Review Film Inside Out 2, Ketika Emosi Kembali Tak Seimbang

Film Inside Out 2 telah tayang di seluruh bioskop tanah air, kini banyak emosi baru yang hadir dan petualangan yang menyenangkan.

Review Film Inside Out 2, Ketika Emosi Kembali Tak Seimbang

Bicara emosi dan emosi manusia, tentunya tak lengkap jika tidak membahas Inside Out 2. Sebuah sekuel yang melanjutkan cerita pertamanya.

Disutradarai oleh Kesley Mann, film tersebut memiliki durasi 1 jam 36 menit. Selain itu, film Inside Out 2 diproduksi oleh Disney dan Pixar.

Masih berkutat pada emosi Riley yang mana terdapat lima jenis emosi di antaranya Joy, Anger, Disgust, Fear, dan Sadness.

Film tersebut mengambil latar setahun setelah film pertamanya yang mana Riley sudah berumur 13 tahun.

Namun, di usia tersebut dalam Riley muncul emosi baru seperti Anxiety, Embrassment, Envy, dan Ennui.

Kehadiran emosi baru tersebut sempat membuat Joy dan teman-temannya terkejut. Apakah emosi baru dan lama seperti Joy dan teman-temannya bisa beradaptasi?

Dari ringkasan singkatan tersebut dapat dikatakan cerita Inside Out 2 memiliki format yang mirip dengan film pertamanya, tetapi lebih baik.

Tentunya dengan banyak pembaruan seperti kehadiran emosi baru itulah yang membuat film tersebut menarik.

Seperti apa film tersebut, yuk kita simak review Inside Out 2!

(SPOILER ALERT!)

Riley Berada di Fase Menuju Dewasa

Review Film Inside Out 2, Ketika Emosi Kembali Tak Seimbang
Ketika alarm pubertas berbunyi pertanda Riley sudah masuk fase remaja | FOTO: X (@IamMichaelJLee)/Disney & Pixar

Seperti yang ada pada ringkasan di atas, Inside Out 2 akan bercerita tentang Riley yang berusia 13 tahun.

Tentunya pada masa-masa tersebut sering kali emosi dari remaja kurang stabil. Apa yang digambarkan oleh film tersebut mengangkat emosi di masa remaja.

Seperti Anxiety yang sering kali melanda remaja. Apa lagi dalam cerita, emosi dari tokoh Anxiety digambarkan memiliki kecemasan yang sangat tinggi terhadap Riley.

Oleh karena itu, ia sering kali memberikan berbagai pertimbangan agar Riley tak menyesal. Namun, tindakan dari Anxiety sendiri justru membuat kondisi semakin cemas.

Hal tersebut, relate dengan kehidupan remaja di usia 13 tahun. Semakin mereka cemas, maka kecemasan itu malah membuat keadaan semakin buruk.

Kecemasan Berlebih Berujung Kekacauan Emosi

Review Film Inside Out 2, Ketika Emosi Kembali Tak Seimbang
Karena Anxiety terlalu menguasai mesin pengendali emosi, membuat Riley cemas | FOTO: Disney & Pixar

Salah satu hal menarik dalam Inside Out 2 adalah para emosi khawatir Riley tidak bahagia. Secara tidak langsung, lima emosi utama yakni Joy, Sadness, Disgust, Fear, dan Anger berusaha untuk membuat Riley bahagia dengan cara mereka.

Namun, kehadiran empat emosi baru yakni Anxiety, Ennui, Envy, dan Embrassment memberikan warna tersendiri bagi kepribadian Riley.

Kehadiran empat emosi tersebut memiliki tujuan utama dengan lima emosi dasar. Hal tersebut terungkap pada klimaks yang mana Joy, Anger, Digust, dan Fear baru saja tiba di menara.

Kecemasan Anxiety sebenarnya bertujuan baik yakni mecegah sesuatu yang buruk. Akan tetapi, karena ia terlalu menguasai mesin yang dapat mengendalikan emosi Riley, justru malah membuat Riley sendiri khawatir parah.

