Maid Café ala Virtual? Kami Mencoba Spherical Café di Virtual J-Fest

Seno Triadi
spherical cafe header

Minggu (3/10) lalu, acara daring pertunjukan virtual YouTuber tanah air, Virtual J-Fest, terselenggarakan sangat meriah. Salah satu performer yang tampil, sebuah maid café virtual yang disebut Spherical Café, menampilkan tiga vtuber kesayangan, Mintchan, Nalla Aquiella dan Shiina Asherah.

Mungkin merupakan pertama kalinya maid café terbuka untuk para pengunjung event pop kultur secara virtual, tapi bagaimana keseruannya?

Sambut tiga dara Spherical Café!

Mintchan, Shiina Asherah dan Nalla Aquiella menyambut para pengunjung daring dalam live Virtual J-Fest! Mereka bertiga menyapa dengan outfit maid bermotif kucing untuk memanjakan para penggemarnya, layaknya maid café di Akihabara.

Spherical Café sendiri merupakan konsep maid café virtual yang mengangkat, tema kafe bernuansa moe maid secara virtual. Kafe daring ini terselenggarakan secara langsung dan real-time lewat perantara GoPlay.

Shiina dan tingkah malu-malunya

shiina omurice
Shiina Asherah dengan omelette rice. Gambar: [email protected] J-Fest

Suasana dari kafe virtual meskipun diadakan secara daring, tersimulasikan secara baik lewat para talentanya. Sebagai contoh, Shiina Asherah menyediakan beberapa set menu, termasuk omelette rice dengan tulisan nama Sasha. Bahkan, Shiina mengajak para penggemar untuk mencicipi omurice tersebut seperti layaknya maid asli menghiburi penggemarnya.

Belum selesai itu, Shiina juga menyanyikan lagu Mabataki, lagu unggulan dari band back number secara acapella, yang tentu saja reaksi wangy-wangy dari para penggemar berdatangan lewat kolom komentar. Ia juga sekaligus mempromosikan satu lagu lagi yang tersedia dalam kanal resmi YouTube-nya, Uchiage Hanabi.

Nalla Aquiella, galak tapi lucu….

nalla aquiella spherical
Nalla Aquiella dengan smoothie cokelat. Gambar: [email protected] J-Fest

Lepas Shiina, giliran Nalla melayani para penggemar dalam kafe virtual. Layaknya perangainya dalam livestreaming biasanya, Nalla Aquiella menunjukkan perangai tsundere-nya selagi menyediakan minum kepada si goshujin-sama.

Menariknya, Nalla beranikan diri untuk menyanyikan salah satu lagu dangdut pantura bernama Yamete Kudasi, salah satu lagu populer di TikTok. Meski acapella, Nalla membawakan lagunya dengan mantap dan setidaknya para penggemar malah sangat terhibur.

Berbeda dengan Shiina, Nalla tampil sebagai maid dalam bentuk dua dimensinya. Kendati demikian, hal tersebut tidak menghalanginya untuk memberikan yang terbaik bagi para pecinta kucing oren yang satu ini.

Mintchan, si maid senior paling kece

mintchan spherical
Millie Narry alias Mintchan. Gambar: [email protected] J-Fest

Mintchan dapatkan giliran terakhir melayani fansnya. Soal hidangan yang Mintchan siapkan, sebuah donat rasa mint dengan bonus dua batang Pocky cokelat, lengkap dengan doodle darinya sendiri.

Mintchan kemudian hiburkan penonton dengan lagu populer pop kultur dengan gitarnya berjudul Doutan Kyohi, dari HoneyWorks. Membawakan lagu tersebut secara akustikan selama semenit lebih, Mintchan membuktikan bahwa musik tidak terbatas virtual maupun dunia nyata.

Ia tak ingin kalah dengan dua teman sekafenya, yaitu memamerkan kemampuan tarik suaranya dengan lagu cover terbaru, S’il vous President, lagu original dari produser Vocaloid, Pmaru-sama. Performanya terekam dalam music video produksinya, yang akan terunggah ke dalam kanal YouTube Mintchan nanti.

“Makasih udah datang ke kafe kita, goshujin-sama!”

spherical vtubers
“Makasih, ya Goshujin-sama, udah dateng!” Gambar: [email protected] J-Fest

Tentunya, sesi maid café virtual berselang selama 40 menit ini mungkin merupakan pengalaman pertama bagi Mintchan, Nalla dan Shiina.

Sesi terakhir ini lebih kepada menghibur para hadirin maid café dengan menanggapi komentar dan gift yang lagi masuk. Interaksi penonton-VTuber pun terbilang langsung dan fleksibel, terlebih ketika personil Spherical Café tersebut menanggapi berbagai gift virtual dan meme wangy-wangy dari penggemarnya.

“Sampai Nalla bilang GWS udah parah, nih…”, tanggap Mintchan.

Komentar-komentar nyeleneh pun makin berdatangan saking kagum dengan penampilan serta mendengarkan suara para talentanya. Contohnya, salah satu penonton melemparkan opini bahwa kalau bisa pilih tiga, kenapa pilih satu.

Ada lagi bahwa salah satu fans ingin sekali untuk diinjak sama salah satu talentanya, ataupun menyukai tingkah ngambek-nya Nalla.

Lepas event tersebut, sebuah siniar after party juga dapat Kalian tonton di YouTube-nya Mintchan, yang bisa Kamu akses lewat pranala ini!

Kesan dan pesan kepada Spherical Café

Bagi penulis yang mengetahui tradisi maid café sebagai pop kultur yang sangat tidak ingin lewatkan, ide dari kafe virtual tersebut terbilang sangat menarik. Meskipun, beberapa interaksi langsung dari maid kepada para pengunjungnya hanya bisa dinikmati secara virtual.

Mintchan, Nalla dan Shiina berjanji akan mengadakan virtual maid café selanjutnya apabila para penggemar sangat ingin sekali berjumpa dengan mereka. Kita tunggu saja sesi dari maid café daring selanjutnya, ya!