime Saga. Perlu diingat, karena konten game ini mengandung unsur dewasa yang sangat kental, pastikan umur kalian sudah lebih dari 18 tahun sebelum memainkan game ini.