Namun, kekhawatiran para emosi tersebut terungkap menjelang akhir film. Bukan hanya Anxiety saja yang khawatir, tetapi semua emosi khawatir termasuk Joy yang mewakili kebahagiaan.

Joy juga ingin Riley bahagia dengan menikmati masa-masa remaja. Akan tetapi, ia melakukannya dengan membuang berbagai memory orbs yang dirasa negatif.

Tentunya apa yang dilakukan Joy dan keempat emosi dasar sama dengan apa yang dilakukan oleh Anxiety, berusaha menentukan kebahagiaan Riley.

Pada akhirnya berbagai memory orbs yang dibuang sebelumnya kini berada di aliran sungai di bawah alam sadar yang mana memory orbs tersebut membentuk kepribadian baru Riley.

Para emosi pun menyadari bawah seluruh kehidupan Riley tak ditentukan oleh mereka, melainkan Riley itu sendiri.

Petualangan Inside Out 2 Terasa Lebih Ramai

Review Film Inside Out 2, Ketika Emosi Kembali Tak Seimbang
Lima emosi dasar dan empat emosi baru | FOTO: X (@mydisneylatino)

Berbeda dengan film pertama, Inside Out 2 menghadirkan petualangan di luar menara utama yang jauh lebih ramai.

Hal tersebut menjadikan film Inside Out 2 semakin asyik untuk ditonton, bahkan wilayah ingatan jangka panjang berkembang pesat.

Banyak tempat-tempat baru seperti pengadilan yang menggambarkan lokasi di mana tempat tersebut merupakan tempat ingatan yang tidak dibutuhkan.

Tak hanya itu saja, petualangan Joy kali ini ditemani oleh Sadness, Anger, Disgust, dan Fear, meski Sadness nantinya akan dikirim kembali ke menara kendali.

Petualangan yang dibawakan begitu seru, bahkan perdebatan antara Joy dengan emosi lainnya jadi lebih berwarna.

Dinamika naik turun, bahkan tak sedikit pula sering berdebat. Hal tersebut yang menjadi keunggulan Inside Out 2.

Jauh Lebih Kompleks untuk Anak-Anak

Wilayah baru yang berada di bawah alam sadar Riley | FOTO: Disney & Pixar

Menurut penulis, film Inside Out 2 memiliki cerita yang kompleks terutama dinamika penokohan yang terletak pada emosi bagi anak-anak.

Meski film tersebut tergolong untuk semua umur, ternyata untuk cerita sendiri hanya dapat dipahami oleh mereka yang pernah mengalami.

Beda halnya dengan film pertama yang menghadirkan dinamika lima tokoh emosi dasar yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Akan tetapi, film tersebut tetap memberikan pelajaran yang berharga dengan kejadian-kejadian yang menimpa setiap tokohnya.

Tak hanya itu, Inside Out 2 tetap memberikan petualangan yang menyenangkan bagi anak-anak.

Kesimpulan Review Inside Out 2

Karakter Disgust dan Envy | FOTO: X (@MamasGeeky)/Disney & Pixar

Lewat review ini, kesimpulan penulis dari Inside Out 2 adalah film tersebut tetap layak untuk ditonton oleh semua kalangan.

Cerita yang dibawakan memang sedikit kompleks bagi anak-anak, tetapi bukan berarti anak-anak tidak dapat menikmatinya.

Mereka tetap bisa menikmatinya karena petualang yang dibawakan begitu seru dan komedi yang rata-rata masuk untuk semua kalangan.

Tak lupa bahwa film satu ini, kaya akan pesan moral yang berpusat pada kecemasan. Boleh saja kita cemas, tetapi tak boleh berlebihan.

Film tersebut cocok untuk kalian nikmati bersama keluarga, pacar, dan teman di akhir pekan. Kini Inside Out 2 tengah tayang di bioskop tanah air.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.