Broadcasted by Galau Jikan FM

Nonton Hathaway? Simak Ikhtisar Serial Mobile Suit Gundam Ini!

Adi Styadi
Mobile Suit Gundam Hathaway's Flash

Mobile Suit Gundam. Serial mecha yang dimulai sejak tahun 80-an ini sudah menjadi fenomena kultural, baik bagi negeri Jepang, maupun dunia pop-kultur.

Tomino Yoshiyuki, mampu mendobrak tren power-fantasy dalam genre mecha zaman tersebut menjadi cerita peperangan yang realistik. Kesuksesannya kemudian menginspirasi seri-seri mecha lain yang berfokus pada militer dan peperangan, seperti Armored Trooper Votoms, dan Super Dimension Fortress Macross.

Seri Mobile Suit Gundam sendiri dimulai dari linimasa Universal Century. Sebuah latar di mana manusia sudah terbiasa dengan perjalanan luar angkasa, dan membentuk koloni sekitar Bumi.

Akan tetapi, ketika masyarakat koloni menuntut kemerdekaan dari pemerintahan Federasi Bumi, api peperangan tidak bisa dibendung. Koloni yang membentuk pemberontakan tersebut kemudian berhimpun dalam nama faksi Zeon.

Kisah dalam linimasa Universal Century tersebut telah menghasilkan belasan anime, baik movie, OVA, serta serial TV.

Baru-baru ini di platform Netflix, berbagai judul Mobile Suit Gundam UC ditayangkan secara berurutan dengan film terbaru Hathaway’s Flash yang premiere pada satu Juli nanti.

Dengan tema cerita yang berat, Mobile Suit Gundam mungkin terasa mengintimidasi bagi pemula. Tapi lewat ringkasan seri Mobile Suit Gundam berikut, kamu dapat menangkap konsepsi dari film Hathaway’s Flash mulai dari alur cerita hingga setting dalam film nantinya.

Trilogi Film Mobile Suit Gundam, Seperti Apa Kisahnya?

Mobile Suit Gundam Trilogy

Awal pertemuan Amuro Ray dengan Char Aznable, dimulai dari serangan Zeon untuk mencuri Gundam, sebuah prototip mobile suit terbaru milik Federasi Bumi.

Amuro yang tidak sengaja menemukan mobile suit tersebut ternyata mampu memilotinya, dan melawan balik para penyusup dari Zeon. Ia kemudian direkrut secara sementara sebagai bagian dari tentara Federasi Bumi.

Koloni tempat Amuro tinggal luluh lantak karena serangan tersebut. Maka ia bersama beberapa temannya, menaiki kapal perang Federasi Bumi bernama White Base, dengan tujuan kembali ke markas militer di Bumi.

Berbagai gempuran Zeon, kematian, serta pertemuan dengan musuh-musuh kuat semakin membuka mata Amuro pada kenyataan yang harus ia hadapi dalam medan perang sesungguhnya.

Dalam film kedua, konsep Newtype mulai digunakan untuk mendeskripsikan Amuro dan Char. Newtype sendiri merupakan konsep tahap evolusi manusia yang memiliki peningkatan mental setelah lama hidup di luar angkasa.

Newtype memiliki pemahaman yang lebih mendalam pada materi, bahkan psikologis individu, memberi mereka insting pertarungan yang tajam, serta kemampuan untuk merasakan hati orang lain.

Perang penentuan terjadi ketika konflik internal dalam Zeon memberi kesempatan bagi Federasi Bumi untuk menggempur benteng pertahanan terbesar Zeon.

Perselisihan antara Amuro dan Char, juga semakin personal setelah mereka berdua jatuh cinta dengan sosok perempuan yang sama. Pertarungan mereka berdua akan menentukan siapa yang dapat mencapai potensi seorang Newtype secara utuh.

Mobile Suit Gundam Yukinobu Hoshino
Art by: Yukinobu Hoshino

Mobile Suit Gundam: Char’s Counterattack

14 tahun setelah pertempuran terakhir Amuro dengan Char, Berbagai peristiwa telah terjadi dalam upaya penuntasan sisa-sisa faksi Zeon.

Tidak semua orang memandang Federasi Bumi sebagai pihak yang baik karena sejumlah korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Char kembali menyulut api perang melalui armada Neo Zeon serta rencana besar untuk menjatuhkan asteroid ke Bumi, dan memicu peradaban es kedua, memaksa seluruh penduduknya untuk menjadi penghuni luar angkasa (spacenoids).

Amuro, kapten Bright Noa, dan armada Londo Bell dari Federasi Bumi bertarung untuk menghentikan rencana tersebut.

Di sinilah kita dikenalkan pada Hathaway Noa, anak dari Bright Noa, dan protagonis dalam seri film Hathaway’s Flash nantinya.

Walau keseluruhan film tetap berfokus pada perselisihan antara Amuro dan Char, kisah ini akan menjadi pertama kalinya Hathaway bertarung dengan mobile suit dan membunuh seseorang.

Hathaway Kembali Pada 1 Juli 2021 di Netflix

 

Film Mobile Suit Gundam Hathaway’s Flash akhirnya tayang setelah sebelumnya ditunda berkali-kali akibat pandemi COVID-19.

Setelah akhirnya tayang pada awal Juni di Bioskop Jepang, diumumkan bahwa Hathaway’s Flash akan tayang di Netflix secara global pada 1 Juli 2021.

Menceritakan 12 tahun setelah kejadian Char’s Counterattack, dimana Hathaway memimpin organisasi pemberontak melawan ketidakadilan Federasi Bumi.

Itulah ringkasan serial film anime Mobile Suit Gundam yang telah penulis rangkum. Bagaimana? Semakin tertarik untuk nonton seri Hathaway’s Flash terbaru?


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.