Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Review Film AWAKE: Kompetisi Shogi, Egoisme, dan AI

AWAKE
Gambar: ©2019 "AWAKE" Film Partners

REVIEW FILM AWAKE — Apakah kalian akan menyerah dalam sesuatu yang kalian suka apabila menerima kegagalan? Apakah kalian akan berjuang sekuat hati demi mempertahankan gelar dan warisan budaya?

Merupakan pertanyaan-pertanyaan yang ingin dijawab di film AWAKE. Berikut adalah ulasan kami mengenai film tersebut.

Perlu juga kami himbau bahwa terdapat beberapa SPOILER! maka harap melanjutkan dengan penuh kewaspadaan.

Jatuh Cinta Dengan Shogi

AWAKE
Gambar: ©2019 “AWAKE” Film Partners

Film ini berfokus kepada cerita dari dua anak kecil yang sangat menyukai Shogi, yaitu Eiichi Kiyota dan Riku Asakawa. Mimpi mereka adalah untuk menjadi pemain pro Shogi yang bisa sampai ke turnamen tingkat tinggi.

Keduanya merupakan pemain yang sangat handal dalam bermain, namun Riku adalah pemain yang lebih baik. Di mana dia bisa mengalahkan Eiichi beberapa kali.

Karena melihat kesempatannya untuk menjadi seorang juara kecil apabila harus melawan Riku, maka suatu hari Eiichi memutuskan untuk keluar dan tidak melanjutkan untuk bermain Shogi.

Maka dengan itu Riku dan Eiichi pun berpisah. Namun nampaknya takdir berkata lain, karena mereka akan bertemu lagi di masa depan karena Shogi.

Kembali dengan Cara Lain

Gambar: ©2019 “AWAKE” Film Partners

Beberapa tahun berlalu, Eiichi merupakan seorang mahasiswa yang pendiam. Keputusannya untuk meninggalkan Shogi membuatnya seperti tidak memiliki motivasi dalam hidup.

Tetapi suatu hari, dia melihat ayahnya membuka sebuah aplikasi Shogi digital di laptopnya, di mana pemain bisa bermain dengan sebuah AI.

Hal inipun akhirnya membuat Eiichi kembali memiliki passion di Shogi, di mana dia berkeinginan untuk membuat sebuah AI yang dapat mengalahkan siapapun.

Keberhasilannya dalam membuat AI Shogi yang ia beri nama AWAKE, mengantarkannya untuk bertemu kembali dengan Riku yang merupakan seorang pemain ahli.

Maka pertandingan antara manusia yang diwakili oleh Riku dengan AI AWAKE akan menentukan masa depan dari Shogi.

Bagian ini benar-benar menjadi fokus utama dari film, karena kita pun juga melihat kasus aslinya dalam dunia nyata di mana sebuah AI mampu mengalahkan manusia dalam sebuah pertandingan papan strategi.

Salah satunya seperti pertandingan catur antara Garry Kasparov dan sebuah AI bernama Deep Blue. Di mana Deep Blue berhasil mengalahkan Garry pada pertandingan kedua mereka.

Penilaian Akhir Untuk AWAKE

AWAKE
Gambar: ©2019 “AWAKE” Film Partners

Pada akhirnya dalam review ini, AWAKE merupakan film yang seru yang mengangkat mengenai dua topik yang menarik.

Yaitu mengenai passion seseorang akan sesuatu yang tidak akan pernah berhenti dan kemampuan robot yang terus berkembang di mana kedepannya mereka bisa mengalahkan dan menggantikan manusia.

Kami memberikan nilai 8/10 dan merekomendasikan NawaReaders untuk segera menontonnya. Kamu dapat menyaksikannya melalui pranala berikut.

Kamu juga bisa membaca ulasan JFF Online 2022 lainnya dari Nawala Karsa seperti Patema Inverted, OZ LANDdan lainnya!